Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image nurul jubaedah

Cinta Segitiga

Guru Menulis | Friday, 29 Apr 2022, 04:08 WIB

Cinta Segitiga

(oleh Nurul Jubaedah, S.Ag.,S.Pd.,M.Ag guru SKI di MTsN 2 Garut)

Kirey terlena dengan lagu bizzare love triangle yang dinyanyikan oleh Frente. Ia terisprirasi dengan judul lagu tersebut sampai-sampai ia menyanyikan sedikit liriknya, "Every time I think of you I feel shot right through with a bolt of blue It's no problem of mine but it's a problem I find Living a life that I can't leave behind but there's no sense in telling me the wisdom of the fool won't set you free ..." lamunannya terpotong sesaat dikarenakan ada video call yang masuk secara beruntun. "Sialan lu julid banget! maunya apa sih!, Kirey menggerutu sampai terlihat sedikit manyun.

Dinda berteriak dari sudut ruangan, "rey, boleh tidak kalau cw punya 3 hati dalam satu waktu?". Kirey berteriak balik, "Whatttt?," Kirey kaget setengah mati dan langsung marah besar kepada Dinda, "lu mau jadi apa kelak? kemarin bukannya baru selesai sama si Jocong? Lalu sekarang siapa lagi? Si Jabrig, si Botak, sama si Lebay mau lu barengin semua dalam waktu yang sama begitu? Bukannya lu sudah insyaf? Apa lu ga cape jatuh cinta lalu patah hati sampe nangis mata lu segede telor asin busuk?".

Dinda malah memberikan jawaban yang membuat Kirey tidak menyangka sama sekali. "Kirey, dengar ya ... kalau jadi orang itu harus menjadi pendengar yang baik. Jangan pernah sama sekali memotong pembicaraan orang yang belum tuntas, coba biasakan menahan pertanyaan sebelum kalimat dari seorang yang berbicara didepanmu selesai, think first before doing something and please keep positive thinking ok!", ucap Dinda. Dinda pun lalu menjelaskan kepada Kirey mengenai cinta segitiga sebagai berikut :

Cinta menurut pandangan Islam adalah jalinan kasih sayang antara sesama hamba Allah. Cinta dikategorikan menjadi cinta kepada Allah SWT, cinta kepada makluk-Nya, cinta kepada makhuk lainnya seperti binatang, tumbuhan, alam sekitar, dan cinta terhadap hobi positif yang bisa menghasilkan karya. Melalui karya kita akan menjadi manusia seutuhnya yang lebih bahagia karena apa yang menjadi kesukaan atau kegemarannya bisa tersalurkan dengan baik sehingga perasaan senang tersebut akan menghasilkan hormon kebahagiaan (dopamin[1]) yang akan berimbas pada kesehatan jiwa dan raga. Cinta Segitiga terbagi menjadi :

1. Cinta kepada Allah SWT, Nabi, dan rasul-Nya . "Dan di antara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah; mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman mereka sangat mencintai Allah."(Al-Baqarah : 165). Ayat tersebut menegaskan bahwa Allah SWT adalah cinta satu-satunya yang tidak akan pernah bisa terbagi dua. Mencintai Allah SWT juga berarti mencintai Nabi, dan Rasul-Nya. Tuhan adalah yang paling utama yang menduduki derajat yang paling tinggi. Cinta kepada Allah SWT berati kita meyakini sifat Allah SWT adalah sifat terpuji, kebaikan Allah SWT lebih besar daripada hamba-Nya, manusia memandang semua cita-citanya hanya berhajat kepada Allah SWT, kita senantiasa berzikir kepada-Nya, Cinta kepada Allah SWT akan mendorong kita selalu dekat kepada-Nya melalui ibadah yang khusuk dan konsisten. Mencintai Nabi dan Rasul-Nya senantiasa kita menjalankan sunnahnya.

2. Cinta kepada Makhluk Tuhan. "Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik." (QS. Ali Imron : 14). Seberapa cinta kita terhadap makhluk-Nya jangan sampai cinta kita melebihi cinta terhadap Tuhan. Cinta kepada makhluk Tuhan bisa diwujudkan melalui jalinan persaudaraan sesama manusia, mencintai pasangan karena Allah SWT, memberi makan kucing liar yang lapar dan sakit. Melalui cinta maka hati akan menjadi lapang, beban terasa ringan, wajah berseri penuh dengan senyuman. Ikatan cinta antara sesama kaum muslimin merupakan salah satu indikator keimanan yang sempurna. Dari Anas Bin Malik ra, Rasulullah bersabda : "Tidak sempurna iman seseorang diantara kalian, sehingga ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri". (HR. Shoheh Muslim).

