5 Cara Berani Untuk Minta Kenaikan Gaji

Image
EKRUT Official
Gaya Hidup | Thursday, 05 Aug 2021, 09:55 WIB
www.ekrut.com

Jika kamu percaya diri telah melakukan pekerjaan yang mengesankan dan layak mendapatkan kompensasi yang lebih dari perusahaan, ada beberapa langkah yang harus kamu tempuh sebelum akhirnya yakin menemui atasan dan meminta kenaikan gaji. Ini dia, lima langkah yang dapat kamu coba.

1. Ketahui 'harga jual'

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengetahui rata-rata gaji untuk posisimu. Kamu dapat mencarinya di internet ataupun dengan bertanya ke rekan kerjamu yang memiliki posisi yang sama ataupun di atasmu.

Kamu dapat mengunjungi laman payscale.com dan salaryexplorer.com untuk mengetahui rincian gaji berdasarkan posisi serta pengalaman. Kedua situs tersebut tidak usah diragukan lagi kredibilitasnya.

Setelah mengetahuinya, kamu dapat menjadikan nominal gaji tersebut sebagai referensi ketika kamu mengajukan kenaikan gaji pada atasan.

2. Buat janji dengan atasan

Saat meminta kenaikan gaji, kamu tidak boleh langsung asal main masuk ruangan atasan dan meminta kenaikan gaji. Ada baiknya, kamu membuat janji terlebih dahulu. Kamu dapat meminta waktu untuk berdiskusi dengan atasan melalui email.

3. Cari waktu yang pas

Agar jalanmu dalam meminta kenaikan gaji semakin mulus, kamu harus pintar dalam memilih waktu yang tepat untuk meminta kenaikan gaji.

Jangan ragu untuk melangkah tiap kamu melihat ada kesempatan baik. Misalnya, saat atasanmu terlihat gelisah karena ada salah satu karyawan yang resign. Kamu dapat memanfaatkan momen tersebut untuk meminta kenaikan gaji. Pasalnya, mungkin perusahaan akan mengabulkan pemohonanmu karena tidak ingin kehilangan karyawan lagi.

4. Lakukan negosiasi tatap muka

CEO OgilyvyOne dari Inggris, Jo Coombs tidak menyarankan karyawan untuk meminta kenaikan gaji via email. Maka dari itu, alangkah lebih baik jika kamu berani untuk melakukan negosiasi secara tatap muka.

Memang hal tersebut bukanlah hal yang mudah untuk dijalankan. Namun, kamu akan lebih dihormati apabila memilih berbicara langsung kepada atasanmu untuk meminta kenaikan gaji.

5. Jangan menunggu terlalu lama

Kamu dapat mengajukan permohonan kenaikan gaji beberapa bulan sebelum review tahunan. Sehingga, pada saat review tahunan, atasan dapat menentukan kenaikan gajimu di masa mendatang.

Ketahui 2 cara berani dalam meminta kenaikan gaji lainnya melalui artikel ini.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Semakin Banyak Anak Muda Aceh yang Melek Saham

Image

Cara Riset Kata Kunci Untuk Artikel Blog, Berikut Cara Mudahnya!

Image

Perlukah PPN Pendidikan?

Image

Garda Terdepan, Covid-19 Segera Padam

Image

Pembelajaran Di Saat Pandemi

Image

LAZ Harfa Salurkan Bantuan untuk Penyintas Banjir di Kabupaten Pandeglang

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image