Muhammadiyah Membentur Ruangan Hampa

Image
Mohamad Su'ud
Agama | Tuesday, 12 Apr 2022, 10:18 WIB

Gagasan mencerahkan semesta, dicanangkan sebagai tonggak Muktamar ke-48 Muhammadiyah di Surakarta. Secara mendunia Muhammadiyah semakin melebar dan berkembang. Saya sering mengibaratkan Muhammadiyah itu seperti besi lantak ditangan pandai besi, bila besi itu semakin di bakar dan setelahnya dihantam bertubi-tubi, maka besi tersebut akan semakin tajam, dan besi tersebut berubah menjadi pedang yang mengkilat nan indah sebagai alat penyembelih, atau pisau yang tajam, minimal manfaat di tangan ibu rumah tangga di dapur.

Namun kini Muhammadiyah di hadapkan dalam sebuah ruangan hampa di negeri sendiri, yang ditandai dengan fakta-fakta berikut ini:

1. Kritik para tokoh Muhammadiyah seakan membentur ruangan hampa, yakni kritik yang tidak diindahkan oleh penguasa. Meminjam kalimat Prof. Dr. Haedar Nashir yaitu bila para penguasa tetap bermuka tebal tidak menghiraukan nasehat-nasehat yang baik, demi kelangsungan negeri tercinta Indonesia.

2. Muhammadiyah kiprahnya untuk negeri ini serasa dipungkiri Muhammadiyah dijadikan sebagai penghalang sebagain kecil manusia serakah guna mencengkeram negeri ini. Muhammadiyah difitnah sana sini. Padahal Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) sangat membantu pemerintah, bahkan pemerintah masih memiliki tunggakan dana BPJS kepada Rumah Sakit Muhammadiyah, senilai ratusan milyard, bahkan mencapi trilyunan.

3. Tokoh dan kadernya dijebak dan dituduh sebagai radikal bahkan teroris. Inilah bagian dari keinginan manusia-manusia laknat yang tidak melihat perjuangan Muhammadiyah di bumi pertiwi NKRI tercinta ini.

Bayangkan, sekaliber tokoh dunia Prof. Dr. Din Syamsuddin, dituduh radikal. Sangat naif apa yang mereka tuduhkan.

Maka benarlah pepatah jawa "Surodiro jayaningrat lebur dining pangastuti", semakna dengan ayat Allah dalam Al-Qur'an surat Al-Isra' ayat 81, "Barang siapa yang berbuat kejahatan akan hancur berkeping keping".

Penulis: Masro'in Assafani, M.A. (Ketua Majelis Tabligh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Lamongan, Jawa Timur)

Diedit oleh: Mohamad Su'ud

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Aktifis Muhammadiyah. Saat ini aktif menulis dan editor beberapa buku. Juga mengelola beberapa channel kajian di telegram.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Mengenal Iman dalam Trilogi Ajaran Islam

Image

Pemuda Katolik Dorong Pemerintah Mahakam Ulu Lebih Peduli Terhadap Ekonomi Kreatif dan Pariwisata

Image

Forum Pencak Silat Desa Sidoharjo Klaten, Bantu Korban Gempa Cianjur Gerobak Dorong

Image

Strategi Perbankan Syariah dalam Menghadapi Resesi 2023

Image

Prihatin Nasib Korban Gempa Cianjur, Mapala Kompas Pagar Alam Kirim Bantuan

Image

Aliansi Mahasiswa UMSB Kirim Bantuan ke Korban Gempa Cianjur

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image