Singa JP Coen di Lapangan Banteng

Image
Karta Raharja Ucu
Sejarah | Tuesday, 29 Dec 2020, 10:29 WIB

Pernah mendengar Lapangan Banteng? Pasti ada yang berfikir lapangan itu diberi nama Lapangan Banteng karena dulunya banyak banteng di sana. Meski tidak sepenuhnya benar, tapi ada kisah di baliknya.

JP Coen 'babat alas' ketika membangun Batavia. Termasuk wilayah sekitar Lapangan Banteng yang dulunya ternyata hutan belantara.

Layaknya hutan, ya penghuninya sudah pasti yang buas-buas. Kayak macan, kijang, banteng, temen yang nikung gebetan, ibu-ibu tetangga yang doyan ngeghibah.

Patun JP Coen di Lapangan Banteng (Ist)

Disebut Lapangan Singa karena ada patung singa yang dibuat Belanda untuk ngecengin tentara Prancis pimpinan Jenderal Napoleon Bonaparte yang kalah perang melawan Belanda di dekat Kota Waterloo, Belgia. Napoleon kalah bukan karena lemah, namun karena dikeroyok Belanda-Inggris-Jerman.

Lapangan itu dulu disebut Lapangan Singa atau Waterlooplein. Namun bukan karena di sana pernah menjadi habitatnya singa ya.

Di lapangan itu juga ada patung JP Coen. Patung Coen dibuat 1876 untuk memperingati 200 tahun berdirinya Kota Batavia. Sayangnya patung singa dihancurkan Jepang pada 1942, dan patung Coen diratakan Presiden Sukarno setelah Indonesia merdeka. Alasan penghancuran sama; kedua patung itu berbau Kolonial.

Patung Singa (IST) Pada 1960-an, Bung Karno minta dibuatin patung pembebasan IRIAN (Ikut Republik Indonesia Anti-Nederland). Henk Ngantung diminta gambarin sketsa pria yang bebas dr belenggu penjajahan.

Patung dibuat maestro kesayangan Sukarno, Edhi Sunarso. Pak Edhi juga yang membuat Patung Selamat Datang di Bundaran HI dan Patung Dirgantara --orang-orang menyebutnya Patung Pancoran.

Lapangan itu juga pernah jadi terminal bus era Ali Sadikin tahun 1970-an. Copet-copet pun merajalela di sana. Oia, mungkin belum banyak yang tahu kalau copet itu singkatan dari "Comot Dompet".

Lapangan itu emang dari dulu sudah menjadi ajang adu pamer kedigjayaan. Soalnya, sering dipakai untuk aksi demo. Mulai dari mahasiswa yang menuntut Soekarno mundur, sampai demo 1,5 juta org meminta PKI dibubarin.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Singa JP Coen di Lapangan Banteng

Naik Oplet di Jakarta, Bagaimana Sih Rasanya?

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Menangisi Kehilangan, Ihwal Manusia yang Posesif

Image

Tokoh-Tokoh Ahlusunnah wal Jama'ah

Image

Sejarah Terbunuhnya Husain bin Ali

Image

Mengenal Konsep Syiah Imamiyah dan Perkembangannya di Indonesia

Image

Kamu Harus Tahu, Ini Cara Mudah Menghapus Follower TikTok yang Menyebalkan

Image

Proses Konversi Golongan Syiah dan Khawarij

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image