Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Kemis Pahing

Manfaat Perbanyak Istighfar di Bulan Ramadhan

Agama | Saturday, 16 Apr 2022, 12:09 WIB

Bulan Ramadhan merupakan momentum bagi umat Islam untuk memperbanyak amal ibadah dan dzikir. Salah satunya memperbanyak istighfar. Manfaat memperbanyak istighfar ini sangatlah besar, apalagi di bulan Ramadhan yang penuh ampunan.

Manusia tidak luput dari dosa karena memang fitrahnya sebagai tempat lari dari dosa dan lupa. Manusia yang menyadari kesalahannya didorong untuk segera bertaubat dengan memperbanyak istighfar agar mendapat ampunan Allah.

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Setiap penyakit ada obatnya, dan obat dosa adalah istighfar”.

Istighfar juga merupakan upaya untuk menarik rezeki. Karena. Tidak menutup kemungkinan perbuatan maksiat yang dilakukan manusia dapat menghalanginya mendapatkan rezeki.

Rasulullah Saw bersabda: "Perbanyaklah beristigfar karena barang siapa yang memperbanyak istigfar maka Allah akan menjadikan jalan keluar dari setiap kesedihan dan kesusahan dan memberikan rizki dari jalan yang tidak disangka-sangka. Baca Selengkapnya...

Manfaat Meningkatkan Istighfar Di Bulan Ramadhan

Anjuran untuk meningkatkan Istighfar di Bulan Ramadhan disebutkan dalam salah satu riwayat sebagai berikut:

، وَخَصْلَتَيْنِ لاَ غِنَى بِكُمْ عَنْهُمَا، فَأَمَّا الْخَصْلَتَانِ اللَّتَانِ تَرْضَوْنَ بِهِمَا رَبَّكُمْ : فَشَهَادَةُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ الله، وَتَسْتَغْفِرُوْنَهُ، وَأَمَّا اللَّتَانِ لاَ غِنَى بِكُمْ عَنْهُمَا : فَتَسْأَلُوْنَ اللهَ الْجَنَّةَ، وَتَعُوْذُوْنَ بِهِ مِنَ النَّارِ،

Artinya: Dan perbanyaklah di bulan itu (untuk melakukan) 4 hal, 2 hal yang pertama membuat Tuhan kalian (Allah swt) ridha, dan 2 hal yang lainnya merupakan sesuatu yang kalian butuhkan. Dua hal yang membuat Tuhan kalian (Allah swt) ridha adalah : mengucapkan syahadat (أشهد ألا إله إلا الله ), dan kalian meminta ampunan kepada-Nya dengan membaca (أستغفر الله العظيم ), Adapun dua hal yang kalian butuhkan terhadap keduanya adalah : kalian meminta kepada Allah untuk dimasukkan ke dalam surga dan dijauhkan dari api neraka. ((HR.Ibnu Khuzaimah : 1780, Shahih Ibnu Khuzaimah, Al-Maktabah Asy-Syamilah, bab jima’u abwaabi fadhaaili syhrish shiyaami wa shiyaamihii, juz : 7, hal. 115).

Waktu Istighfar Mustajab Di Bulan Ramadhan

Waktu membaca istighfar yang mujarab dan hal yang utama saat berpuasa terutama di bulan Ramadhan yaitu waktu sahur. Hal ini sebagaimana tercantum dalam Surah Ali Imran Ayat 17. Allah SWT berfirman:

الصَّابِرِينَ وَالصَّادِقِينَ وَالْقَانِتِينَ وَالْمُنفِقِينَ وَالْمُسْتَغْفِرِينَ بِاْلأَسْحَارِ

Artinya: (yaitu) orang-orang yang sabar, yang benar, yang tetap taat, yang menafkahkan hartanya (di jalan Allah), dan yang memohon ampun di waktu sahur. (QS. Ali Imran ayat 17).

Dalam Tafsir Ibnu Katsir disebutkan bahwa ayat ini menunjukkan keutamaan istigfar di waktu subuh. Ayat ini menunjukkan keutamaan istigfar di waktu subuh.\

Menurut salah satu pendapat, Nabi Yaqub a.s. ketika dia berkata kepada anak-anaknya, yang kata-katanya diilhami oleh kata-kata-Nya: Aku akan memohon ampun kepada Tuhanku untukmu. (Yusuf: 98) Maka Nabi Yaqub menunda shalatnya sampai waktu subuh.

Rasulullah SAW. pernah berkata: (Rahmat) Allah swt. turun setiap malam ke langit dunia, yaitu ketika malam tinggal sepertiga lagi, maka Dia berfirman, “Apakah ada orang yang meminta, saya akan memberinya? Apakah ada orang yang berdoa, maka saya menerimanya? Dan apakah ada orang yang meminta ampun? , maka aku memaafkannya," sampai akhir hadits. (HR Imam Ad-Daruqutni).

Dalam kitab Sahihain dari Siti Aisyah r.a. Dikatakan bahwa setiap malam Rasulullah selalu melaksanakan shalat witir, mulai dari awal, tengah, dan akhir malam; dan akhir dari semua witir adalah saat fajar.

Dikisahkan bahwa sahabat Abdullah bin Umar mengerjakan shalat (sunat malam hari), kemudian ditanya, “Wahai Nafi, apakah sudah masuk waktu sahur?” Jika dia menjawab, "Ya," maka dia mulai berdoa dan memohon pengampunan sampai fajar.

Dari Anas bin Malik yang mengatakan bahwa kita (para sahabat) ketika melakukan shalat (sunat) di malam hari diperintahkan untuk melakukan istigfar pada waktu fajar sebanyak tujuh puluh kali ". kepada Allah dan akan dimasukkan ke surga dan dijauhkan dari siksaan neraka. Api neraka.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar
 

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image