Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Endar Julian

Pijat Swedia Rupanya Ternyata Tidak Seasing Namanya

Gaya Hidup | Saturday, 30 Apr 2022, 13:52 WIB
Sumber gambar: pexels.com/Arina-Krasnikova

Waktu lagi di jalan, sekilas mata kamu pasti pernah beradu pandang dengan papan atau spanduk jasa pijat, misalnya pijat refleksi, pijat tunanetra, pijat kaki, pijat shiatsu, thai massage, atau pijat ibu hamil.

Tapi, apa kamu melihat iklan jasa pijat Swedia? Jarang, bukan? Apa itu pijat Swedia? Apakah tukang pijatnya orang Swedia? Asalnya dari Swedia? Nah, kalau penasaran, lanjut baca artikel di bawah ini.

Asal-usul Pijat Swedia

Menurut beberapa sumber, pijat Swedia diciptakan oleh seorang instruktur olahraga anggar berkebangsaan Swedia bernama Per Henrik Ling di tahun 1830an.

Sebenarnya, Bapak Ling ini tidak sengaja menemukan teknik pijat Swedia itu. Ceritanya, karena keranjingan main pedang (baca: anggar) sikunya pun cedera. Alih-alih ke dokter, beliau malah memukul-mukul perlahan dengan tangan di daerah yang cedera.

Rupanya cara itu ampuh, sikunya sembuh, dan tak kambuh-kambuh. Sejak itulah, beliau lalu mengembangkan teknik pijat, yang belakangan dikenal dengan nama pijat Swedia ini.

Penjelasan Pijat Swedia

Pijat Swedia adalah salah satu teknik terapi pemijatan relaksasi yang dicirikan dengan gerakan memijat dengan pola tertentu tanpa putus, ke sekujur area pijatan.

Tujuan pijat Swedia umumnya sama dengan pijat biasa, yakni mengendurkan atau merilekskan ketegangan otot superfisial atau otot permukaan, menstimulasi ujung saraf, memperlancar aliran darah, detoksifikasi, dan drainase limfatik.

Pijat Swedia ini cocok bagi mereka yang sering merasa pegal di pinggang bagian bawah, area pundak, dan leher. Biasanya dikarenakan duduk terlalu lama, memikul barang berat, atau menggendong anak.

Pijat Swedia merupakan pijat seluruh badan, dengan pengecualian pada organ intim. Bagian yang akan dipijat, misalnya punggung atau kaki, biasanya harus dibuka tanpa ada baju atau celana agar pemijatan dapat lebih efektif.

Teknik Pijat Swedia

Pijat Swedia umumnya terdiri atas lima teknik dasar. Menurut para praktisinya, pijat Swedia selalu menekankan adanya unsur glide atau mengangsurkan tanpa putus, serta fokus pada stimulasi saraf parasimpatetik.

Berikut gambaran singkat lima teknik dasar pijat Swedia:

1. Effleurage / Gliding / Menggosok

- Gerakan ritmis mengangsur di daerah pijatan dengan tekanan yang sangat lembut dari bawah ke atas tanpa terputus.

- Dilakukan pada awal dan akhir pemijatan, serta sebagai gerakan penyambung antara tiap gerakan dalam pemijatan.

- Untuk melakukan pemanasan pada kulit, menyebarkan minyak urut, dan menenangkan orang yang dipijat.

- Diulangi sebanyak 3-6 kali dengan tekanan atau kekuatan yang ringan.

2. Petrissage / kneading / menguleni

- Mirip gerakan menguleni atau melumatkan adonan roti.

- Terdiri atas gerakan ringing & rolling (mengangkat, memutar, dan menekan kulit atau daging dengan telapak tangan) dan figure of eight reinforced kneading (membuat gerakan seperti angka 8 sambil melakukan pemijatan).

- Penekanan dilakukan dengan telapak tangan, buku jari, atau ujung jari, dan umumnya lebih kuat dibandingkan effleurage.

- dapat dilakukan dengan satu tangan atau dengan kedua tangan ditumpuk (reinforced kneading).

- Diulangi sebanyak tiga kali.

3. Friction / menggerus

- Gerakan melingkar sambil menggerus dengan telapak tangan, ibu jari, buku jari, atau bagian bawah siku.

4. Vibration / menggetarkan

- Gerakan menggetarkan secara lembut di satu titik pijatan.

- Bertujuan melonggarkan dan memisahkan jaringan yang kaku, merangsang saraf secara lembut untuk mengurangi rangsangan berlebih akibat ketegangan.

5. Tapotement / Tapping / mengetuk

- Gerakan seperti menetak atau mengetuk menggunakan kedua punggung tangan secara cepat, ringan, dan berirama.

- Bertujuan melancarkan sirkulasi darah, melenturkan otot yang kaku, mendorong sisa-sisa metabolisme yang masih tertahan, merangsang serabut saraf tepi, dan merangsang organ-organ dalam.

Jika diperhatikan, terus terang saja teknik pijat Swedia ini sebenarnya bukan merupakan teknik yang sangat canggih atau membutuhkan pengetahuan mendalam untuk dipraktikkan. Gerakan-gerakannya mungkin sering kamu buat secara tidak sadar jika sedang pegal atau lelah.

Meski begitu, memahami teknik, tujuan, dan manfaat gerakan-gerakan pijat Swedia ini, tentu akan dapat memaksimalkan hasil pijatannya.

Saat ini sendiri, pijat swedia telah menjadi salah satu layanan yang dapat ditemukan di banyak panti dan jasa pijat. Anda hanya dapat mencarinya di pencarian internet dengan menyesuaikannya pada domisili anda.

Misalnya, jika anda berdomisili di Padang, anda dapat mencarinya menggunakan keyword seperti pijat swedia padang, jasa pijat swedia padang, pijat panggilan padang dan lainnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image