Penunjang Pendidikan di Luar Sekolah

Image
Martina Angely
Eduaksi | Wednesday, 12 May 2021, 06:04 WIB

Kondisi pandemi saat ini menimbulkan berbagai dampak yang kurang mengenakan di segala aspek kehidupan, terutama pendidikan. Dalam aspek pendidikan sangat terasa sekali bagaimana dampak yang ditimbulkan dari masa pandemi. Pandemi tak hanya mengharuskan bekerja, dan beribadah dirumah namun belajar juga harus dari rumah.

Ada beberapa hambatan atau masalah belajar dari rumah yang tentu saja bersumber dari dua arah yaitu orang tua dan anak itu sendiri.

Beberapa kesulitan yang dihadapi orangtua salah satunya adalah kesulitan Membagi waktu antara belajar dan mendampingi belajar anak. Kemudian yang kedua adalah kurangnya menguasai cara mengajar seperti guru di sekolah.

Kemudian beberapa kesulitan yang dihadapi anak yaitu yang pertama adalah anak Kurang semangat jika belajar sendiri di rumah kemudian bingung jika harus mencari materi sendiri dari internet selanjutnya bingung atau tidak bisa mencerna materi sendiri tanpa pendampingan guru dan yang terakhir adalah anak belajar dengan metode yang berbeda-beda seperti mendengar membaca menonton atau dari contoh langsung.

Karena adanya kesulitan dan hambatan yang dihadapi orang tua dan anak maka dapat menjadi solusi yaitu program bimbingan belajar dari rumah yang dilaksanakan oleh mahasiswa untuk. Bersama melawan covid 19 bimbingan belajar dari rumah dapat menjadi solusi karena dapat membantu anak-anak belajar dari rumah kemudian mahasiswa memiliki semangat tinggi untuk mendampingi belajar dari rumah.

Bimbingan belajar bisa diartikan sebagai pemberian bantuan untuk para siswa dalam menyelesaikan berbagai macam kesulitan dan kendala dalam belajar. Bimbingan ini tentu saja bertujuan agar belajar mengajar bisa lebih evisien dan optimal dirumah.

Pendampingan belajar dari rumah bisa dilakukan tiap hari Sabtu dan minggu atau di waktu tertentu dengan sarana anak usia 8 hingga 10 tahun anak di lingkungan Desa Nampurejo, Kecamatan Purwodadi, kabupaten Purworejo dengan mengacu pada bimbingan belajar materi pelajaran IPA.

Sebelum melakukan bimbingan belajar kita harus menentukan metode pembelajaran yang akan digunakan. Metode pembelajaran itu sendiri merupakan suatu proses yang sistematis dan teratur yang dilakukan oleh pendidik dalam penyampaian materi kepada muridnya.

Fungsi dari metode pembelajaran itu sendiri adalah untuk menciptakan kondisi pembelajaran yang memungkinkan siswa memperoleh kemudahan dalam belajar. Selanjutnya adalah untuk mewujudkan dan menyajikan bahan ajar berupa media yang relevan.

Menggunakan media-media yang menarik dalam membawakan materi ternyata mampu untuk meningkatkan minat dan semangat belajar dari siswa. Menggunakan konsep pengajaran yang seru dan unik juga mampu meningkatkan semangat belajar mereka. Seperti menyisipkan permainan atau quis yang seru dan menarik disela-sela pembelajaran berlangsung.

Peran program bimbingan belajar dalam membantu aktivitas belajar mandiri siswa di masa pandemi sangatlah penting bagi anak-anak dikarenakan untuk memantapkan pemahaman siswa dalam mengikuti pembelajaran.

Hal tersebut terlihat dari wawancara yang telah dilakukan pada 3 orang anak yang menyatakan bimbingan belajar dapat membantu kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa saat pembelajaran online atau via daring.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Tahukah Kalian, Tertawa Itu Baik Untuk Kesehatan?

Image

WIZ Salurkan Sembako Untuk Dhuafa yang Terdampak Pandemi

Image

Pentingnya Self Healing Dimasa Pandemi

Image

Keluarga Harmonis, Seperti Apa sih?

Image

3 Tips membuat konten yang viral

Image

6 Tips Agar Kamu Betah di Pesantren

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image