Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Slamet Samsoerizal

Microsoft Izinkan Pengguna Copot Edge, Bing dan Nonaktifkan Iklan di Windows 11, Ini Alasannya

Teknologi | Friday, 17 Nov 2023, 14:54 WIB
Edge (TR/SSDarindo)

Microsoft mengunggah di blog baru yang merinci bagaimana Windows 11 akan dibuat sesuai dengan Digital Markets Act (DMA) di Wilayah Ekonomi Eropa (EEA). Microsoft pun membuat beberapa perubahan pada OS, yang sekarang memungkinkan pengguna untuk memilih di antara penyedia dan menghapus sebagian besar aplikasi dalam kotak.

Perubahan terbesar datang dalam bentuk kemampuan untuk menghapus peramban web Microsoft Edge, serta menghapus Bing Search dari panel Pencarian Windows. Ini bergabung dengan daftar aplikasi dalam kotak yang sudah berkembang yang dapat dihapus oleh pengguna. Sekarang hanya ada beberapa aplikasi sistem, seperti File Explorer dan Phone Link, yang tidak dapat dihapus.

Mengutip dari laman Windows Central, Microsoft meluncurkan pembaruan pada Widgets Board yang akan memungkinkan pengguna untuk mematikan Microsoft News dan feed iklan, sambil tetap mempertahankan widget bagi mereka yang ingin menggunakannya.

Perusahaan menggambarkan perubahan ini sebagai khusus untuk PC Windows 11 di EEA. Jadi tidak jelas apakah pengguna di luar area ini akan dapat menggunakan fungsi-fungsi ini.

Perubahan lain yang dilakukan Microsoft pada Windows 11 adalah memastikan OS mengingat default yang ditetapkan pengguna. Apakah itu browser web atau klien email, Windows sekarang akan menghormati pilihan default Anda. OS sekarang juga akan meminta pengguna di EEA jika mereka ingin menyinkronkan Windows dengan akun Microsoft.

Perubahan ini akan diluncurkan dalam pratinjau pada Windows 11 di Insider Beta Channel dalam beberapa minggu mendatang. Itu akan tersedia secara umum pada awal tahun depan. Microsoft mengatakan Windows 11 akan sepenuhnya sesuai dengan DMA pada 6 Maret 2024. Banyak dari perubahan yang sama akan diluncurkan ke Windows 10 pada saat itu juga.

Negara mana saja yang terpengaruh oleh perubahan ini?

EEA adalah serikat ekonomi dan politik yang mencakup 27 negara di wilayah Eropa dan sekitarnya. Daftar negara yang termasuk dalam EEA adalah:

Austria, Belgia, Bulgaria, Kroasia, Republik Siprus, Republik Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Prancis, Jerman, Yunani, Hongaria, Islandia, Irlandia, Italia, Latvia, Liechtenstein, Lituania, Luksemburg, Malta, Belanda, Norwegia, Polandia, Portugal, Rumania, Slowakia, Slovenia, Spanyol, Swedia.

Apa yang dimaksud dengan Undang-Undang Pasar Digital?

Digital Markets Act (DMA) adalah seperangkat aturan dan kriteria yang ditetapkan untuk dipatuhi oleh platform online besar di pasar EEA. Tujuannya adalah untuk memastikan pengguna bebas memilih layanan yang mereka inginkan pada platform apa pun yang ingin mereka gunakan, dan tidak terkunci pada layanan tertentu yang diinginkan oleh pembuat platform.

Dalam kasus Microsoft, ini berarti tidak memaksa pengguna untuk menggunakan Edge atau Bing, dan memastikan OS dapat dioperasikan dengan layanan lain jika diperlukan. Salah satu aturan DMA adalah mengizinkan pengguna untuk menghapus instalasi dan perangkat lunak atau aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya.

Bukan hanya Microsoft yang harus mematuhi DMA, Google dan Apple juga berada di jalur yang sama, dan harus mematuhi aturan yang sama di masa mendatang. Pada akhirnya, DMA ingin memastikan bahwa pengguna selalu memiliki pilihan dalam perangkat lunak dan layanan yang mereka gunakan. DMA juga bertujuan untuk mengawasi layanan pihak ketiga yang sebelumnya telah diperlakukan secara tidak adil oleh syarat dan ketentuan platform. ***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image