Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Achmad Mulyana

Menghitung Biaya Service Toyota Hiace Commuter

Info Terkini | Tuesday, 19 Apr 2022, 01:48 WIB

Selayaknya kendaraan pada umumnya, Toyota Hiace commuter yang secara umum digunakan oleh penyedia jasa transportasi, mobil ini juga memiliki kebutuhan untuk service sesuai dengan jarak tempuh.

Sumber gambar : www.rajahiace.com

Sekalipun Hiace Commuter adalah kendaraan yang didesain untuk mampu melakukan perjalanan jarak jauh secara reguler. Mobil ini tetap memiliki batasan dalam hal penggunaan suku cadang baik mesin maupun kelistrikan.

Mobil ini dikenal kuat lantaran terbukti menjadi unit andalan perusahaan travel ataupun penyedia jasa transportasi wisata. Dengan keunggulan kapasitas daya angkut yang banyak, mobil ini laris manis menjadi pendulang rejeki pemilikinya.

Menelisik lebih jauh, mobil hiace commuter saat tulisan ini dipublikasikan adalah generasi kelima dan mulai pertama kali dipasarkan oleh Toyota pada ajang (IIMS) 2012.

Di tanah air, Hiace Commuter menggendong engine berkode 2KD-FTV diesel turbocharger dengan kapasitas 2.494 cc 4-silinder segaris 16-valve DOHC D-4D common rail yang memiliki daya hingga 102 PS @3.600 rpm di angka torsi maksimal sebesar 259 Nm @1.600-2.400 rpm.

Untuk urusan perubahan gear, mobil yang secara utuh built up dari negeri tirai bambu ini menggunakan transmisi manual 5-speed.

Dari sejak pertama kali dijual oleh PT Toyota Astar Motor, mobil ini terus mengalami lonjakan harga hingga melewati angka Rp 500.000.000 (lima ratus juta rupiah). Wajar bila Hiace Commuter dikategorikan sebagai kendaraan segmen light commercial car.

Lantas apakah mobil dengan harga semahal itu butuh biaya perawatan yang juga tinggi? . Berikut ini biaya perawatan Toyota Hiace Commuter yang patut anda cermati sebelum memilikinya.

Biaya Service Toyota Hiace Commuter 10.000 km

Untuk Hiace yang telah digunakan untuk perjalanan hingga 10.000 km, Pihak showroom Toyota membebaskan beban biaya jasa servis terhadap Hiace Commuter.

Pada fase ini, pemeriksaan dilakukan secara general diantaranya kondisi battery, sasis mobil, emisi gas buang, performa roda, klakson, setup baut dan mur, electricity, oli baik mesin maupun transmisi, sistem pengereman, kopling, air wiper, sistem pendingin mesin dan pengecekan ringan lainnya.

Adapun suku cadang yang harus mengalami replacemen bisanya oli mesin, gasket dan saringan oli. Untuk penggantian part dan suku cadang tersebut pemilik harus merogoh kocek kurang lebih sebesar Rp 842.000 (delapan ratus empat puluh dua ribu rupiah).

Biaya Service Toyota Hiace Commuter 20.000 km

Selanjutnya pemilik mobil harus Kembali melakukan maintenance berkala Ketika mobil sudah jalan setidaknya 20.000 km. Adapun lingkup pemeriksaan sama persis saat pemeriksaan di jarak tempuh 10.000 km.

Namun demikian ada penambahan pemeriksaan terutama pada bagian kaki mobil seperti suspensi, tali kipas dan sistem pendingin kabin .

Biaya yang harus dikeluargak pada service hiace commuter di kilometer 20.000 juga sama persis sebesar Rp 842.000 (delapan ratus empat puluh dua ribu rupiah). Uang tersebut dipergunakan untuk membeli part gasket, filter oli dan oli mesin.

Biaya Service Toyota Hiace Commuter 30.000 km

Selanjutnya pada jarak tempuh 30.000 km, semua pemilih Toyota hiace wajib menyediakan anggaran dana lebih besar dari service sebelumnya.

Umumnya service ke 30.000 km ini akan dilakukan pemeriksaan lebih komprehensif dan menyeluruh. Biasanya dibutuhkan biaya Rp1.386.000 (satu juta tiga ratus delapan puluh enam ribu rupiah untuk replacement filter oli, oli mesin dan gasket.

