Meneladani Keluarga Nabi Ibrahim di Era Pandemi Covid-19

Image
muhammad munadi
Eduaksi | Tuesday, 20 Jul 2021, 15:57 WIB

Memasuki bulan Dzulhijjah setidaknya setiap insan diingatkan tentang Figur Nabi Ibrahim yang harus ditiru kehidupannya baik sebagai pribadi, suami, bapak, kepala keluarga dan tokoh bagi masyarakatnya. Keteladanannya perlu ditiru seperti anjuran Al Qur'an dalam Surat Al Mumtahannah ayat 4 dan 6.

Surat Al Mumtahannah 4

.......

Artinya: Sungguh, benar-benar ada suri teladan yang baik bagimu pada (diri) Ibrahim dan orang-orang yang bersama dengannya ...

Surat Al Mumtahannah 6, Allah menyatakan:

Artrinya: Sungguh pada mereka itu (Ibrahim dan umatnya) benar-benar terdapat suri teladan yang baik bagimu,

Surat Al Mumtahannah ayat 4 dan 6 menunjukkan bahwa Ibrahim perlu kita teladani baik sebagai pribadi dan suami sekaligus sebagai keluarga. Bagaimana sebagai seorang suami menempatkan Istri dan Anaknya di negeri yang jauh berjarak 1239 km dengan tanah yang gersang. Seperti yang tercantum dalam Surat Ibrahim 37:

37. Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebagian keturunanku di lembah yang tidak ada tanamannya (dan berada) di sisi rumah-Mu (Baitullah) yang dihormati. Ya Tuhan kami, (demikian itu kami lakukan) agar mereka melaksanakan salat. Maka, jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan anugerahilah mereka rezeki dari buah-buahan. Mudah-mudahan mereka bersyukur.

Sebagai suami bisa mendidik dari jauh sehingga Istri bisa tidak terlalu banyak mengeluh karena jarak yang jauh dengan suami sehingga harus mencari air sendiri sehingga diabadikan oleh Allah dalam haji sebagai Sa i. Kesabaran Ibrahim dan Siti Hajar menghasilkan anak yang shalih seperti yang diabadikan Allah dalam Surat Ash Shafat 102:

102. Ketika anak itu sampai pada (umur) ia sanggup bekerja bersamanya, ia (Ibrahim) berkata, Wahai anakku, sesungguhnya aku bermimpi bahwa aku menyembelihmu. Pikirkanlah apa pendapatmu? Dia (Ismail) menjawab, Wahai ayahku, lakukanlah apa yang diperintahkan (Allah) kepadamu! Insyaallah engkau akan mendapatiku termasuk orang-orang sabar.

Dalam kisah ini menunjukkan sebagai seorang suami baik pada posisi LDR maupun tidak harus bisa menyiapkan generasi yang tangguh dengan ciri :

1. Sabar dan Tidak putus asa

2. Tidak mengeluh

3. Selalu berikhtiar tanpa henti

4. Selalu bertawakkal dengan selalu berdoa

Apalagi di era Pandemi Covid-19 saat ini, setiap keluarga di-paksa oleh Yang Maha Kuasa untuk memfungsikan kembali sebagai tempat pendidikan, hal ini merupakan kesempatan yang baik untuk meniru keluarga Ibrahim. Walaupun Posisi Nabi Ibrahim di Palestina bisa mendidik Istri yang sabar dan bisa dipercaya sehingga Ismail menjadi sholeh dengan buktu bisa menghormati Bapaknya dalam bentuk komunikasi yang sangat santun ketika dialog seperti yang diabadikan pada Surat Ash Shafat 102.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Semakin Banyak Anak Muda Aceh yang Melek Saham

Image

Cara Riset Kata Kunci Untuk Artikel Blog, Berikut Cara Mudahnya!

Image

Perlukah PPN Pendidikan?

Image

Garda Terdepan, Covid-19 Segera Padam

Image

Pembelajaran Di Saat Pandemi

Image

LAZ Harfa Salurkan Bantuan untuk Penyintas Banjir di Kabupaten Pandeglang

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image