Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Putri Mahesa

Cara Mengatur Margin di Microsoft Word

Teknologi | Sunday, 15 Aug 2021, 12:23 WIB

Cara mengatur margin di Word - Setiap orang pasti belajar untuk menulis Microsoft Word ketika duduk di sekolah, salah satunya mengkonfigurasi margin. Cara mengatur margin di kata ini Microsoft terlihat sederhana, tetapi sangat penting untuk memahami seorang penulis.

Penampilan penulisan atau karya sastra yang menarik tentu tidak jauh dari konfigurasi margin yang sesuai dan tepat. Oleh karena itu, penulis harus belajar cara setting margin di Word milik dari pada brand Microsoft.

Sebab, ada banyak cara mengatur margin yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhannya serta pemulihan jenis kertasnya. Jangan sampai pengaturan margin yang Anda pilih tidak sesuai dengan kepentingan dan ukuran kertas yang nantinya Anda gunakan saat proses pencetakan.

Pengertian Margin

Margin adalah garis yang berada di antara tepi kerta dengan dokumen. Dalam arti kata lain, margin adalah sebuah tempat kosong yang terletak di antara kerta dengan dokumen dari berbagai air, yakni atas, bawah, kiri dan kanan.

Margin sebagai fitur sub menu pada program Microsoft Word ini terletak di bagian menu “Page Layout”, yang bisa digunakan ketika Anda ingin membuat dokumen baru atau membuka dokumen.

Fitur ini berfungsi mengatur margin atau jarak batas tepi teks dari masing-masing kertas yang dipilih pengguna. Luas margin ini tergantung halaman kertas yang dipilih atau Anda bisa mengaturnya sendiri sesuai keinginan.

Umumnya, masing-masing dokumen memiliki margin yang berbeda-beda. Misalnya, dokumen skripsi biasanya memiliki margin bagian atas 4 cm, bawah 3 cm, kanan 3 cm dan kiri 4 cm.

Fungsi Margin

Anda sebagai penulis harus memahami cara mengatur margin sebelum membuat dokumen atau karya tulis. Pengaturan margin ini tidak hanya akan memudahkan Anda menulis maupun merapikan tulisan, tapi juga membuat karya tulis Anda akan lebih menarik dan memudahkan pembaca. Berikut ini, beberapa fungsi mengatur margin dalam Microsoft Word.

Cara Mengatur Margin di Word

Margin adalah jarak tepi dalam sebuah halaman Microsoft Word, yang biasanya digunakan untuk keperluan membuat dokumen akademik atau karya tulis.

Cara mengatur margin di Microsoft Word pun sangat mudah. Misalnya, cara mengatur margin untuk keperluan dokumen akademik yang biasanya memiliki aturan margin 4433. Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan:

1. Pilih menu “Page Layout” atau “Layout” pada bagian atas menu Microsoft Word Anda.

2. Carilah sub menu “Margin” pada menu “Page Layout” tersebut.

3. Kemudian muncul “Page Setup” dan Anda bisa mengubah angka pada kolom “Top” menjadi 4 cm, “Left” menjadi 4 cm, “Bottom” menjadi 3 cm dan “Right” menjadi 3 cm.

Angka yang Anda masukkan dalam kolom inilah yang akan menentukan batas tepi atas, bawah, kiri dan kanan dokumen Anda. Anda bisa mengatur margin sesuai dengan yang diinginkan atau custom margin dengan mengikuti langkah di atas.

Namun, jendela “Page Setup” ini juga memiliki ukuran margin yang sudah ditetapkan sesuai dengan ukuran kertas yang akan dipakai, seperti kertas ukuran A4, A5 dan sebagainya.

Cara mengatur margin sesuai dengan ukuran atau jenis kertas yang dipilih ini cukup dengan memiliki menu “Paper” dalam jendela “Page Setup” yang akan memunculkan opsi berbeda. Lalu, pilih ukuran kerta yang akan Anda gunakan pada menu “Paper Size“.

Misalnya, Anda akan menggunakan kertas A4 maka pilihlah paper size A4. Sehingga margin halaman dokumen Anda akan langsung menyesuaikan dengan ukuran kertas yang digunakan.

Langkah di atas memang termasuk cara mengatur margin yang paling umum. Sedangkan, cara mengatur margin untuk dokumen yang akan dijilid atau dicetak dalam bentuk buku akan berbeda.

Sumber: MyBlueMix

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image