Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Alexander

Cari Tahu Bagaimana Cara Menghitung Omzet dengan Mudah

Eduaksi | Monday, 09 May 2022, 08:02 WIB

Omzet artinya laba kotor yang bukan satuan pasti dari keuntungan yang diperoleh.

Seperti yang tertulis di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) omzet (Kata baku) atau omset (Kata tidak baku) dapat dideskripsikan sebagai jumlah uang hasil penjualan barang atau barang dagangan tertentu selama berjualan.

Omzet biasanya digunakan untuk menilai suatu usaha dikelompokkan sebagai skala kecil, menengah, atau besar.

Proses dalam menghitung omzet berdasarkan pada harga dan kuantitas produk yang berhasil terjual.

Baca juga Usaha Kerajinan Tangan yang Mudah dan Menguntungkan

Omzet ini sendiri belum mencerminkan keuntungan bersih yang didapat oleh pelaku usaha karena masih dihitung beban-beban yang dikeluarkan pemilik usaha saat menjalankan bisnisnya.

Rumus menghitungnya adalah omzet = jumlah produk x harga jual

Sebagai contoh misalnya ada sebuah usaha kerajinan tangan yang dalam 1 bulan menjual produknya yaitu kipas 600 pcs (Rp6.500/pcs), dompet 400 pcs (Rp5000/pcs), tempat tisu 550 pcs (Rp7.500/pcs), dan gelas 750 pcs (Rp6000/pcs).

Baca selengapnya

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image