Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Drajad Dwi

Usaha Pertanian Masih Memiliki Peluang Besar di Era Milenial

Bisnis | Tuesday, 05 Apr 2022, 18:53 WIB

Anda memiliki ketertarikan untuk berusaha di bidang agribisnis atau pertanian? Peluang usaha di bidang pertanian akan selalu terbuka. Hal ini karena salah satu kebutuhan pokok manusia adalah pangan. Setiap hari manusia butuh makan untuk tetap hidup dan melakukan segala aktivitasnya.

Selain pangan, pertanian juga erat kaitannya dengan budidaya tanaman. Saat ini pun budidaya tanaman ini sedang menjadi tren di tengah masyarakat, sehingga ini bisa menjadikan peluang bagi Anda memulai usaha di bidang ini.

Tak lupa bahwa pertanian juga sudah lama menjadi salah satu mata pencaharian orang Indonesia, bahkan Indonesia dijuluki negara agraris karena banyaknya orang yang bekerja dan berusaha di bidang pertanian.

Penjelasan di atas, tentu sudah sedikit menjelaskan peluang usaha di bidang pertanian. Peluang ini pun masih akan terbuka lebar, karena mereka yang sudah memulai usaha belum tentu dapat memenuhi permintaan pasar.

Belum terpenuhinya permintaan pasar, tentu bisa menjadi sebuah celah bagi Anda untuk masuk dan memulai usaha dari situ.

Pengaruh Kemajuan Teknologi Terhadap Usaha Pertanian

Munculnya teknologi banyak mempengaruhi bidang pertanian. Di satu sisi teknologi pertanian membantu petani untuk semakin meningkatkan kualitas produk pertanian.

Sisi lain, munculnya teknologi internet juga mengubah citra dunia pertanian yang tadinya dianggap sebagai hal yang tidak menawan, kini karena teknologi internet serta promosi yang dilakukan oleh anak muda, mulai banyak orang yang bergelut di bidang pertanian.

Banyak contoh usaha pertanian yang kini tengah menjadi sebuah tren di masyarakat, seperti budidaya tanaman hias, hidroponik, pembibitan tanaman, dan jual beli rempah.

BACA JUGA: Cara membuat pakan ternak fermentasi

Meningkatnya minat terhadap usaha di bidang pertanian ini menandakan pasar yang semakin luas. Dan ini tentu menjadi peluang bagi Anda untuk memulai usaha di bidang pertanian.

Tentu Anda sudah mendapatkan gambaran dari usaha bidang pertanian mana yang lebih cocok untuk anda. Semoga Anda bisa segera memulai, karena peluang bisnis pertanian masih luas terbuka untuk anda.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image