Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rizki Ati Hulwa

Dear Small Business Owner, Bank Syariah Siap Bantu UMKM hingga Triliunan Lho!

Bisnis | Tuesday, 18 May 2021, 22:13 WIB
Foto: Bank Syariah Indonesia (BSI)

Saat ini, semua kalangan masyarakat berbondong-bondong untuk mulai berbisnis. Mulai dari kalangan ibu rumah tangga (IRT), pekerja kantoran yang ingin mendapatkan penghasilan sampingan, bahkan pelajar yang ingin menambah uang saku mereka.

Namun, kebanyakan masyarakat mengurungkan niat mereka untuk berbisnis karena terhalang modal, apalagi para pelajar yang memang belum memiliki apa-apa. Bagaimana bisa memulai bisnis mereka jika modal saja tidak ada? Tapi jangan khawatir perihal hal ini, ternyata bank syariah sudah menyiapkan dana hingga Rp 53 triliun untuk membantu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Tanah Air.

Salah satu bank syariah yang siap membantu para pelaku UMKM hingga triliunan tersebut adalah PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) melalui pengajuan Kredit Usaha Rakyat (KUR). KUR sendiri merupakan salah satu pinjaman untuk pelaku UMKM yang kesulitan dalam memperoleh pembiayaan dan sangat diminati banyak kalangan masyarakat.

Dilansir dari zonakeuangan.com, yang saat ini memang memiliki usaha kecil atau yang sering disebut memiliki small business, Anda bisa mengajukan KUR dengan beberapa syarat umum, pertama adalah Warga Negara Indonesia (WNI) tentunya. Kedua, usaha yang dimiliki sudah berjalan minimal enam bulan ke belakang. Lalu ketiga, sektor usaha Anda dari industri pengolahan, perdagangan, juga jasa. Yang terakhir, Anda harus memiliki riwayat kredit yang lancar.

Sekadar informasi, kredit lancar di sini maksudnya adalah jika Anda pernah atau sedang memiliki pinjaman kredit lainnya, Anda mampu membayar angsuran dengan lancar tanpa adanya tunggakan. Walaupun memiliki tunggakan, Anda mampu melunasi tunggakan tersebut sebelum angsuran berikutnya. Hal ini bisa menjadi pertimbangan pihak bank untuk menyetujui pengajuan KUR karena semua data Anda akan terlihat oleh pihak bank.

Jika Anda tertarik untuk mengajukan KUR, persiapkanlah beberapa dokumen berikut. Pertama, harus menyediakan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) suami dan istri (jika masih pelajar, mungkin bisa menggunakan identitas orang tua). Selanjutnya, fotokopi Kartu Keluarga (KK), fotokopi Surat Nikah (jika sudah menikah), fotokopi Surat Keterangan Usaha (SKU), fotokopi jaminan (BPKB/SHM), fotokopi buku tabungan tiga bulan terakhir, fotokopi bukti sewa tempat usaha, fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) apabila memiliki pembiayaan di atas Rp 50 juta, fotokopi pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) satu tahun terakhir, catatan usaha/faktur belanja barang hingga pas foto suami dan istri ukuran 4x6.

Setelah semua syarat sudah terkumpul, maka barulah bisa melakukan proses selanjutnya yaitu dengan mengajukan pinjaman KUR melalui kantor cabang BSI terdekat. Di sana, Anda bisa menanyakan secara langsung dan detail mengenai pinjaman tersebut. Namun untuk lebih singkatnya, simaklah terlebih dahulu informasi berikut ini.

Bawalah semua dokumen yang diperlukan ke kantor cabang BSI terdekat. Sesampainya di sana, ambilah nomor antrean. Jika sudah dipanggil oleh pihak bank, maka Anda akan disuruh untuk mengisi formulir pengajuan. Lalu, formulir tersebut akan dievaluasi bahkan disurvei oleh pihak bank. Jika pengajuan diterima, Anda akan dihubungi oleh pihak bank untuk penandatanganan kontrak kredit serta pencairan dana pinjaman.

Kabar gembira lagi bagi Anda yang disetujui pinjamannya, Anda tidak akan dikenakan biaya apapun, baik itu biaya provisi maupun biaya admin. Semuanya akan gratis. Bahkan yang ditakutkan sekalipun yakni suku bunga, akan sangat meringankan Anda. Hanya 6% efektif per tehun atau sama dengan 0,27% saja per bulannya.

Menurut Anda, apakah BSI hanya menawarkan KUR saja pada pelaku UMKM? Tentu saja tidak. Bank hasil merger tiga bank BUMN (PT BRI Syariah Tbk, PT Bank Mandiri Syariah dan PT Bank Negara Indonesia Syariah Tbk) yang lahir pada 1 Februari 2021 lalu ini juga sudah memiliki strategi khusus lainnya untuk mendukung UMKM dengan memanfaatkan teknologi digital untuk mewujudkan titah pemerintah demi memajukan UMKM di Indonesia. Tentu strategi ini sangat cocok bagi milenial yang memang tak bisa terpisahkan dengan teknologi digital.

Dengan adanya program dari BSI ini, pastinya UMKM di Indonesia akan lebih cepat maju melihat masalah terbesarnya sudah terpecahkan dengan sangat baik. Bagaimana small business owner, apakah Anda siap memajukan UMKM di Indonesia bersama Bank Syariah Indonesia?

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image