Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rival Laosa

Kebangsaan Dalam Peran Pemuda

Eduaksi | Sunday, 06 Jun 2021, 15:54 WIB
Original desain by Rival Laosa

Pemuda merupakan penerus generasi tua yang mempunyai tanggung jawab menjaga dan meneruskan tradisi, kebiasaan masyarakat. Pemuda adalah sumber daya manusia yang begitu penting sehingga mereka dituntut untuk bisa berperan dalam mengembangkan wawasan serta keberanian untuk menjawab dinamika kehidupan.

Berbicara tentang Pemuda yang juga merupakan agen perubahan dan selain itu pemuda juga berperan sebagai agent of development atau agen pembangunan sebagai penerus bangsa seperti peran pemuda pada umumnya. Hal ini disebabkan karena para pemuda Indonesia wajib menjaga eksistensi bangsa Indonesia di kancah dunia, serta selalu dapat memberikan kesan yang baik di mata dunia.

Jika kita berbicara tentang pemuda dengan peran kebangsaannya maka kita harus terlebih dahulu mengetahui apa itu Kebangsaan. Nah Kebangsaan adalah suatu unsur yang akan menjiwai pola pikir di masa depan, mengapa bisa begitu? Ya karena kita bisa ketahui bersama bahwa sejak awal pemuda lah yang akan menjalankan proses kebangsaan di masa yang akan datang nanti dan oleh sebab itu pemuda dengan peran kebangsaannya sangat di butuhkan untuk masa depan.

Disini juga kita ketahui bahwa Kebangsaan secara umum adalah hubungan hukum antara orang dan negara. Kebangsaan memberi yurisdiksi negara atas orang dan memberi orang perlindungan dari negara.

jika kita berbicara tentang kebangsaan di Indonesia maka kita akan berbicara tentang Kebangsaan Indonesia yang di mana kebangsaan Indonesia itu adalah cara pandang mengenai diri dan tanah airnya dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat.

Kebangsaan atau nasionalisme mengandung arti sebagai sifat atau keadaan tertentu yang menyatukan sejumlah masyarakat dalam hal suku, bahasa, budaya, adat istiadat, pengalaman sejarah, persamaan nasib, dan cita-cita.

Ketika suatu pengertian tentang kebangsaan sudah mulai hilang dalam diri pemuda yang bertanggung jawab atas masa depan bangsa ini maka kita akan mendapatkan suatu kerugian yang besar atau dalam kesimpulan ketika kebangsaan sudah mulai hilang dalam peran pemuda maka kita bisa dipastikan di masa depan tidak ada yang namanya persatuan dalam bernegara dan bermasyarakat. Maka dari itu kebangsaan sangatlah diperlukan dalam peran pemuda saat ini agar masa depan bangsa ini bisa terjamin persatuannya ditangan penerus bangsa.

Indonesia mempunyai beberapa unsur atau yang bisa disebut pilar kebangsaan dan hal itu adalah Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika. Dengan unsur kenegaraan yang ada maka jelaslah peran pemuda sangat berat akan masa depan bangsa, Pemahaman-pemahaman ini perlu di ingatkan kembali kepada para pemuda agar nilai-nilai di dalamnya tidak menghilang pemaknaannya di masa yang akan datang.

Kita bisa lihat situasi pada zaman sekarang di mana banyaknya pemuda-pemuda yang sudah mulai hilang jiwa patriotnya dalam bernegara, ya bisa ambil contoh ketika pada zaman dahulu saat masa-masa perjuangan Indonesia, para pemuda rela berkorbankan apapun itu demi negara nya nah sedangkan sekarang bukan lagi hal tabu di mana para pemuda lebih mementingkan dirinya sendiri dari pada persatuan dan kesatuan. Lebih kasarnya sekarang sudah mulai banyak pemuda yang lebih mengutamakan dirinya dan melupakan harga diri dan etikanya.

Jika kita berbicara lebih tentang kebangsaan dalam pemuda maka kita akan terlebih dahulu mengupas apa itu peran pemuda masa kini. Ya Pemuda memiliki peran yang besar bagi perubahan-perubahan sosial dilingkungan, khususnya mahasiswa sebagai agen perubahan, dengan sikap kritis dan semangatnya, mereka memiliki kekuatan untuk mempengaruhi dan menyadarkan masyarakat untuk melakukan suatu gerakan perubahan sosial, namun pemuda juga bukan hanya mereka yang bisa berkuliah melainkan pemuda ialah mereka yang bisa membawa perubahan untuk negaranya.

Perihal peran pemuda untuk kebangsaan Indonesia itu sendiri di masa depan sangatlah besar maka dari itu kita sebagai rakyat Indonesia khususnya kaum pemuda harus bisa lebih memahami apa itu kebangsaan yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, NKRI dan juga Bhineka tunggal ika. Jadi bisa kita simpulkan secara keseluruhan bahwa hal itu sangat diperlukan agar tatanan yang pada awalnya benar dan baik akan tetap seperti itu di masa depan.

Dengan Berkarya dan membawa perubahan bagi negara Indonesia merupakan peran pemuda dan juga seluruh rakyat Indonesia agar negara Indonesia yang kita cintai ini tetap dalam kesatuan dan persatuan akan keadilan bagi semuanya dan juga masa depan bangsa bisa lebih terjamin.

Jika sebuah pilar rusak dan rubuh maka rumah yang di topangnya akan runtuh. Ingatlah kata-kata Presiden pertama Indonesia yaitu Bapak Proklamator Ir. Soekarno yang pernah berkata ‘’ Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan ku cabut semeru dari akarnya, dan beri aku 10 pemuda niscaya akan ku guncangkan dunia’’ dan juga “Aku lebih senang pemuda yang merokok dan minum kopi sambil diskusi tentang bangsa ini, daripada pemuda kutu buku yang memikirkan diri sendiri”.

Oleh : Rival Laosa

Mahasiswa Ilmu Politik FISIP Universitas Muhammadiyah Jakarta

Kader IMM FISIP UMJ

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image