6 Tips Agar Kamu Betah di Pesantren

Image
Gina Atikah
Eduaksi | Monday, 21 Jun 2021, 11:58 WIB

Kehidupan dipondok pesantren memang tidak mudah, namun dengan seiring berjalnnya waktu semua akan terasa nikmat dan indah, semua ada saatnya. Banyak hal yang menyebabkan seseorang tidak betah, diantaranya jauh dari orang tua, kegiatan yang sangat penuh, makanan yang tak selezat buatan ibu, masalah dengan teman, antri yang sangat panjang, peraturan yang terasa seperti mengekang. Semua itu adalah beberapa hal yang menyebabkan seseorang tidak krasan didalam pondok.

Banyak yang sudah memiliki niat yang kuat untuk melanjutkan study atau sekolah nya ke pondok pesantren, dengan niat dan tujuan yang beragam, mulai dari ingin lebih dekat dengan Allah, memperdalam ilmu agama, atau ingin hidupnya lebih aman dan tidak terlalu bebas. Semuanya mimiliki niat yang baik, namun, kenyataannya setelah sampai dan menetap di dalam pondok pesantren tidak sedikit santri yang merasa tidak betah, dan akhirnya memutuskan untuk keluar.

Namun, meskipun seperti itu, pondok pesantren nyatanya sangat indah dan seburuk yang dibayangkan. Berikut beberapa hal yang dapat membuatmu krasan dan betah di dalam pondom pesantren

1. Niat yang tulus dari dalam hati untuk menuntut ilmu di jalan Allah swt

Niat sangat penting, terutama niat untuk menuntut ilmu dijalan Allah, Allah swt akan memudahkan urusan hambanya yang selalu berniat untuk melakukan hal baik, terutama menuntut ilmu, jika kamu memiliki niat yang kuat untuk itu InsyaAllah, Ia akan memperlancar dan meneguhkan hatimu untuk tinggal dan menuntut ilmu didalam Pondok pesantren.

2. Tidak melanggar peraturan pondok

Setiap pondok pesantren pasti memiliki kebijakan sendiri, peraturan diadakan guna mendidik santri untuk hidup berdisiplin dan teratur. Setiap peraturan yang dilanggar pasti akan menimbulkan hukuman, maka jauhilah pelanggaran agar kamu jauh dari hukuman, hukuman hanya akan membuat kamu merasa sedih dan kesal dalam mengerjakannya, lebih baik taati dan lakukan keseharianmu dengan damai tanpa melanggar aturan.

3. Ingat usaha orangtua dirumah

Ketika kamu merasa sedih dan tidak betah, cobalah ingat bagaimana usaha orang tua yang telah bersusah payah mengais rezeki agar kamu belajar dengan nyaman. Orang tua tidak ingin anaknya gagal dan menjadi orang yang tak berguna, karena itu mereka mempercayakan kamu di pondok sampai sukses. Banyak diluar sana yang tidak bersekolah melainkan bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, maka, mengapa kamu yang sudah diberikan nikmat malah ingkar? Ingat! Allahswt membenci hambanya yang tidak bersyukur.

4. Ikuti kegiatan-kegiatan di dalam pondok

Untuk menghilangkan rasa jenuh dan bosan di pondok, ikutilah semua kegiatan yang ada didalam pondok, setiap pondok pesntren pasti meiliki kegiatan yang beragam guna membentuk karakter santrinya, selain itu kegiatan yang diadakan dipondok bisa menjadi tambahan prestasi untuk kamu. Maka, carilah dan ikutilah kegiatan didalam pondok sebanyak-banyaknya.

5. Jangan memendam masalah sendiri

Kehidupan didalam pondok adalah kehidupan bersama teman, semua yang kita lakukan pasti berhubungan dengan teman, terkadang bebrapa masalah juga timbul dikarenakan seorang teman, namun, kamu harus memiliki beberapa teman yang dapat kamu percayai, ceritakan kepadanya semua masalah dan dan uneg-uneg yang kamu rasakan, teman yang baik akan memberikan solusi dan menenangkanmu dari kegelisahan karena sebuah masalah. Teman baik bukan hanya teman ketika kamu sedang senang saja namun, teman yang yang ada di dalam suka dan duka.

6. Pandai-pandailah dalam memilih teman

Ketika kamu merasa tidak betah, bisa jadi karena adanya teman yang tidak mendukung, teman adalah segalanya ketika kamu tinggal dipondok, maka, jika temanmu betah kamu pasti akan betah dan sebaliknya. Jangan sampai kamu meminta pulang dari pondok dikarenakan teman dekatmu telah pulang dari pondok, kamu masih memiliki ratusan bahkan ribuan teman lainnya yang siap mendukung dan membawamu untuk sukses dimasa depan. Pondok pesantren bukanlah penjara melainkan lapangan perjuangan maka, yang perlu kamu lakukan adalah berjuang, berjuang untuk apa? Berjuang untuk tetap hidup dengan kehidupan yang berarti dan bermutu.

Allah swt akan mempermudah semua urusan hambanya, maka, jangan pernah lupa berdoa kepadaNya, mintalah segalanya kepada Allah karena memang Dia la pemilik segalanya. Percayalah bahwa setiap yang kamu jalani ada hikmahnya dan apa yang kamu lakukan didalam pondok akan menjadi pahala yang akan membantumu masuk kedalam surgaNya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Sejarah Akuntansi Dunia

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Pembelajaran Abad 21

Image

Tim Misi Kemanusiaan feat OSIS SMA Malahayati, Berbagi Masker Gratis Untuk Masyarakat

Image

Partai Politik: Dapatkah Memperkuat Demokrasi?

Image

Beli Rumah Secara Online, Tidak Cocok Uang Booking Bisa Direfund 100%

Image

Perkuat Ketahanan Pangan, Provinsi Banten Perluas 37 Hektare

Image

3 Langkah Mudah Menebus Saham Right Issue dan Warrant

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image