Lebaran Jarak Jauh dengan Empat Aplikasi Virtual Ini

Image
Yudha Manggala P Putra
Teknologi | Friday, 07 May 2021, 21:11 WIB
Sumber: Republika.co.id

Hari Raya Idul Fitri sering menjadi momen spesial untuk kumpul bareng kerabat di kampung dan bersilaturahmi. Namun, akibat larangan mudik di masa pandemi, banyak yang terpaksa menunda ritual tersebut tahun ini.

Jangan khawatir. Tanpa harus kumpul dan bertemu langsung, silaturahmi lebaran bareng keluarga masih bisa tetap dilakukan dari jarak jauh memanfaatkan teknologi virtual.

Sudah banyak aplikasi video-calling atau video-confrence yang kini memudahkan kita bertemu muka, saling sapa, dan melepas kerinduan dengan para kerabat nan jauh di sana.

Apa saja? Berikut empat aplikasi temu-ngobrol virtual pilihan yang bisa digunakan untuk silaturahmi jarak jauh selama lebaran:

1. WhatsApp

Selain mengirim pesan dan panggilan suara, Anda bisa juga mengobrol tatap muka langsung dengan fitur video call (panggilan video) atau video call grup di aplikasi ini. Kita bahkan bisa mengobrol tatap muka bareng 8-50 orang sekaligus lewat fitur messenger room yang bisa diakses melalui aplikasi WhatsApp.

2. Telegram

Sama seperti WhatsApp, selain fitur panggilan suara, aplikasi Telegram juga punya fitur video call. Memang panggilan video di aplikasi ini sementara baru bisa dilakukan satu ke satu orang saja. Kabarnya, dalam waktu dekat, Telegram juga akan meluncurkan fitur video grup call.

3. Zoom

Aplikasi ini salah satu yang meningkat pesat penggunaanya selama pandemi Covid-19. Sekolah hingga perusahaan memakainya untuk belajar mengajar dan rapat virtual. Aplikasi ini tentu saja cocok juga digunakan untuk silaturahim virtual bersama banyak keluarga. Zoom populer karena dikenal andal dan jarang down. Ia bisa diakses dari ponsel, tablet, hingga laptop/pc dengan gratis atau berbayar. Meski, untuk versi gratis, durasi video conferencing-nya dibatasi 40 menit dan jumlah partisipan satu sesi maksimal 100 orang.

4. Google Meet

Aplikasi buatan Google ini mirip dengan zoom. Bisa digunakan di berbagai perangkat. Bedanya, layanan gratisnya sejauh ini tidak dibatasi. Anda masih bisa melakukan konferensi video hingga 24 jam sehari dengan 100 partisipan tanpa biaya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Pewarta. Penggemar olah-canda. Penikmat musik dan film. Peminum kopi. Penyuka mi ayam. Pemula yang masih butuh belajar banyak hal.

Tepuk Jidat

Secangkir Kopi untuk Seteru

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

3 Dimensi Bahasa Bisnis dalam Laporan Keuangan

Image

Sudah Vaksin Mau Dapat Casback 10 Juta? Begini Caranya!

Image

Korupsi Bakti Sosial dimasa Covid 19

Image

Gubernur Banten Ungkap Keterbatasan Tenaga Medis!

Image

Birokrasi Pemerintahan di Indonesia

Image

Kreativitas Peserta Didik di Masa Pandemi

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image