Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sariningsih

Mengajari Anak Pentingnya Tiga Kata Ajaib

Eduaksi | Thursday, 28 Apr 2022, 16:51 WIB

Apa itu tiga kata ajaib untuk anak? Tolong, maaf, dan terima kasih. Anak-anak perlu untuk diajari sedari kecil untuk bisa mengatakan tiga kata ajaib itu. Buku ini akan membahas tentang betapa ajaibnya ketiga kata tersebut.

Buku Tiga Kata Ajaib ditulis oleh Kurniasih Dzulhadji, seorang isteri diploma dari Senegal, Afrika Selatan dan diterbitkan oleh penerbit Leguty Media. Di tengah kesibukannya, beliau menulis buku ini dengan sepenuh hati. Berharap anak-anak sebagai pembacanya akan mempunyai kebiasaan baik untuk mengucapkan kata tolong, maaf, dan terima kasih. Dengan kebiasaan baik itu anak akan menjadi pribadi yang sopan dan santun.

Berkata sopan santun sangat penting bagi keberlangsungan hidup seseorang. Dengan adanya sopan santun anak akan lebih dihargai dan disenangi oleh banyak orang. Adanya sopan santun juga dapat membuat seseorang memiliki teman yang baik.

Meminta tolong ketika membutuhkan bantuan. Itu menunjukkan adab sopan santun seorang anak. Dimana anak memposisikan diri sebagai orang yang memerlukan bantuan orang lain. Dengan berkata tolong, maka orang lain akan respek atau peduli untuk menolong.

Untuk mendukung anak terbiasa mengatakan kata tolong, maka sebagai orang tua bisa memberikan teladan. Misal sedang membutuhkan bantuan anak, maka Bunda bisa mengatakan kata tolong sebelum meminta bantuan anak-anak. Begitu pula saat dengan orang lain, Bunda yang terbiasa mengucapkan kata tolong sebelum meminta bantuan akan menjadi contoh baik untuk anak.

Selanjutnya kata maaf, tidak hanya kata tolong. Buku ini juga membahas tentang kata maaf. Meminta maaf adalah bentuk kejujuran dan tanggung jawab seseorang ketika melakukan kesalahan. Dengan mengatakan maaf, mengajarkan kepada anak bahwa seseorang tidak selalu benar. Orang dewasa maupun anak-anak juga manusia dan terkadang bisa tersandung kesalahan.

Setelah meminta maaf, sebaiknya anak-anak diajarkan untuk memperbaiki kesalahan. Jadi misal menumpahkan air, maka setelah minta maaf dia diminta untuk bertanggung jawab dengan cara mengelap tumpahan air tersebut.

Nah, untuk menyempurnakan tiga kata ajaib itu ada kata terima kasih. Apa sih pentingnya berterima kasih kepada seseorang?

Dengan berkata terima kasih, orang akan merasa bahagia dan dihargai. Ketika anak terbiasa mengucapkan kata terima kasih maka ia juga akan merasakan energi positif dan juga turut merasakan kebahagiaan.

Dengan mengucapkan terima kasih, anak akan menjadi pribadi yang hangat dan ramah. Tentu sebagai orang tua kita akan sangat senang ketika anak-anak menjadi anak yang berkepribadian positif. Semoga dengan membaca buku Tiga Kata Ajaib, baik kita mau pun anak-anak akan menjadi pribadi yang semakin baik.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image