LMAN: Badan Layanan Umum Kementerian Keuangan Yang Serba Bisa

Image
yolanda artitayasa
Info Terkini | Tuesday, 13 Jul 2021, 10:09 WIB
Gambar: Bisnis.tempo.co

Hai Sobat Muda! Kali ini kita akan membahas salah satu Badan Layanan Umum (BLU) Kementerian Keuangan. Yups, namanya Lembaga Manajemen Aset Negara alias LMAN. Buat yang belum familiar, LMAN adalah satuan kerja yang berbentuk BLU di bawah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan Republik Indonesia dan baru didirikan pada akhir tahun 2015. Meskipun umurnya masih muda, LMAN termasuk BLU yang serba bisa karena melaksanakan tugas dan fungsi yang cukup bervariasi dan strategis. Berikut adalah rangkumannya. Check it out!

Rutin Mengelola Aset Negara

Perlu diketahui, ada banyak aset negara yang telah dikelola oleh LMAN. Aset Dipatiukur, Bandung adalah salah satu aset yang diserahkelolakan DJKN kepada LMAN di tahun 2017. Sekarang, aset tersebut telah dioptimalisasi bersama PT Global Sinergi Kreasindo (Co&Co). Dan akan segera beroperasi sebagai Co-working space dan area ritel. Namun, Co-workingnya belum juga diresmikan Sobat Muda dikarenakan pandemi Covid-19. Meskipun demikian, habis pandemi Covid-19 selesai Co-working space ini akan diresmikan kok dan kalian bisa langsung ngerjain tugas dengan nyaman deh di sana. Nah, buat Sobat Muda yang juga lagi cari-cari apartemen bisa banget sewa apartemen hasil kelolaan LMAN dijamin ga nyesel! Beberapa diantaranya adalah Apartemen Taman Kemang Jaya serta Apartemen Villa dan Kondominium Menara Kelapa Gading. Tetapi perlu diketahui ya, LMAN hanya mengelola aset yang diserah kelolakan oleh DJKN.

Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia Lewat Mendanai PSN

Selain mengelola aset negara, BLU ini juga terlibat aktif dalam mendanai Proyek Strategis Nasional atau biasa disebut PSN. Singkatnya, PSN adalah proyek-proyek infrastruktur Indonesia yang dianggap strategis dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, pemerataan pembangunan, kesejahteraan masyarakat, dan pembangunan di daerah. Salah satu Proyek Strategis Nasional yang didanai oleh LMAN adalah pembebasan lahan Tol Cisumdawu sebesar 1,2 Triliun pada Oktober 2020. Pembangunan Jalan Tol Cisumdawu diharapkan dapat memacu pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat. Jalan tol yang menghubungkan Bandung, Sumedang dan Majalengka ini membuka kemudahan menuju Bandara Internasional Kertajati dan ke depan, diharapkan juga akan menjadi akses penunjang dalam mempercepat kendaraan logistik menuju Pelabuhan Patimban. Melalui percepatan dan kemudahan konektivitas tersebut, diharapkan akan mempercepat distribusi barang dan berdampak pada kegiatan perekonomian masyarakat sekitar.

Edukator Aset dan Properti

Selain dua peran tadi, LMAN juga tidak berhenti mengedukasi masyarakat mengenai aset negara melalui konten-konten sosial medianya yang apik. LMAN juga punya podcast lho yang bisa kalian tonton dan dengar di kanal Youtube resmi LMAN. Selain itu, LMAN juga membuka jasa konsultasi terkait manajemen properti negara untuk mengoptimalkan pemanfaatan dan pengembangan properti. Dan fun fact juga nih, LMAN setiap tahun rutin menyelenggarakan kompetisi bergengsi bagi para instansi pemerintah yaitu The Asset Manager (TAM). Didirikannya program ini tidak lain untuk menggaungkan kolaborasi, sinergi dan inovasi pengelola barang milik negara sehingga dapat melaksanakan optimalisasi aset negara dengan inovatif dan kreatif, guna mendatangkan manfaat bagi masyarakat.

Nah, itu tadi informasi singkat mengenai peran dan fungsi LMAN. Untuk informasi lebih lanjut kalian bisa cek langsung di sosial media resmi LMAN mulai dari Instagram (@blu.lman) sampai Youtube (Lembaga Manajemen Aset Negara).

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

A Newbie Writer Who Likes To Drink Chocolate Java Chip

Artikel Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Agil Mughni dan Aida Sasmitha Duta Pelajar Sadar Hukum Aceh 2021

Image

Download GB WhatsApp (WA GB) Official Terbaru 2021

Image

Kelas Menengah Muslim dan Potensi Industri Syariah

Image

Codashop Pro Apk Download Versi Terbarunya Top Up Diamond Gratis

Image

Milad ke-64, Rektor Beberkan Capaian dan Target Uhamka

Image

Kelebihan Template Median UI 1.6 + Link Download Gratis

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image