Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Berliana Siti Zahra

Menu Sahur dan Buka Puasa yang Sehat

Kuliner | Monday, 25 Mar 2024, 13:32 WIB
Sumber: Gramedia.com

Menjelang bulan suci Ramadan, umat Muslim di seluruh dunia bersiap untuk menjalankan ibadah puasa. Penting bagi mereka yang berpuasa untuk memilih makanan yang tepat saat sahur dan berbuka agar tubuh tetap fit dan sehat selama bulan puasa.

Sahur: Ahli gizi menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Disarankan juga untuk minum air putih yang cukup antara waktu buka puasa dan sahur1. Menu sahur yang ideal bisa terdiri dari produk susu, sayuran segar, sup, dan buah-buahan.

Berbuka Puasa: Mengawali berbuka dengan takjil yang manis seperti kurma dapat mengaktifkan saluran pencernaan dan mengembalikan kadar gula darah. Selain itu, mengonsumsi buah segar, sayuran hijau, protein nabati, dan protein hewani ringan dapat membantu menjaga keseimbangan gizi dan memulihkan energi. Hindari makanan berlemak tinggi dan minuman manis berpengawet.

Dengan memperhatikan asupan yang seimbang dan bergizi, berpuasa di bulan Ramadan tidak hanya menjadi ibadah rohani tetapi juga sarana untuk meningkatkan kesehatan fisik. Selamat menjalankan ibadah puasa.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image