Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image dua muslim

Daftar Kitab Kuning Yang Harus Dikuasai Sebelum Terjun Berdakwah

Agama | Monday, 02 May 2022, 02:25 WIB

Ketika seseorang ingin berdakwah, tentunya ada dasar hukum islam yang harus dia ketahui terlebih dahulu.

Untuk itu penting sekali untuk para calon da'i untuk mempelajari kitab kuning sampai benar benar ia bisa menjabarkan arti setiap kata atau kalimat yang terkandung didalamnya.

Dan oleh karena itu pendidikan pondok pesantren menjadi rekomendasi utama sebelum calon pendakwah itu bisa terjun kemedan dakwah bil haq.

Namun jika kita tidak mempunyai waktu yang sangat luang untuk belajar full time di pondok pesantren, maka jalan pintasnya adalah kita menjadi santri kalong.

Artinya kita bisa belajar kepada ustadz tentang bagaimana cara membaca kitab kuning secara baik dan benar.

Dan berikut ini daftar kitab kuning yang disarankan dipelajari untuk pemula yang kami kutib dari islamiques.net :

Daftar Kitab Yang Harus Dikuasai Pendakwah

1. Matan Al Jurumiyah

Kitab ini membahas tentang ilmu ilmu nahwu, yakni ilmu cara belajar bahasa arab yang nantinya bisa digunakan untuk membaca kitab kitab kuning yang berbahasa arab gundul.

Dikitab ini anda akan membutuhkan waktu yang sangat banyak, karena ini adalah kitab dasar sebelum bisa menuju kitab kitab kuning lainnya.

2. Kitab Arbain Nawawi

Kitab ini merupakan kitab hadits yang disusun oleh Imam An Nawawai RA, kitab ini sangat populer sekali dikalangan pendakwah dan sering di ambil isinya untuk disampaikan kepada jamaah.

Dan isi utama dalam kitab ini memuat berbagai hal, diantaranya ada tentang akhlak, hukum syariat, serta dasar dasar agama.

3. Kitab At Taqrib

Kitab selanjutnya yang juga harus dikuasai terlebih dahulu adalah kitab at taqrib ini.

Dalam kitab ini dijelaskan dasar dasar ilmu fiqh.

Selain kitab ini, ada beberapa kitab fiqh lainnya yang juga bisa menjadi referensi untuk dipelajari.

Namun kitab at taqrib ini sudah cukup untuk dipelajari dan disampaikan kapada umat.

Hukum fiqh menjadi sangat penting, karena memuat tentang dasar dasar landasan hukum beribadah kepada Allah Azza Wa Jalla sesuai tuntunan Al Quran dan As Sunnah.

Nah, itulah 3 kitab yang sangat direkomendasikan untuk dipelajari bagi seorang calon pendakwah atau seorang santri sebelum berjuang untuk berdakwah dijalan Allah Azza Wa Jalla.

Tentunya tidak terbatas hanya 3 kitab diatas ya, masih banyak kitab lain yang juga bisa dipelajari.

Baiklah, semoga bermanfaat

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image