Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image EKRUT Official

5 Cara Siapkan Dana Darurat dengan Tepat

Gaya Hidup | Tuesday, 27 Jul 2021, 09:20 WIB
www.ekrut.com

Mengatur keuangan yang efektif menjadi salah satu hal yang harus bisa dilakukan oleh karyawan. Pasalnya, jika seorang karyawan tidak dapat mengelola keuangannya, gajinya dapat ludes begitu saja atau selalu terasa kurang.

Hal yang dapat kamu lakukan untuk mulai mengatur keuangan yang efektif adalah dengan menyiapkan dana darurat. Dana darurat sendiri merupakan dana yang sengaja dipersiapkan untuk bisa digunakan ketika seseorang mengalami keadaan darurat yang tidak diharapkan terjadi. Agar kamu semakin andal dalam manajemen keuangan, berikut tips menyiapkan dana darurat dengan benar.

1. Kurangi pengeluaran bulanan

Terkadang tanpa sadar, kamu mungkin memiliki latte factor atau bahkan menghabiskan uangmu terlalu banyak di area tertentu. Nah, kebiasaan seperti itu perlu dikurangi. Dengan begitu kamu dapat berhemat dan mengalokasikan dana tersebut ke dana darurat.

2. Sisihkan sejak hari gajian tiba

Ketika hari gajian tiba, ada baiknya kamu langsung menyisihkan sejumlah gaji yang kamu terima ke dana darurat. Dengan begitu, kamu tidak bisa beralasan bahwa gajimu telah habis dan tidak menabung ke dana darurat.

3. Ketahui pengeluaran bulananmu

Untuk bisa menentukan seberapa besar idealnya dana darurat yang perlu kamu siapkan, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengetahui pengeluaran bulananmu. Pertimbangkanlah pengeluaran tetap dan variabel seperti biaya asuransi, pajak, utang, dan lain sebagainya. Selain itu, sesuaikan juga dana daruratmu dengan tanggungan yang kamu miliki.

4. Ketahui berapa waktu yang dibutuhkan untuk kumpulkan dana darurat

Dana darurat mungkin baru dapat terkumpul setelah berbulan-bulan kamu menyiapkannya. Maka dari itu, tetapkanlah target dengan jumlah yang wajar di awal mengumpulkan dana darurat agar kamu bisa selalu konsisten dan semangat.

5. Siapkan dua jenis dana darurat

Terdapat dua jenis dana darurat yang perlu kamu siapkan terlebih jika pekerjaanmu tidak stabil. Pertama adalah biaya tidak terduga guna perbaikan mobil, rumah, dan lain-lain. Kedua adalah dana darurat jika kamu tiba-tiba kehilangan pendapatan.

Ketahui juga 3 cara siapkan dana darurat lainnya melalui artikel ini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image