Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image EKRUT Official

Jenis resume dan 5 hal yang harus ada didalamnya

Olahraga | Monday, 19 Jul 2021, 12:43 WIB
www.ekrut.com

Melamar pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Maka dari itu, kamu harus mempersiapkan diri dengan matang serta menyiapkan beberapa dokumen penting yang dibutuhkan.

Resume menjadi salah satu dokumen penting yang dapat menentukan keberhasilan lamaranmu. Oleh karenanya kamu harus bisa membuat resume dengan baik agar dapat menonjol diantara kandidat lainnya. Untuk membantu kamu dalam menulis resume, simak penjelasan berikut ini.

4 Jenis resume

Perlu kamu ingat, tiap jenis resume memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi, kamu harus memilih resume yang tepat sesuai dengan kebutuhan lamaranmu.

1. Resume fungsional

Jenis resume fungsional lebih berfokus pada skills dan kemampuan kandidat, sehingga biasanya digunakan untuk orang yang sedang melakukan perpindahan karier.

2. Resume kombinasi

Jenis resume ini adalah penggabungan dari resume fungsional dan chronological. Fokusnya terletak pada skills dan juga pengalaman kerja untuk menunjukan kualifikasi yang dimiliki kandidat.

3. Resume chronological

Jenis resume satu ini sangat sering digunakan oleh pelamar kerja. Susunan penulisannya diawali oleh pengenalan lalu dilanjutkan dengan pengalaman profesional mulai dari yang terkini.

4. Resume yang ditargetkan

Isi dari jenis resume yang ditargetkan hanya membahas seputar skills dan pengalamanmu yang relevan dengan posisi yang sedang kamu lamar.

5 Hal yang harus ada dalam sebuah resume

Nah, setelah mengetahui jenis-jenis resume. Kamu juga harus paham betul terkait hal-hal yang harus ada dalam resume yang kamu tulis.

1. Informasi kontak

Tuliskanlah nama lengkap, nomor telepon, dan alamat e-mailmu yang aktif. Agar lebih lengkap, kamu juga dapat mencantumkan akun media sosialmu.

2. Perkenalan

Berikanlah gambaran singkat terkait latar belakang profesional dan kualifikasi yang kamu miliki.

3. Pendidikan

Cantumkan latar belakang pendidikanmu seperti dimana kamu menempuh pendidikan serta program studi yang kamu ambil. Kamu juga boleh menyertakan nilai IPK dan kursus relevan yang pernah kamu ikuti.

4. Pengalaman

Selain pendidikan, kamu pun perlu untuk mencantumkan pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang sedang kamu lamar. Jangan lupa untuk sebutkan nama perusahaan, lama bekerja, dan poin-poin tanggung jawab dari posisi yang kamu emban disana. Selain itu, kamu juga dapat menuliskan pencapaian yang telah kamu raih.

5. Keterampilan

Sebutkan keterampilan yang kamu miliki mulai dari hard skills hingga soft skills. Hal ini dapat menunjukan kepada perekrut bahwa kamu adalah kandidat tepat yang mereka cari-cari.

Ketahui juga perbedaan resume dengan CV melalui artikel ini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image