Kiat Aman Rayakan Idul Fitri di Tengah Pandemi

Image
Yudha Manggala P Putra
Gaya Hidup | Thursday, 13 May 2021, 05:38 WIB

Momen Hari Raya Idul Fitri tahun ini masih berlangsung di tengah pandemi. Sebagai ikhtiar mencegah penyebaran virus terus terjadi, kita dianjurkan tetap menerapkan protokol kesehatan dan membatasi aktivitas berisiko tinggi.

Meski itu bukan berarti semangat hari raya dan silaturahim selama Idul Fitri harus dikurangi. Sebab, berlebaran masih bisa kita lakukan secara aman di masa pandemi. Di antaranya dengan menerapkan beberapa hal ini:

1. Tetap bermasker

Disiplin bermasker harus tetap diterapkan termasuk selama lebaran. Melepas masker bisa dilakukan saat menyantap hidangan. Meski jangan lupa tetap menjaga jarak. Lalu cuci tangan sebelum dan sesudah makan. Jangan lupa kembali pakai masker usai makan. Dianjurkan gunakan masker berlapis atau masker medis.

2. Batasi kontak fisik secara langsung

Lebaran biasanya diisi dengan bersalam-salaman dan berpelukan. Namun selama pandemi, aktivitas ini sementara dianjurkan dibatasi. Mengucapkan selamat lebaran dan bermaaf-maafan masih bisa dilakukan dengan menjaga jarak aman.

3. Hindari kerumunan

Berkumpul dan bersilaturahim bersama keluarga dan tetangga umum terjadi selama lebaran. Namun, khusus pada masa pandemi ini, sebaiknya menghindari kerumunan. Tetap menjaga jarak. Upayakan berkumpul di luar ruangan. Hindari berada dalam satu ruangan dengan banyak orang, terutama di ruangan tertutup dan ber-penyejuk udara (AC).

4. Hindari mal dan tamasya

Menghabiskan momen libur lebaran kerap dilakukan dengan mengunjungi fasilitas umum, mal, pusat belanja, dan bertamasya ke tempat wisata. Namun, pada masa pandemi ini, sangat dianjurkan di rumah saja bersama keluarga. Kegiatan tamasya atau berbelanja dapat dilakukan secara online. Kalaupun tetap hendak "memaksakan" ke tempat-tempat tadi, jangan sampai melupakan masker, jaga jarak, cuci tangan, dan hindari kerumunan.

5. Lebaran virtual

Silaturahim tidak harus bertatap muka atau bertemu langsung. Ada beberapa perangkat dan aplikasi yang bisa digunakan untuk saling sapa, mengucapkan selamat lebaran, dan bertatap muka secara virtual. Beberapa aplikasi mudah digunakan dan bahkan bisa menyertakan sekaligus 8 hingga 100 orang. Lihat daftarnya di sini.

Taqabbalallahu minna wa minkum. Semoga pandemi cepat berakhir, kita semua terus diberi kesehatan, dan dapat berjumpa kembali dengan Ramadhan tahun depan. Aamiin.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Pewarta. Penggemar olah-canda. Penikmat musik dan film. Peminum kopi. Penyuka mi ayam. Pemula yang masih butuh belajar banyak hal.

Tepuk Jidat

Secangkir Kopi untuk Seteru

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Melalui Program PMM, Mahasiswa UMM Ajak Anak-Anak untuk Mulai Membranding Diri Melalu Sosial Media

Image

Menulis di Era Terhubung (3): Mengasah Pikiran, Mengasuh Perasaan

Image

Konsep dan Implementasi Akad Qardh pada Perbankan Syariah

Image

Merajut Mimpi Ditengah Badai

Image

Bagaimana Cara Memotivasi Anak Untuk Belajar?

Image

PENGARUH INTERAKSI SOSIAL DALAM DUNIA PENDIDIKAN

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image