Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ali Efendi

Ngabuburit Nikmati Sunset di Pantura Lamongan

Wisata | Thursday, 21 Mar 2024, 09:02 WIB
Pemandangan Sore Hari dari Sudut Pantai Lorena Paciran, Lamongan, Jawa Timur, (Dokumen Pribadi)

Jalan Raya Daendels Pantai Utara (Pantura) pulau Jawa, sebuah jalur padat penduduk yang menghubungkan kota-kota besar di Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Ibukota Jakarta. Tentu banyak yang bisa dinikamati, mulai dari tempat wisata, kuliner, shopping, rest area, pemandangan laut, dan sebagainya.

Jalur perjalanan Pantura Jawa akan melintasi Kecamatan Brondong dan Paciran Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Dua kecamatan dengan penduduk yang padat,masing-masing memiliki potensi alam yang sama di bidang kemaritiman. Tetapi yang membedakan di antara keduanya adalah Brondong berbasis industri kelautan, seperti Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Pelabuhan Perikan Nusantara Brondong.

Sedangkan kecamatan Paciran berbasis industri wisata bahari, seperti Wisata Bahari Lamongan (WBL) dan Maharani Zoo Lamongan (Mazola). Selain itu, terdapat wisata berbasis lokal yang tersebar di beberapa desa dan dikelola pemerintah desa setempat sehingga mampu mengangkat perekonomian warga lokal.

Geliat pertumbuhan wisata berbasis kelautan di Desa Paciran sedang kembangkan dalam beberapa tahun belakangan, seperti pembangunan fasilitas Pantai Lorena (Lore Penanjan) dan Taman Kuliner Paciran (TKP). Dua tempat tersebut merupakan wisata alternatif yang senantiasa ramai dikunjungi wisatawan lokal dan luar kota, terutama di musim liburan.

Wisatawan bisa menikamati pemandangan matahari terbit (sunrise) di pagi hari terlihat indah diintai dari TKP yang terletak di dusun Jetak, desa Paciran. Sedangkan pemandangan eksotis matahari terbenam (sunset) dapat dinikmati dari sudut Pantai Lorena yang terletak di dusun Penanjan, desa Paciran. Dilengkapi fasilitas kuliner dan oleh-oleh khas kelautan, wisatawan luar kota dijamin kerasan alias berlama-lama di tempat.

Pada bulan Ramadan, Pantai Lorena dan TKP Paciran senantiasa ramai dikunjungi warga, walaupun hanya sekedar untuk ngabuburit atau acara berbuka bersama keluarga. Fasilitas yang baru dibangun di kawasan Pantai Lorena untuk memanjakan pengunjung untuk berlama-lama. Fasilitas Lorena memang tergolong tempat baru dan belum finishing, tetapi menjelang maghrib pengunjung penasaran untuk mengintai matahari terbenam (sunset) seolah-olah masuk ke dasar laut.

Momen sunset sebagai peristiwa langkah yang perlu diabadikan oleh pengunjung untuk foto bersama keluarga atau swafoto (selfie). Apalagi selama sepekan lebih Pantura dilanda musim barat yang ditandai angin kencang, langit dikepung mendung hitam pekat, ombak bergulung-gulung, dan sepanjang hari hujan sehingga matahari tidak tampak seharian, serta aktivitas warga agak terganggu.

Ketika musim barat mulai reda dan aktivitas perikanan (nelayan) mulai normal kembali, akses jalan di Pantura mulai dipadati pemotor hanya untuk sekedar jalan-jalan untuk menunggu berbuka. Banyak tempat nongkrong untuk ngabuburit di Pantura Lamongan, salah satu tempat alternatif di Pantai Lorena Paciran untuk menikmati sunset.

Sunset merupakan pemandangan alam yang sangat indah dan momen senantiasa ditunggu warga bagi warga yang tidak tinggal di pesisir dan pegunungan. Setelah ngabuburit menikmati sunset di Pantai Lorena Paciran, warga kembali ke rumah untuk masing-masing berbuka sambil melihat foto hasil jepretan dengan rasa senang dan puas. Subhanallah, Maha Suci Allah atas segala ciptaan-Nya.

Selamat berbuka bagi umat Islam yang menjalankan ibadah puasa, semoga membawa berkah. Amin.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image