Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Maximillian Edmund

Manfaat Jeruk Nipis untuk Rambut

Eduaksi | Monday, 18 Apr 2022, 17:34 WIB

Manfaat jeruk nipis untuk rambut sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja. Ya, baik air jeruk nipis dan kulitnya dipercaya dapat menawarkan berbagai macam khasiat yang baik untuk rambut Anda. Memang, apa saja khasiat jeruk nipis untuk rambut?

Jeruk nipis merupakan buah berbentuk kecil nan mungil yang menawarkan berbagai nutrisi. Jeruk nipis dikenal mengandung vitamin C yang tinggi. Di samping itu, karbohidrat, protein, lemak, serat, zat besi, kalsium, vitamin B6, thiamin, kalium, riboflavin, niacin, folat, fosforus, dan magnesium.

Dari semua nutrisi yang terkandung dalam jeruk nipis, vitamin C dan asam sitrat dipercaya paling bermanfaat bagi kecantikan rambut. Adapun berbagai manfaat jeruk nipis untuk rambut adalah sebagai berikut.

Manfaat jeruk nipis untuk rambut

Jeruk nipis merupakan buah berbentuk kecil nan mungil yang menawarkan beragam nutrisi. Jeruk nipis dikenal mengandung vitamin C yang tinggi. Di samping itu, karbohidrat, protein, lemak, serat, zat besi, kalsium, vitamin B6, thiamin, kalium, riboflavin, niacin, folat, fosforus, dan magnesium

Dari semua nutrisi yang terkandung dalam jeruk nipis, vitamin C dan asam sitrat dipercaya paling bermanfaat bagi kecantikan rambut. Adapun berbagai manfaat jeruk nipis untuk rambut adalah sebagai berikut.

1. Mengatasi ketombe

Salah satu manfaat jeruk nipis untuk rambut adalah mengatasi ketombe. Ketombe adalah masalah rambut yang paling umum dialami oleh banyak orang. Penyebab ketombe muncul bisa disebabkan oleh kondisi kulit kepala yang mengelupas secara berlebihan.

Nah, jeruk nipis untuk ketombe dipercaya efektif dalam mengatasi ketombe. Khasiat jeruk nipis untuk rambut ini berasal dari kandungan asam sitrat yang terkandung di dalamnya. Kandungan asam sitrat pada buah-buahan citrus, termasuk lemon dan jeruk nipis, dipercaya mampu mengatasi berbagai masalah pada akar rambut.

2. Mengurangi rambut berminyak

Manfaat jeruk nipis untuk rambut berikutnya adalah mengurangi rambut berminyak. Rambut berminyak dapat terjadi akibat produksi minyak berlebih atau sebum yang dihasilkan oleh kelenjar sebasea.

Akibatnya, tampilan rambut menjadi berminyak, terasa lengket, dan tampak kusam. Sifat air jeruk nipis yang mampu menyerap minyak mampu membersihkan minyak berlebih pada kulit kepala.

3. Merangsang pertumbuhan rambut

Membuat rambut jadi lebat adalah manfaat jeruk nipis untuk rambut Jeruk nipis untuk rambut lebat berkat kandungan vitamin C Merangsang pertumbuhan rambut agar lebih lebat juga jadi manfaat jeruk nipis untuk rambut.

Khasiat jeruk nipis untuk rambut ini berasal dari kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Maka dari itu, bagi Anda yang memiliki masalah kerontokan rambut, penipisan rambut, hingga kebotakan, tak ada salahnya untuk melakukan perawatan dengan jeruk nipis ini.

4. Membuat rambut lebih berkilau

Tahukah Anda kalau manfaat jeruk nipis untuk rambut berkilau ada nyatanya? Ya, hampir semua perempuan tentu ingin memiliki rambut sehat yang berkilau. Untuk mendapatkannya, Anda bisa menggunakan jeruk nipis secara teratur.

Cara menggunakan jeruk nipis untuk rambut ini bisa diperoleh dengan mengoleskannya secara langsung pada helaian rambut, atau menambahkan air jeruk nipis pada sampo yang biasa Anda gunakan.

5. Mencerahkan warna rambut

Manfaat jeruk nipis untuk rambut lainnya adalah mencerahkan warna rambut. Jeruk nipis merupakan zat pencerah alami yang mampu mengubah warna rambut menjadi lebih cerah. Khasiat jeruk nipis untuk rambut ini berasal dari kandungan asam sitrat yang berperan sebagai zat pencerah alami atau zat pengoksidasi.

Air jeruk nipis dapat mencerahkan warna rambut dengan cara mengurangi pigmen warna rambut atau melanin. Ketika rambut terpapar sinar matahari, asam sitrat mampu mempercepat proses perubahan warna tersebut.

Akan tetapi, manfaat jeruk nipis buat rambut ini akan terasa maksimal pada warna rambut yang lebih terang, seperti warna rambut pirang dan coklat muda. Sedangkan, warna rambut lebih gelap mungkin tidak terlalu merasakan manfaat ini secara maksimal.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image