Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rizqia Dwi Indriyani

Mahasiswa/i FEB UHAMKA Semangat PKM Walaupun Pandemi

Info Terkini | Thursday, 12 Aug 2021, 10:30 WIB

Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah mata kuliah atau program yang rutin dilakukan oleh Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Program ini biasanya dilakukan secara offline atau turun langsung ke lapangan, tetapi karena kondisi sekarang sedang pandemi dan adanya PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) maka tidak memungkinkan untuk dilakukan secara offline sehingga harus dilakukan secara online. Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di tahun 2021 ini dilakukan di panti asuhan. Tujuan PKM ini dilakukan untuk menumbuhkan rasa berbagi kita terhadap saudara atau orang lain disekitar kita yang membutuhkan bantuan, mempererat tali persaudaraan dan meningkatkan jiwa sosial mahasiswa.

Program ini dilakukan dengan berbagai tahapan, pertama diawali dengan pembekalan mahasiswa dari Tim Pimpinan melalui zoom online untuk menjelaskan terkait program PKM yang akan dijalankan dan pastinya harus sesuai dengan protokol kesehatan, kedua melakukan obeservasi, pembuatan program dan fundraising (penggalangan dana).

PKM kelompok 10 yang dibimbing oleh Bapak Ahmad Sonjaya, S.E., M.Si. yang beranggotakan 10 orang ini dilakukan di Panti Asuhan Darul Ilmi yang beralamat di JL. KH. Ahmad Dahlan No.24, Beji Timur, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat. Panti asuhan ini dipimpin oleh Bapak H. Wajir Nuri, S. Ag sebagai kepala panti, karena usia beliau yang sudah lanjut maka ketika ada program seperti ini diserahkan kepada salah satu pengurus panti yaitu bagian social worker yang bernama Aras B Fuadi S.kesos dan Febri Hariyadi.

Pada tanggal 26 mei kelompok 10 mengirim perwakilan untuk melakukan survey atau obeservasi pertama ke panti asuhan tersebut. Dalam proses observasi atau survey kelompok 10 dibantu oleh salah satu pengurus panti asuhan darul ilmi yang bernama Aras B Fuadi, pengurus tersebut memberikan penjelasan terkait sejarah, program dan problem-problem yang dihadapi panti. Salah satu problem yang dihadapi panti adalah mereka membutuhkan dana untuk membayar kebutuhan sekolah anak-anak panti. Dari sini kelompok 10 tergerak untuk membantu mencari donasi agar dapat meringankan dalam membayar kebutuhan sekolah anak-anak. Kelompok 10 mencari donasi melalui kegiatan fundraising atau penggalangan dana yang kami sebar ke akun-akun sosial media yang kami punya.

Gambar 1 : Foto bersama Bapak Sanusi dan perwakilan anak panti.
Gambar 2 : Foto penyerahan donasi kepada Bapak Sanusi perwakilan dari pengurus panti asuhan darul ilmi.

Setelah donasi terkumpul kelompok 10 mengirimkan perwakilan untuk menyampaikan atau memberikan hasil donasi yang sudah kelompok 10 kumpulkan. Penyerahan donasi tersebut dilaksanakan pada tanggal 7 agustus 2021 di Panti Asuhan Darul Ilmi dan diterima oleh salah satu pengurus panti asuhan darul ilmi yang bernama Bapak Sanusi. Bapak Sanusi merasa senang dan bersyukur karena kami mahasiswa/i UHAMKA telah percaya untuk memberikan bantuan donasi kepada Panti Asuhan Darul Ilmi.

Semoga dengan donasi yang kelompok 10 berikan dapat membantu meringankan kebutuhan panti dan bisa menjadi contoh yang baik bagi kita semua untuk saling membantu dan berbagi kepada satu sama lain.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image