Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mimin Retizen

Kiat Menulis: 5 Cara Temukan Ide Tulisan Menarik

Eduaksi | Monday, 31 May 2021, 04:05 WIB

à  

Ilustrasi. Sumber: pixabay/fancycrave1

Ide adalah benih sebuah tulisan. Setiap tulisan bermula dari ide. Namun, menemukan ide menarik seringkali tantangan bagi penulis. Kadang mudah datang. Kadang buntu.

Lalu bagaimana mengatasinya? Berikut lima kiat menemukan ide menarik untuk tulisanmu ala Retizen.id:

1. Coba dari Hal-Hal 'Sepele'

Ide menarik bisa datang dari hal-hal ringan dan sederhana. Mulailah dari kegiatanmu sehari-hari. Menyisir rambut, misalnya. Ia terkesan sepele. Namun, kalau digali, banyak ide tulisan bisa muncul dari sana.

Contoh, siapa sih penemu sisir rambut? Sejak kapan sisir digunakan? Kenapa bentuk sisir seperti itu? Nah, dari situ saja kamu bisa mengolahnya menjadi informasi yang menarik.

Itu baru sisir ya. Kita bahkan belum sampai ke soal rambut. Banyak juga yang bisa dibahas. Mulai dari jumlah rambut misalnya. Pernah nggak sih kamu tahu ada berapa helai rambut di kepala seseorang pada umumnya? Ratusan, ribuan? Atau kenapa rambut bisa keriting? Warnanya kok bisa ada pirang, ada hitam?

2. Membaca

Membaca membuka jendela pikiran dan wawasan. Ia juga bisa memancing ide dan gagasan. Rajinlah membaca. Baik buku, surat kabar, majalah, situs berita online, blog, dan tulisan-tulisan lainnya.

Dengan membaca berita, misalnya, kamu dapat mengetahui kejadian terbaru, kabar terhangat, atau topik yang sedang viral. Bila menurutmu ada yang unik dan menarik dari situ, tulislah. Tanggapi, misalnya, soal itu dari sudut pandangmu.

3. Mulai dari Pertanyaan

Mencari ide dapat dimulai dengan bertanya. Mulailah dari yang sering kamu ajukan ke diri sendiri. Pertanyaan yang mungkin kamu ajukan sekarang "bagaimana sih mencari ide tulisan?" pun sudah bisa menjadi tulisan menarik. Tulislah pengalamanmu saat 'kekeringan' ide, upaya mencari solusi, menemukan, dan mengatasinya. Bisa berupa tips-tips buat pembaca soal caramu mengatasinya dan berhasil.

4. Lihat Sekitar

Hal menarik selalu terjadi di sekitar kita. Baik di rumah, sekolah, kantor, hingga jalanan sekitar. Berjalan-jalanlah ke luar. Persiapkan mata dan pikiran untuk hal-hal baru. Nyalakan mode penasaranmu. Amati seksama hal menarik yang mungkin luput dan sempat diabaikan sebelumnya. Catat dan kumpulkan. Lihat-lihat kembali daftarnya nanti. Siapa tahu, ada ide menarik yang bisa kamu kembangkan menjadi tulisan.

5. Menonton?

Tidak hanya membaca. Menonton pun dapat memicu ide. Pengalaman usai menonton televisi atau Youtube misalnya, bisa saja menjadi gagasan tulisan menarik. Kamu bisa menulis ulasan, kritik, atau opini soal itu. Selain menonton, mendengarkan podacast/radio dan musik, bermain gim, makan, dan kegiatan santai lainnya juga bisa mendatangkan ide.

Yap. Ide menarik untuk tulisan pada dasarnya bisa datang dari mana saja. Tergantung sejauh mana kejelianmu menangkap dan merumuskannya.

Baca juga:

Memulai Menulis, Kok Susah Yah? Ini Kiatnya

Kiat Menulis: Meracik Tulisan Lewat Angle

 

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image