3. Cinta kepada Hobi Positif. Sebagaimana diriwayatkan dari Umar bin Khottob bahwa Rasulullah SAW bersabda,"Sesungguhnya suatu amal tergantung dari niatnya." (HR. Bukhori Muslim). Suatu pekerjaan atau perbuatan yang dihalalkan secara tegas oleh syariat tentulah dianjurkan bahkan diwajibkan untuk disenangi, dijadikan hobi untuk dilakukan sebagai wujud kecintaannya kepada Allah dan Rasul-Nya, seperti : hobi membaca Al Qur'an setiap hari, hobi membaca dan menulis buku-buku agama atau buku-buku lainnya yang bermanfaat, mengerjakan shalat atau yang sejenisnya, sebagaimana sabda Rasulullah saw," Telah dijadikan shalat sebagai kesukaanku." (HR. An Nasai). Sejarah dan ilmu pengetahuan tidak akan pernah sampai pada generasi berikutnya tanpa ada tulisan. "Ikatlah ilmu dengan tulisan". (Ali bin Abi Thallib). Jika hobi kita menulis maka lakukanlah dengan serius dan konsisten. Menulis merupakan kegiatan menyampaikan pesan (komunikasi) dengan menggunakan bahasa tulis sebagai media atau alatnya. Dalam komunikasi tulis setidaknya terdapat empat unsur yang terlibat yaitu (1) penulis sebagai penyampai pesan, (2) isi tulisan atau pesan, (3) saluran atau medianya berupa tulisan dan (4) pembaca sebagai penerima pesan.[2]

Setelah Kirey menyimak penjelasan dari Dinda, mukanya kaku terdiam seribu bahasa. Ia menyadari kekeliruannya yang telah berprasangka tidak baik kepada Dinda. Kirey telah berfikiran liar dan menjudge seenaknya terhadap Dinda. Don't judge the book from it's cover. Itulah pernyataan yang cocok untuk Kirey saat ini. Jangan mentang-mentang tampang Dinda yang cuek, selengean, sedikit urakan dan terlihat bergaya hidup bebas jangan sampai opini kita terjebak dengan penampilan dari luar karena belum tentu orang yang terkesan tidak baik itu jahat lihatlah Rumah Sakit meskipun makanannya sehat dan bergizi tetapi tetap saja para penghuninya adalah pasien yang sedang sakit.

Orang yang tampangnya tidak alim belum tentu hatinya tidak baik. Waspadalah dengan sebuah stereotipe dan stigma karenanya dipastikan keburukan akan berbalik kepada orang yang selalu berprasangka buruk terhadap sesama. Surat Al Hujurat ayat 12 menegaskan bahwa Allah SWT memerintahkan orang-orang yang beriman untuk menjauhi buruk sangka dan memerintahkan berbaik sangka kepada sesama mukmin, melarang memata-matai, mengintai, dan mencari-cari keburukan orang lain, ayat ini juga melarang ghibah. Itulah hikmah yang bisa diambil dari tulisan Cinta Segitiga.

Daftar Pustaka

Al Faruqi Ismail. 2013. 9 Kebiasaan Manusia Super Bahagia , Jakarta : Penerbit Lentera Ilmu Cendekia, hal 22.

Suparno, dan Yunus Muhamad. 2007. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta : Universitas Terbuka.

Biodata

Nurul Jubaedah lahir di Garut, 19 Mei 1978. Pendidikan : D1 Akuntansi (1995), S1 PAI UNIGA ( 2001), S1 Bahasa Inggris STKIP Siliwangi Cimahi (2007), S2 PAI UIN SGD Bandung (2012). Prestasi : Pembimbing KIR : Membimbing 27 judul Karya Ilmiah Remaja kategori sosial budaya, menghantarkan peserta didik juara 1,2,3, dan harapan 1 kategori Sejarah, Geografi, dan Ekonomi (tingkat Provinsi), juara harapan 1 dan 2 (tingkat Nasional) (Juli 2019-September 2021), guru berprestasi tahap 1 di GTK Madrasah (2021), lolos tahap 3 AKMI KSKK Madrasah (Februari 2022). Karya : 18 buku antologi (Januari-April 2022). Memiliki 540 konten pendidikan di canal youtube dan website : 25 artikel (Oktober 2021-April 2022). Instagram (nj_78).

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image