Selalu Telat Bangun Subuh? Lakukan hal berikut ini!

Image
Gina Atikah
Agama | Sunday, 20 Jun 2021, 14:41 WIB
shalat subuh

Sebagian dari kita mungkin terbiasa bangun di waktu subuh, namun sebagian lainnya mengalami kesulitan agar bisa bangun di pagi hari, tak jarang terkadang kita melakukan shalat subuh ketika matahari sudah terbit dan terik. Menurut pendapat ulama Subuh diawali ketika fajar sadik muncul. Sadik adalah cahaya putih yang melintang di sepanjang ufuk timur, dan berakhir sesaat sebelum matahari terbit (syuruk). Untuk lebih spesifiknya klik disini

Agar bisa bangun tepat waktu di pagi hari, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Hal tersebut terdiri dari 2 kiat :

SPIRITUAL

1) Berwudhu sebelum tidur

Berwudhu akan membuat tidur lebih berkualitas, Karena manfaat dari wudhu sendiri mampu membuat otot lebih rileks dan nyaman serta tebebas dari insomnia, malaikat pun akan senantiasa menjaga orang-orang yang tidur dengan wudhu dibadannya.

2) Berdzikir

Dzikir akan membuat seseorang tertidur dalam keadaan tenang, terutama beristighfar kepada Allah swt atas segala dosa-dosa yang telah dilakukan seharian penuh dan ini merupakan sebuah terapi juga bagi seseorang agar terhindar dari stress dan mimpi buruk dimalam hari hingga terbangun dipagi hari dengan tenang.

3) Tidur Menghadap ke sebelah kanan

Sebenarnya saat kita tidur, disunnahkan berbaring pada sisi kanan. Manfaatnya sebagaimana disebutkan oleh Ibnul Qayyim, Tidur berbaring pada sisi kanan dianjurkan dalam Islam agar seseorang tidak kesusahan untuk bangun shalat malam, tulisnya, Ia juga mengatakan bahwa tidur menghadap sisi kanan bagus untuk kesehatan jantung, sedangkan tidur menghadap kiri berguna bagi badan namun membuat seseorang semakin malas.

4) Niat agar bisa bangun tepat waktu

Niat seseorang sangat mempengaruhi setiap pekerjaan yang ia lakukan, salah satu nya adalah niat yang kuat dari dalam hati agar bisa terbangun tepat waktu untuk segera melaksanakan shalat subuh, Allah swt senantiasa bersama hambanya yang memiliki niat kuat untuk bangun dan beribada kepadaNya.

DUNIAWI

1) Jangan bergadang dimalam hari

Mengapa? Bergadang yang dilakukan tanpa arti dimalam hari akan membuatmu tertidur dipagi hari sehingga terlambat melaksanakan shalat shubuh, dan bergadang juga tidak baik untuk kesehatan tubuh, Allah swt pun telah menetapkan malam hari bagi hambanya untuk beristirahat dan beraktivitas disiang harinya.

2) Hindari Makan di Malam Hari

Hal ini akan membuat mu tertidur lelap sehingga susah untuk bisa bangun dipagi hari.

3) Jangan tidur tengkurap

Tidur tengkurap merupakan posisi tidur yang tidak disukai Allah SWT, dari sisi biologis tidur tengkurap akan membuat perut tertekan dan terbebani sehingga menyebabkan perut tidak terasa nyaman dan tubuh membutuhkan 25 persen lebih banyak energy ketika tidur dengan posisi tengkurap.

4) Gunakan alarm

Alarm akan sangat membantu seseorang agar bisa terbangun dipagi hari, ini merupakan usaha dari diri sendiri agar tidak terlambat bangun dipagi hari nya dan dapat mengerjakan shalat subuh tepat waktu. Namun ingat jangan sampai kamu menyetel alarm agar bangun kemudian bangun hanya untuk mematikan alarm tersebut dan lanjut tidur kembali, karena itu dibutuhkan niat yang sangat kuat.

5) Meminta tolong kepada orang yang terbiasa bangun pagi

Salah satu cara yang mungkin ampuh agar bisa bangun pagi adalah dengan meminta tolong kepada orang sekitar kamu, baik itu teman ataupun orang tua dirumah untuk membangunkanmu di pagi hari.

Semoga kita semua bisa menjalanjan hari-hari dengan penuh keberkahan dari Allah swt, dimulai dari bagaimana kita terbangun dipagi hari kemudian melanjutkannya dengan shalat subuh Artikel ini ditulis berdasarkan ceramah yang telah disampaikan oleh Al-Ustadz Khalid Basalamah, L.c, M.A.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Sejarah Akuntansi Dunia

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Tanya Senja

Image

Jangan Lengah, Kasus Covid Masih Tinggi

Image

Guru Harus Terus Belajar

Image

Gubernur WH Lepas 10 Ribu Bantuan Paket Sembako

Image

Saat Pandemi, Pendidikan Dipastikan Tak Berhenti!

Image

Kepsek di Banten Diminta jadi Satgas Covid 19, Begini Intruksinya!

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image