Biaya Service Toyota Hiace Commuter 40.000 km

Pada tahapan service selanjutnya di 40.000 km, biaya perawatan berkala Toyota Hiace Commuter memiliki harga yang lebih mahal. Dimana untuk biayanya sendiri mencapai Rp1.643.500 yang mana harus dikeluarkan di atas meja kasir dengan penggantian suku cadang meliputi: gasket, oli mesin, oli transmisi, oli gardan, filter oli, filter udara, busi, minyak rem dan kopling.

Biaya Service Toyota Hiace Commuter 50.000 km

Masuk ke pemakaian 50.000 km, biaya servis Toyota Hiace Commuter kembali terjangkau sama seperti service di 10.000 km dan 20.000 km. Dengan biaya yang dikeluarkan hanya Rp842.000, kalian juga sudah bisa mendapatkan Gasket, oli mesin dan saringan oli baru.

Baca juga : Kelebihan Hiace Premio Terbaru 2022

Biaya Service Toyota Hiace Commuter 60.000 km

Pengguna Toyota Hiace Commuter pada service berkala kali ini akan mengeluarkan biaya jauh lebih mahal dari tahap sebelumnya. Hal ini terjadi karena mulai dari 60.000 km hingga 100.000 km Toyota sudah tidak lagi membebaskan biaya jasa penggantian dan perbaikan.

Dengan biaya Rp2.570.040 kalian hanya dapat mengganti oli mesin, gasket dan saringan oli ditambah pengecekan fisik sama seperti tahapan service sebelumnya.

Biaya Service Toyota Hiace Commuter

Biaya Service Toyota Hiace Commuter 70.000 km

Sama seperti service berkala di 60.000 km, perawatan pada 70.000 km pengguna Hiace Commuter berhak mengganti suku cadang seperti oli mesin, gasket dan saringan oli baru serta pengecekan lainnya yang mana cukup mengeluarkan biaya Rp1.995.680.

Biaya Service Toyota Hiace Commuter 80.000 km

Biaya untuk maintenance rutin Toyota Hiace Commuter saat menempuh jarak 80.000 km tentu semakin besar. Para penggunanya wajib mempersiapkan anggaran setidaknya Rp 3.070.420.

Biaya sebesar itu dialokasikan untuk mengganti oli mesin, gasket, oli gardan, oli transmisi, saringan oli, saringan udara, saringan bahan bakar, busi, minyak rem dan kopling.

Biaya Service Toyota Hiace Commuter 90.000 km

Menginjak jarak tempuh 90.000 km pada tampilan odometer, pemilik Toyota Hiace Commuter bisa sedikit bernafas lega. Pasalnya biaya yang dikeluarkan di atas meja kasir akan sedikit lebih murah dibandingkan service di 80.000 km.

Pemilik harus menyiapkan dana Rp2.539.680 yang mana sudah mencakup penggantian terhadap oli mesin, gasket, saringan oli dan filter AC serta pengecekan fisik terhadap kendaraan.

Biaya Service Toyota Hiace Commuter 100.000 km

Setalah kurang lebih pemilik toyota hiace commuter merasakan kenyamanan mobil ini selama lima tahun atau sudah digunakan untuk perjalanan dengan jarak tempuh 100.000 km, biaya perawatan Toyota Hiace Commuter sedikit lebih murah dibandingkan service pada 90.000 km.

Hanya dengan anggaran dana Rp 2.129.040, para pemilik Hiace pasti memperoleh layanan pemeriksaan fisik mobil sekaligus replacement suku cadang wajib seperti gasket, oli mesin, oli transmisi, dan filter oli.

Itulah rincian biaya yang harus anda persiapkan bila hendak memiliki kendaraan niaga yang tekenal paling nyaman dikelasnya.

Bila anda enggan mengeluarkan biaya service sebagaimana kami ungkapkan diatas maka opsi menyewa mobil ini bisa menjadi pilihan.

Sewa Hiace Commuter

Di Jakarta dan kota besar lain, banyak perusahaan transportasi yang menyediakan paket sewa hiace wisata dengan berbagai fasilitas tambahan. Anda bisa memilih satu yang terbaik diantara mereka.

Pastikan menyiapkan anggaran lebih yang dipergunakan untuk membayar biaya operasional seperti Tol, parkir, retribusi dan juga tips jasa pengemudi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image