Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Slamet Samsoerizal

GIAT SANLAT DAN MABIT DI SDIT INSAN KAMIL BANDAR LAMPUNG

Agama | Saturday, 23 Apr 2022, 01:27 WIB

SD IT Insan Kamil Bandar Lampung sejak 21 April 2022, tampak meriah. Para peserta didik dari kelas I hingga kelas V dengan busana muslim dan muslimah membanjiri area kompleks pendidikan yang berlokasi Jl. Karimun Jawa 121 Sukarame Bandar Lam

Giat Sanlat SDIT Insan Kamil (sumber foto: dokumen pribadi)

Giat Sanlat

Menurut Dra. Hj. Erlis Syarif, Kepala SD IT Insan Kamil, peserta didik SD sedang melaksanakan Giat Sanlat.

“Kagiatan ini setiap tahun sebenarnya selalu kami laksanakan” jelas Hj Erlis, “Karena adanya Pandemi Covid-19, maka kegiatan yang berlangsung pada bulan suci ini baru bisa diwujudkan.”

Lebih lanjut, Dra.Hj Erlis Syarif menuturkan agenda Ramadhan sebaai program sekolah mengadakan kegiatan Pesantren Kilat. Giat ini merupakan salah satu materi penting dalam rangkaian kegiatan amaliah di bulan suci Ramadhan.

Melalui Pesantren Kilat Ramadhan para peserta didik belajar agama secara memadai dalam waktu yang tidak terlalu lama, yaitu jangka waktu tertentu secara terbatas. Adapun materi yang diajarkan dalam kegiatan Pesantren Kilat meliputi tadarus Al-Quran, keimanan Islam, Fiqih (ibadah), dan Akhlaq. Kegiatan Pesantren Kilat di SD IT Insan Kamil ini diadakan pada pertengahan bulan Ramadhan sebelum liburan Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

Buka Puasa Bersamasebagai bagian dari Giat Sanlat SDIT Insan Kamil (sumber foto: dokumen pribadi)

Tadarus dan Mabit

Giat Pesantren Kilat di SD IT Insan Kamil Bandar Lampung berlangsung khidmat. Anak-anak dengan tertib mengikuti seluruh aktivitas Sanlat dengan tekun. Sanlat yang dilaksanakan mulai Kamis, 21-22 April 2022. Sanlat dihelat di kompleks pendidikan Gedung SD IT Insan Kamil Bandar Lampung, yang terdiri atas gedung pendidikan dan masjid.

Sanlat ini diikuti oleh siswakelas I – V. Sedangkan jadwal diatur: peserta didik kelas I dan II mengikuti kegiatan tadarus, ice breaking lalu kegiatan salat sunah maupun wajib. Diselingi pula kegiatan nobar film tentang kisah Islami, hingga buka bersama.

Giat Sanlat SDIT Insan Kamil (sumber foto: dokumen pribadi)

Khusus peserta didik kelas III, IV, dan V mengikuti kegiatan Malam Bina Islam dan Taqwa (Mabit). Giat mereka mulai dari tadarus pagi, salat duha, salat duhur, salat asar, dan salat magrib. Usai itu, dilanjutkan dengan kajian Ramadan oleh penceramah keagamaan. Giat ini diakhiri dengan sahur bersama.

Giat Sanlat SDIT Insan Kamil (sumber foto: dokumen pribadi)

“Alhamdulillah, Giat Sanlat ini sukses. Tentu berkat rido Allah swt dan para orang tua peserta didik yang dengan antusias mendukung kegiatan ini. Tujuan utama kegiatan ini agar keimanan dan ketakwaan para siswa terhadap Allah swt, semoga semakin meningkat. Sehingga kualitas anak-anak dalam perjalanan menuju masa depan semakin sukses.” Tandas Dra.Hj.Erlis Syarif.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image