Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Deffy Ruspiyandy

5 Keuntungan Khatam Quran di Bulan Ramadhan

Agama | Tuesday, 19 Apr 2022, 19:41 WIB

Membaca al Quran adalah salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dilakukan pada bulan Ramadhan. Bahkan menurut KH Miftah Faridl jika ingin dikuatkan jiwa menghadapi apapun, salah satunya adalah membaca al Quran dan melaksanakan Shalat malam atau Shalat Tahajud. Sehingga membaca al Quran memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan.

Oleh karenanya menyempatkan membaca dan memiliki target mengkhatamkan al Quran walau hanya satu kali pada bulan Ramadhan kali sangat berarti daripada tidak mengkhatamkannya sama sekali. Membaca al Quran haruslah menjadi kebiasaan yang setiap hari selalu dilakukan karena itu akan baik bagi yang melakukannya.

Seorang anak sedang membaca al quran (FOTO : republika.co.id/TAHTA AIDILLA)

Setidaknya ada lima keuntungan bila kita mampu setidaknya satu kali khatam al Quran di bulan ini dan itu sangat berharga daripada tidak sama sekali.

Pertama, mendapatkan pahala yang sangat berlipat bahkan bisa jadi tidak terhitung. Bayangkan saja bila hitungannya satu huruf ganjarannya satu maka sepertinya pahala itu takkan terhitung. Jika demikian adanya maka mumpung masih ada 12 hari lagi maka seyogyanya agar kita berusaha untuk bisa mengkhatamkan al Quran bagi yang belum sama sekali membaca al Quran. Jangan sampai pahala berlipat yang ditawarkan terlepas begitu saja.

Kedua, tanpa disadari dengan mau mendisiplinkan diri maka target satu bulan 30 juz tercapai dengan asumsi satu hari mampu membaca 1 juz. Hal ini menandakan bahwa tak ada yang sulit untuk melakukan semua itu asalkan kita mau serius menyisihkan waktu untuk membaca al Quran. Dan ketika dilakukan secara fokus ternyata semua itu mudah untuk dilakukan.

Ketiga, semua ini bisa menjadi modal berharga di luar Ramadhan untuk tetap mempertahankan kebiasaan yang baik ini. pada Ramadhan semua yang dilakukan adalah latihan maka pada 11 bulan di luar Ramadhan itulah semuanya harus diamalkan agar hasil pada Ramadhan ini tetap dapat dipertahankan secara baik oleh kaum muslimin.

Keempat, sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. Allah memberikan anugerah sehat fisik, sehat mata, sehat akal dan sehat jiwa, maka tak ada salahnya hal itu dimanfaatkan untuk setiap hari membaca al Quran dan mencapai target 1 juz perhari. Bukankah kalau kita bersyukur maka Allah akan menambah nikmat lagi. Dengan membaca al Quran maka semakin banyak nikmat lagi yang akan diberikan oleh Allah kepada kita.

Kelima, mampu mengkhatamkan al Quran dalam satu bulan menunjukkan bahwa kita mampu memanfaatkan waktu dengan kegiatan yang positif. Jika bisa melaksanakan semua ini sama artinya kita menjauhkan diri dari kerugian karena mampu memanfaatkan waktu yang ada untuk melakukan ibadah dengan pahala berlipat yang dijanjikan oleh Allah. Semakin banyak waktu yang disishkan untuk membaca al Quran berarti tidak ada kesia-siaan waktu yang terbuang karena dapat dimanfaatkan seefektif mungkin untuk kebaikan di dalam kehidupan yang dijalani di kala kita mencari keridhoan Allah.

Mengkhatamkan al Quran adalah target minimal karena selain itu kita pun mesti tahu terjemahannya serta memahami secara mendalam isi kandungan al Quran sebagai pedoman hidup sehari-hari agar semuanya bisa dipahami secara utuh agar kita selamanya mendapat cahaya kehidupan karena al quranlah yang menerangi jalan hidup kita.***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image