Rakyat Tercekik dengan Harga-harga yang Naik

Image
yulia pita
Politik | Saturday, 09 Apr 2022, 05:50 WIB

Bak ritual yang selalu terulang, ketika bulan suci ramadan datang, kenaikan kebutuhan pokok membuat masyarakat harus memutar otak untuk memenuhinya. Apalagi saat ini masyarakat sedang dilanda pademi covid 19 sehingga mereka kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Menurut Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mengemukakan jika harga kebutuhan pangan seperti ayam, bawang putih, cabai, gula, minyak goreng, daging sapi, telur dan tepung terigu sedang naik. Kondisi ini diperparah dengan naiknya PPN 11% dan BBM jenis Pertamax menjadi Rp12.000. Sungguh tega, tanpa memperdulikan rakyat yang sedang kesulitan.

Jikalau tidak ada upaya serius dari pemegang kebijakan untuk menyelesaikan kenaikan ini, sedangkan pendapatan rakyat juga pas-pasan maka dikhawatirkan kondisi seperti ini akan menyebabkan krisis pangan dan kekacauan di mana-mana. Padahal dulu negeri ini memiliki gambaran mentereng, branded, yaitu “Gemah Ripah Loh Jinawi, Toto Tentrem Kerto Raharjo”. Yang artinya negeri yang memiliki kekayaan alam berlimpah, aman dan tentram. Sungguh miris!

Sebagai pemegang kebijakan harusnya dapat menjadi pemimpin yang bisa mengayomi rakyat. Bersamanya, rakyat merasa aman, nyaman, dan tenteram. Memang kebijakan ini tidak dapat mengandalkan akal untuk menyelesaikannya maka sepatutnya kita menyerahkan masalah ini pada pencipta akal, yaitu Allah Swt. Hal ini juga telah dijamin di dalam Al-Qur’an bahwa hanya agama yang berasal dari Sang Pencipta (Islam) yang dapat menyelesaikan masalah.

Sungguh, sistem Islam akan melahirkan para pemimpin yang bertakwa, yakni mereka yang menjadikan kepemimpinan sebagai sebuah amanah yang akan dimintai pertanggungjawabannya oleh Allah Swt.

Yulia Dwi P

Guru Swasta

Plemahan-Kediri

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Syukur dan Sabar di tahun Baru Muharram

Tak Ada Angin Segar bagi Pendidikan

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

APBN 2022 Mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional

Image

OPTIMALISASI TUMBUH KEMBANG ANAK MELALUI PEMBENTUKAN KADER SMART CEGAH STUNTING DI DESA MANGGIHAN

Image

SMPN 1 Padalarang Salurkan Tanda Kasih Kepada Korban Gempa Cianjur

Image

Sejarah Penamaan Pada Hari Jumat dan Anjuran Salat Wajib bagi Laki-laki Muslim

Image

ANGGARAN PENDIDIKAN DI INDONESIA YANG BELUM BISA DI KATAKAN TEPAT SASARAN

Image

Manfaat Memasak Bersama Anak

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image