Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Citius Wahyu E.K

Memanfaatkan Waktu Ngabuburit Dengan Aplikasi Digital Islami

Eduaksi | Saturday, 09 Apr 2022, 12:28 WIB
sumber : https://selular.id/2018/05/5-aplikasi-ini-wajib-diunduh-selama-ramadhan/

Ramadhan adalah bulan yang penuh hikmah dan berkah. Hampir seluruh umat muslim di dunia melaksanakan ibadah puasa, karena puasa merupakan wujud ketakwaan dan kepatuhan kepada Allah SWT. Di Indonesia sendiri pelaksanaan puasa terkadang tidak banyak yang memanfaatkan waktunya untuk meningkatkan ibadah secara maksimal. Khususnya, saat memasuki momen atau waktu ngabuburit.

Ngabuburit sendiri adalah waktu bagi umat islam untuk menyiapkan berbuka puasa dengan melakukan aktifitas tertentu secara bermanfaat. Akan tetapi, terkadang banyak orang yang meghabiskan waktu ngabuburit untuk hal-hal yang kurang bermanfaat. Sebagai orang yang memahami pentingnya waktu kita seharusnya bisa memanfaatkan waktu secara lebih baik tatkala ngabuburit tiba. Pada artikel kali ini penulis ingin memberikan beberapa aplikasi yang bisa di gunakan untuk mengisi waktu ngabuburit secara lebih bermanfaat.

Berikut aplikasi yang bisa di gunakan untuk mengisi waktu ngabuburit :

1. MyQuran Al Quran dan Terjemahan

Aplikasi MyQuran adalah aplikasi yang dilengkapi dengan audio mp3 murotal, 30 juz 114 surah bisa secara di baca secara offline dan aplikasi ini sudah bersertifikasi TASHIH (diperiksa) oleh Kemenag RI.

Bagi yang ingin download aplikasi MyQuran Al Quran dan Terjemahan bisa lewat Google Play Store

2. Al Quran (Tafsir & Per Kata)

Aplikasi ini membantu untuk belajar Quran untuk semua kalangan yang mencakup pemutaran audio ayat per ayat dengan fungsi-fungsi pengulangan, Tafsir Ibnu Katsir, kode tajwid berwarna, analisa kata per kata dan terjemahan, indeks Al Quran, penulisan catatan, penanda-bacaan sesuai keinginan dan penyelarasannya, catatan sederhana dengan penyelarasan, fitur pencarian yang handal, tampilan beberapa terjemahan sekaligus, bermacam-macam tema dan jenis huruf, dan banyak lagi.

Bagi yang ingin download aplikasi Al Quran (Tafsir & Per Kata) bisa lewat Google Play Store

3. Marbel Panduan Puasa Ramadhan dan Suara

Aplikasi khusus anak-anak untuk mengenalkan tentang keindahan bulan Ramadhan. Aplikasi ini dilengkapi dengan gambar ilustrasi dan animasi sehingga semakin tambah menarik untuk belajar.

Bagi yang ingin download aplikasi Marbel bisa lewat Google Play Store

4. Umma

Umma adalah aplikasi untuk medukung pelaksanaan ibadah dalam kehidupan sehari-hari. Platform umma terdiri dari fitur-fitur dan pengetahuan untuk membantu pelaksanaan aktivitas sehari-hari umat Islam. Melalui fitur seperti Quran, Waktu Sholat, Notifikasi Adzan, Petunjuk Arah Kiblat, Artikel Islam dan fitur Ramadhan, umma berfungsi sebagai pendamping dalam membantu pengguna menjadi Muslim yang lebih baik.

Bagi yang ingin download aplikasi umma bisa lewat Google Play Store

Aplikasi-aplikasi diatas adalah aplikasi digital islami yang membantu mengisi waktu ngabuburit secara positif. Kita harus bisa memanfaatkan momen ngabuburit secara positif untuk meningkatkan keimanan kita. Salah satunya menggunakan apliaksi digital tersebut. Selamat mencoba. Selamat menunaikan ibadah puasa.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image