5 Keuntungan Bila Kita Sahur

Image
Deffy Ruspiyandy
Gaya Hidup | Friday, 08 Apr 2022, 13:59 WIB

Pada bulan Ramadhan, sahur merupakan aktivitas tersendiri yang mesti dilakukan oleh segenap kaum muslimin. Kendati sahur mungkin kebanyakan orang melihat sebagai kavitas mengisi perut untuk puasa esok harinya tetapi sesungguhnya bisa melakukannya akan mendapatkan keuntungan tersendiri yang mendukung terhadap ibadah yang dilakukannya.

Benar, banyak orang yang terkadang melaksanakan shaum tetapi tidak melakukan sahur memang tak mengapa. Tetapi tentunya jika tak melakukan sahur tentunya ada hal yang hilang yangs eharusnya bisa dimanfaatkan secara utuh kaum muslimin yang melaksanakan ibadah shaum di bulan Ramadhan. rasanya rugi jika menjalankan ibadah shaum di bulan Ramadhan tetapi tidak melaksanakan sahur.

Waktu sahur seharus mampu menyenangkan seluruh anggota keluarga (FOTO : Republika.co.id)

Pertama, sangat memungkinkan bisa berkumpul bersama keluarga dan mendapatkan quality time yang utuh. Tak mengherankan jika momentum ibadah sahur ini ada waktu untuk bercengkerama dengan anak, isteri ataupun suami. Di sini bisa berbicara apa saja sehingga komunikasi dapat berjalan secara baik sehingga masalah yang ada pada diri keluarga bisa dicari jalan keluarnya.

Kedua, bagi mereka yang belum melaksanakan Shalat Tarawih bisa melaksanakannya sebelum sahur dilaksanakan. Saat itu adalah saat yang tepat untuk beristighfar, memohon ampun kepada Allah serta di sepertiga malam itu kita diberi peluang berdoa yang sangat memungkinkan dikabulkannya doa-doa yang dipanjatkan saat itu. Karenanyamanfaatkanlah kesempatan ini sebaik mungkin akan mendapat keberkahan saat sahur dilakukan.

Begitulah kalau kita mampu melaksanakan sahur, selain mendapat keberkahan juga ada hal-hallain yang cukup menguntungkan. Makanya marilah sebaik mungkin kita sahur dan jangan sampai melewatkannya.***

Ketiga, kalau kita bangun lebih awal kita bsia membantu membangunkan saudara, rekan ataupun tetangga melalui alat komunikasi yang kita miliki karena adakalanya bisa saja mereka tertidur pulas dan kalau tidak terbangun maka bisa saja mereka bisa tidak sahur karenanya. Sehingga dalam hal ini kita akan mendapatkan pahala dengan cara membangunkan orang untuk sahur.

Keempat bisa melakukan aktivitas lain sebelum sahur seperti membaca buku, menulis atau tadarus al Quran. Sehingga dalam waktu yang hening seperti itu memiliki peluang apa yang dilakukan efektif dan dapat menghasilkan sesuatu yang kita harapkan. Karenanya jangan sampai melewatkan waktu sahur pada bulan ramadhan kali ini.

Kelima, bisa tepat Shalat Subuh di awal waktu karena baru saja melaksanakan sahur. Dalam hal ini tentu saja kita membiasakan diri Shalat pas waktunya dan tidak dinanti-nantikan. Ternyata hal ini bisa menjadi cara yang paling mudah untuk menisplinkan diri di dalam menjalankan perintah Allah.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

PK Bapas Purwokerto Tindaklanjuti Usulan Pembebasan Bersyarat

Image

Pastikan Kondisi Aman, Petugas Rutan Jepara Rutin Lakukan Trolling

Image

Pembayaran Pajak Sarang Burung Walet Menuai Pro dan Kontra

Image

Mengenal Apa Itu Delik Pers. Apakah Hanya Berkutat Pada Kesalahan Pers?

Image

Kunjungi Rutan Jepara, Ustadz Abdurahman Berikan Tausiyah Kepada Ratusan WBP

Image

Gelar Yasinan Rutin, Kalapas Brebes : Intropeksi Diri Sarana Jadi Pribadi Baik

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image