Birokrasi Di Tengah Pandemi

Image
Nadia Putri
Info Terkini | Wednesday, 09 Jun 2021, 00:16 WIB
Sumber photo : Pixabay

Oleh : Nadia Putri

Mahasiswa Administrasi Publik FISIP UMJ 2018

Birokrasi merupakan suatu sistem kontrol dalam organisasi yang dirancang berdasarkan aturan-aturan yang rasional dan sistematis. Selain itu juga, birokrasi bertujuan untuk mengkoordinasi dan mengarahkan aktivitas-aktivitas kerja individu dalam rangka penyelesaian tugas-tugas administrasi berskala besar. Dalam perkembangannya, birokrasi terus mengalami penyesuaian seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi yang ada. Dengan perkembangannya tersebut, konsep birokrasi yang dahulu bersifat konvensional atau kita tahu di mana pelayanannya dilakukan secara manual kini telah berubah menjadi berbasis daring atau online.

Birokrasi dengan berbasis online ini tentu sudah tidak asing lagi, karena sering kali kita lihat dan dapat kita temukan pada masa sekarang ini di berbagai macam perusahaan atau instansi sektor publik maupun swasta. Dengan adanya sistem birokrasi secara online tersebut, tentunya memiliki tujuan untuk lebih mempraktiskan sistem bekerja birokrasi ditengah kalangan masyarakat dalam bentuk penyesuaian terhadap pesatnya perkembangan teknologi di era sekarang ini. Walaupun, sistem birokrasi seperti itu masih belum dapat diterapkan secara keseluruhan di Indonesia saat ini.

Berbicara mengenai sistem birokrasi saat ini tentu tidak luput dengan kondisi negara sekarang. Menilik pada pada awal tahun 2019 lalu, kita sama-sama tahu bahwa pandemi Covid-19 menjadi suatu permasalahan baru yang banyak menyoroti perhatian di berbagai kalangan masyarakat. Dengan adanya pandemi Covid-19 ini tidak hanya mengancam kesehatan manusia saja, namun juga telah memberikan dampak yang besar terhadap berbagai macam sektor di pemerintahan, seperti sektor perekonomian, pendidikan, dan sektor lainnya.

Oleh sebab itu, adanya pandemi Covid-19 yang saat ini masih ada disekitar kita ini menimbulkan berbagai macam kebijakan yang dirancang dan diterapkan oleh pemerintah setempat. Kebijakan-kebijakan yang telah diterapkan oleh pemerintah saat ini seperti menginstruksikan seluruh masyarakat untuk mulai melakukan kegiatan bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah atau Work From Home (WFH). Adapun kebijakan lainnya seperti penerapan sosial distancing, physcial distancing, dan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Kebijakan-kebijakan tersebut dirancang dan diterapkan tentu dengan memiliki tujuan agar memutus rantai penularan Covid-19 yang ada di Indonesia saat ini.

Dengan demikian, apabila mengacu pada kebijakan-kebijakan baru yang diterapkan sekarang ini, menurut saya tentu memberikan dampak besar bagi tatanan birokrasi di Indonesia. Hal ini dapat kita lihat, di mana selama pandemi berlangsung masyarakat diwajibkan mematuhi beberapa peraturan baru yang telah ditentukan sesuai dengan protokol kesehatan ditengah pandemi. Selain itu juga, adanya protokol kesehatan dapat mendorong pola birokrasi itu berubah, seperti yang saat ini kita ketahui adanya bentuk pelayanan dan sistem kerja dari rumah atau Work From Home (WFH) dengan tidak lagi mengandalkan proses biroraksi pada ruangan kantor saat ini telah menjadi ciri khas sistem birokrasi di tengah pandemi Covid-19. Walaupun, beberapa model aplikasi online atau pelayanan secara daring ini memang sudah ada dalam birokrasi sebelum pandemi Covid-19 ini hadir, namun nyatanya penggunaan aplikasi online tersebut kini jauh semakin luas dan menyeluruh ketika pandemi ini masih berlangsung.

Sebagai seorang mahasiswa program studi Administrasi Publik, menurut saya dengan berlakunya sistem birokrasi yang diterapkan oleh pemerintah dengan menyesuaikan pada protokol kesehatan ditengah pandemi ini menjadi suatu tantangan besar dan baru bagi sistem birokrasi di indonesia. Hal ini karena dapat sama-sama kita ketahui dari sebelumnya masih banyak dari berbagai kalangan masyarakat Indonesia yang kurang sadar dan mahir tehadap penggunaan dan pemanfaatan teknologi itu sendiri. Kini, dengan adanya kebiijakan terkait sistem birokrasi ditengah pandemi dari pemerintah tersebut, mau tidak mau semua kalangan masyarakat harus dapat menyesuaikan dengan sistem birokrasi tersebut, yang mana seluruh proses dan kegiatannya dilakukan secara daring atau online. Selain itu, dalam hal ini pun pemerintah harus mampu mensosialisasikan dan memberikan panduan dengan sebaik-baiknya perihal sistem birokrasi secara online kepada seluruh kalangan masyarakat.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Birokrasi Di Tengah Pandemi

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Tanya Senja

Image

Jangan Lengah, Kasus Covid Masih Tinggi

Image

Guru Harus Terus Belajar

Image

Gubernur WH Lepas 10 Ribu Bantuan Paket Sembako

Image

Saat Pandemi, Pendidikan Dipastikan Tak Berhenti!

Image

Kepsek di Banten Diminta jadi Satgas Covid 19, Begini Intruksinya!

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image