Menurunnya Kualitas Pendidikan Anak, Dampak Pandemi Covid

Image
Nita Dwi Ayuningrum
Info Terkini | Thursday, 29 Apr 2021, 23:14 WIB

PandemiCovid-19 memaksa masyarakat untuk membatasi segala kegiatan hingga berhentidari rutinitasnya sejenak guna menghentikan penyebaran virus corona (Covid-19).Tentunya dengan adanya pandemi ini, telah membawa dampak buruk serta penurunankualitas bagi beberapa bidang. Satu tahun lebih sudah masyarakat Indonesiamenghadapi kebiasaan-kebiasan baru sehingga timbul sebagai tantangan besardalam segala aspek, salah satunya adalah aspek pendidikan. Kegiatan belajarmengajar sebelum dan setelah adanya pandemi covid-19 memang jelas berbeda,pembelajaran setelah adanya pandemi ini dirasa lebih sulit menurut semua pihakyang terlibat. Target kurikulum selama pandemi covid-19 juga berbeda dengankegiatan belajar dalam kondisi normal.

Kitatidak bisa seenaknya menuntut kualitas terhadap target kurikulum di masapandemi, karena saat pandemi yang menjadi tujuan utamanya adalah menjagakeselamatan dan kesehatan peserta didik, keluarga dan guru yang terlibat dalamsuatu satuan pendidikan. Sehingga pada saat ini meskipun sudah melampaui satutahun pendidikan berjalan beriringan bersama pandemi, namun masih jelas nampakbahwa siswa kehilangan kesempatan belajar sebagaimana mestinya, hak anak dalambelajar tidak terpenuhi secara maksimal, hingga kehilangan antusias belajarnyasehingga kualitas pendidikan bagi anak turun begitu saja akibat dampak pandemicovid-19.

Penurunankualitas tersebut meliputi kualitas kemampuan bahasa anak yang dikarenakan gurutidak dapat menyampaikan materi ajar secara konstektual, kualitas motivasibelajar anak, sampai pada penurunan kualitas keterampilan yang harus dimilikisiswa dalam kegiatan belajar mengajar. Meskipun hal tersebut dapat dikatakansebagai beban dalam dunia pendidikan, namun merupakan tanggung jawab semuaelemen pendidikan khususnya negara dalam memfasilitasi kelangsungan belajarbagi semua satuan pendidikan guna melakukan pembelajaran yang seefektifmungkin. Ketika sistem pembelajaran sudah mulai menerapkan konsultasiterbimbing secara tatap muka dengan kebiasaan new normal, masih saja ada kendala yang mengakibatkan sistempembelajaran tersebut berulang kali tidak berkelanjutan dalam jangka yangpanjang.

Pembelajarandaring atau pembelajaran jarak jauh yang saat ini masih menjadi dominan dalamsistem pembelajaran, tentunya berdampak buruk bagi kualitas anak khususnya anakusia Sekolah Dasar. Tak jarang dari mereka mengandalkan orang tua untukmenyelesaikan tugasnya, hal tersebut berdampak pada psikologis anak yangberhubungan dengan rasa tanggung jawab terhadap dirinya sendiri. Kualitas tanggungjawab tersebut kini telah mengalami penurunan, dengan alasan guru tidak tahusiapa yang mengerjakan tugasnya. Sampai-sampai ada orang tua yang menyalahkansepenuhnya kepada guru akibat anaknya malas untuk belajar di rumah. Wah,perbuatan seperti itu sangat mempengaruhi pemikiran anak yang menganggap benarbahwa guru tidak dapat menyesuaikan diri terhadapnya ketika melaksanakanpembelajaran secara daring

Meskipunbanyak terjadi penurunan kualitas pendidikan bagi anak, namun bukan hanyaIndonesia saja yang mengalami hal tersebut. Semua negara turut merasakanpenurunan kualitas pendidikan terhadap kualitas anak hingga semua kalangandalam pendidikan. Sebagai warga negara yang baik, sudah sepatutnya kitamendukung upaya pemerintah untuk setidaknya mampu mengembalikan kualitaspendidikan seperti sebelumnya, bahkan mampu melampaui kualitas pendidikansebelum pandemi ini. Dengan catatan, bahwa semua pihak juga turut serta sebaikmungkin dalam implementasi perbaikan untuk saat ini bagi kualitas pendidikan diIndonesia.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Lainnya

Image

Bahagia, 50 Anak Yatim Terima Santunan di Akhir Ramadhan

Image

Misi Kemanusiaan Dirikan Rumah Baca Anak di Karawang

Image

Pagi Ini Sahur Terakhir Ramadhan 1442 H, Yuk Banyakin Berdoa & Istighfar

Image

Indonesia Bisa Mengambil Hikmah di Balik Kasus Covid-19 di India

Image

Generasi Milenial Pilar Utama Gerakan Filantropi

Image

Ngabuburit Ramadhan: Lifestyle Mahasiswa di Mesir

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image