Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Alexander

Pentingnya Manajemen Keuangan untuk UMKM

Bisnis | Thursday, 21 Apr 2022, 20:49 WIB

Manajemen atau mengelola keuangan merupakan salah satu hal yang sangat penting dilakukan untuk pelaku UMKM, menjaga aliran dana agar tidak terjadi kebocoran yang mengakibatkan kebangkrutan merupakan salah satu cara yang dilakukan dalam manajemen keuangan.

Manfaat yang didapatkan saat melakukan manajemen keuangan tidak hanya dirasakan pada saat memulai atau menerapkannya melainkan saat usaha sudah berkembang menjadi besar.

Terdapat beberapa tujuan saat UMKM menerapkan atau menggunakan manajemen keuangan, antara lain.

1. Meningkatkan Efisiensi dalam Menggunakan Keuangan

Melakukan atau menerapkan manajemen keuangan dalam usaha, erat kaitannya dengan tindakan atau upaya meningkatkan efisiensi penggunaan dana usaha atau bisnis.

2. Merencanakan Struktur Modal Usaha

Menerapkan dan menggunakan manajemen keuangan dalam usaha juga bertujuan untuk merencanakan struktur modal dari usaha itu sendiri.

Pelaku UMKM dapat menyesuaikan komposisi atau struktur modal yang bertujuan untuk menyeimbangkan antara ekuitas atau modal dan utang.

3. Menjaga Arus Kas yang Sehat

Tujuan lainnya saat menerapkan manajemen keuangan di UMKM adalah memastikan dan menjaga arus kas usaha selalu sehat.

Memantau jumlah pemasukan dan pengeluaran merupakan hal-hal yang dapat dilakukan saat menerapkan manajemen keuangan dalam UMKM.

Dengan melakukan pemantauan, UMKM dapat mencegah dan mengantisipasi agar tidak mengalami kerugian dari arus kas.

4. Meningkatkan Keuangan

Tujuan terakhir menerapkan atau menggunakan manajemen keuangan di UMKM adalah mencapai atau meningkatkan keuntungan sebuah usaha.

Manajemen keuangan dapat diterpakan dan digunakan saat ingin meningkatkan dan mencapai keuntungan yang lebih tinggi dengan cara melakukan perencanaan keuangan yang matang.

Simak juga: Fungsi Manajemen Keuangan dalam Bisnis

Seberapa Penting Manajemen Keuangan untuk UMKM?

Baca selengkapnya

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image