Mahasiswa/i FEB UHAMKA Memiliki Tekad Kuat untuk Berbagi di Masa Pandemi

Image
Salsabila Azzahra
Eduaksi | Sunday, 15 Aug 2021, 17:29 WIB

Tingkat pasien positif virus Covid-19 yang terus meningkat membuat masyarakat Indonesia semakin sedih dan kesulitan terutama masalah ekonomi. Sebagai sesama masyarakat Indonesia yang merasakan pahitnya keadaan saat ini pun kami tidak menyurutkan semangat dan kepedulian untuk membantu saudara-saudara yang sangat membutuhkan. Melalui program atau mata kuliah yang rutin dilakukan oleh Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) itu adalah perantara kami sebagai mahasiswa/i FEB UHAMKA untuk menyalurkan rasa kepedulian kami ini. Kegiatan PKM ini biasanya dilakukan secara offline dari dalam sampai ke luar kota, mengunjungi tempat-tempat atau masyarakat yang sekiranya memerlukan bantuan. Tetapi dengan adanya Pandemi Covid-19 yang selama 1 tahun lebih ada di Indonesia membuat kampus kami membuat kebijakan baru, yaitu mencari target hanya untuk di sekitaran Jakarta saja. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) tahun 2021 ini dilaksanakan di Panti Asuhan. Tujuan dari kegiatan PKM ini yaitu untuk meningkatkan kepedulian kepada sesama, menumbuhkan jiwa social bagi para mahasiswa dan juga mempererat tali persaudaraan.

Sebelum kegiatan PKM ini dimulai, para Tim Pimpinan Universitas menggelar acara pembekalan untuk mahasiswa melalui pertemuan online zoom meeting yaitu mengenai bagaimana kegiatan ini seharusnya dilaksanakan, memaparkan visi, misi dan tujuan, pembuatan program kerja, melakukan observasi/survey lapangan dan terakhir melakukan fundraising (penggalangan dana) yang pastinya semua kegiatan itu dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Kegiatan PKM FEB UHAMKA ini dibagi menjadi beberapa kelompok. Dan kelompok kami adalah Kelompok 44 yang beranggotakan 10 orang mahasiswa yaitu Nazyah Ervinalita, Dinda Lutfiyani, Ananda Putra Apriandi, Muhammad Kesha Aulia, Muhammad Hasan Supriadi, Firda Ramanda Pratami, Ahmad Riswanto, Resta Afisena, Salsabila Azzahra, dan Cindy Lutfhi Septiani. Dengan dosen pembimbing kami yaitu Bapak Faizal Ridwan Zamzany, SE., MM.

Panti Asuhan yang kami kunjungi yaitu Panti Asuhan An-Nur, yang beralamat di Jl. Bumi Pancoran Mas, No. 27, RT. 03/RW.12, Mampang. Kec. Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat 16433. Panti ini berdiri pada tahun 1981. Sebelum adanya gedung atau rumah panti orang-orang yang tinggal di panti An-Nur ini tinggal dirumah Ibu Nurbilah selaku pendiri dan pembina yayasan amal wanita depok, di daerah Depok Lama. Gedung atau rumah panti An-Nur didirikan dari tahun 1991 yang ditempati sampai saat ini. Di panti An-Nur ini terdiri dari 18 orang anak yang sudah kehilangan ayah atau ibu dan bahkan sudah kehilangan keduanya. Dari 18 orang anak panti terdiri dari 11 perempuan dan 7 laki-laki. Di panti An-Nur ini hanya ada anak-anak SMP dan SMK saja yang tinggal di panti tersebut. Panti asuhan An-Nur juga memberikan santunan kepada 17 orang anak diluar panti yang masih mempunyai orang tua tetapi tidak menyanggupi kebutuhan anaknya. Santunan diberikan ketika ada yang berdonasi atau ada orang dari luar yang memberikan santunan. Anak-anak yang tinggal di panti An-Nur ini bersekolah di luar panti, ada 4 sekolah swasta yang sudah bekerjasama dengan panti An-Nur. Walaupun sekolahnya di luar panti, tetapi biaya transportasi, spp, dan bahkan kuota pun selama sekolah online ini ditanggung semua biayanya oleh panti asuhan An-Nur. Kendala lain dari Panti Asuhan An-Nur ini yaitu masalah biaya, dimana Panti Asuhan An-Nur tidak memiliki donatur tetap, tetapi ada kalanya para alumni Panti Asuhan An-Nur suka memberi santunan walaupun tidak setiap bulan.

Kegiatan pertama yang kami lakukan adalah melakukan survey lapangan pada 16 Juni 2021.

Setelah melakukan survey lapangan, kami melakukan fundraising untuk mengumpulkan donasi melalui social media dengan membuat pamflet/poster dari tanggal 17 Juni 2021 sampai 1 Agustus 2021. Setelah donasi terkumpul, kami langsung membelanjakan dana itu untuk membeli sembako. Selanjutnya, pada hari Kamis, 5 Agustus 2021 kami menyerahkan sembako itu. Karena masih adanya PPKM, kami hanya mengirim 3 orang perwakilan dari anggota kelompok.

Kami juga melakukan acara ceremony penyerahan donasi di zoom meeting online bersama dengan para pengurus panti asuhan juga adik-adik disana. Acara ini dimulai dengan Pembukaan, Pembacaan Saritilawah, Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars Muhammadiyah, Sambutan-sambutan, Acara inti dengan penyerahan sembako kepada pihak panti asuhan, Kegiatan yang diikuti adik-adik panti, Penutup dan Sesi foto bersama. Adik-adik panti yang mengikuti acara ini mengaku senang dan terhibur.

Semoga sedikit bantuan yang kami berikan ini dapat bermanfaat dan membantu pihak-pihak dari Panti Asuhan An-Nur Depok dan dapat memberikan contoh baik yang dapat kita tiru untuk saling peduli dan berbagi pada satu sama lain .

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Viral Video Kuburan Upin Ipin, Ini Klarifikasi Tim Produksi

Image

Pada Suatu Paragraf

Image

Sebagian Manusia adalah Cobaan Bagi Lainnya

Image

Prediksi Lineup Bhayangkara FC vs Persebaya Liga 1 18 Januari 2021

Image

Viral Video Gus Arya Tantang Allah di Mana? Netizen Geram

Image

Profil Haruna Soemitro : Anggota Exco PSSI yang Kontroversial

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image