Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Drajad Dwi

Jenis-jenis Media Promosi Untuk Mengembangkan Bisnis

Bisnis | Sunday, 27 Feb 2022, 22:11 WIB

Keberadaan media promosi sangat penting digunakan untuk memperkenalkan produk. Apalagi jika produk tersebut adalah produk yang profit dan menghasilkan.

Media promosi juga bagian paling penting dari cara untuk meningkatkan mutu suatu produk. Maka inilah beberapa jenis media promosi yang paling dominan ada dan digunakan saat ini.

1. Brosur

Media promosi yang satu ini merupakan media yang tercetak, brosur akan menampilkan produk-produk dalam halamannya. Dimana brosur itu sendiri bentuknya selebar kertas dan ukuran bisa digenggam. Jadi lebih mudah untuk digunakan dan dibagikan secara luas ke masyarakat.

Banyak pebisnis yang memanfaatkan media promosinya dengan brosur dan mulai membagikannya ke masyarakat luas. Hal ini penting dilakukan agar produk yang ada di brosur bisa tersampaikan kepada masyarakat luas. Jadi akan menarik minat untuk mendapatkan produk yang ada tersebut.

2. Poster

Jenis media promosi selanjutnya yaitu poster yang biasanya akan dipasang pada lokasi-lokasi strategis. Jadi banyak mata bisa melihat poster ini dengan jelas. Untuk ukuran poster lebih besar dari brosur dan penempatannya juga tampak mencolok. Hal ini dilakukan guna mengundang masyarakat untuk bisa melihat isi konten yang ada pada poster.

Kebanyakan barang yang memasang poster jenisnya berupa elektronik, kendaraan, properti dan sebagainya. Untuk media promosi online ini poster menjadi rekomendasi yang bisa diberikan kepada para pemilik produk. Jadi secara offline produk bisa diiklankan melalui poster tersebut.

3. Banner

Berbeda dengan poster, ukuran banner lebih besar lagi dan biasanya dimanfaatkan untuk iklan ketika produk ikut pameran. Banner akan terpasang dengan baik untuk memberikan informasi kepada orang-orang. Hal ini sangat efektif karena ukurannya pula akan lebih terlihat oleh banyak orang.

Ukuran banner ini berbagai macam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan orang yang akan pasang iklan. Itulah kenapa banner sering dipilih karena bisa memperlihatkan produk secara detail juga bentuk yang sesuai. Tinggal memilih bagaimana nantinya banner tersebut menjadi media offline untuk promosi paling menarik dan efisien.

BACA JUGA: Kelebihan spanduk banner printing

4. Televisi

Adapun jenis-jenis media promosi yang paling sering dilihat adalah televisi. Di televisi akan ditayangkan iklan secara virtual lengkap dengan suara dan gambarannya. Bahkan kedudukan iklan di televisi ini sangat menarik dan membuat orang ingin membeli produk.Beragam produk yang ada dan disajikan secara visual menarik menjadikan orang betah menonton konten iklan di televisi.

Televisi memang mengambil peran yang sangat dominan dalam memperlihatkan bagaimana iklan tersebut ditampilkan. Bahkan merupakan hal yang sangat efektif dalam penyebaran konten iklan yang menarik secara visual. Pada iklan televisi ada berbagai macam produk yang ditampilkan dan menarik minat penonton.

5. Internet

Salah satu promosi media paling sering dipakai dan efektif digunakan adalah internet. Pasalnya saat ini pengguna internet semakin meningkat, artinya sangat efektif jika memasang iklan pada internet. Tentunya dengan menebar konten iklan di berbagai media sosial, yang mana hal ini akan semakin menjangkau masyarakat luas.

Dengan adanya internet ini pula, produk tidak hanya terkenal di dalam negeri tetapi juga dikenal hingga luar negeri. Untuk iklan internet juga hal ini dinilai sangat positif dan mudah dilakukan. Maka ketika memulai usaha dan ingin memilih promosi media bisa dengan memanfaatkan internet untuk publikasinya.

BACA JUGA: Cara menghasilkan uang dari internet dengan blog atau website

6. Running Text

Running text adalah salah satu media publikasi digital yang bisa digunakan sebagai media promosi. Running text terdiri dari Light Emitting Diode (LED) yang disusun dengan pola tertentu seperti menampilkan tulisan.

Media promosi dengan menggunakan running text LED sekarang banyak ditemui seperti di toko-toko, rumah sakit, sekolah, serta tempat umum lainnya.

Itulah jenis-jenis media promosi yang paling dominan dipilih. Setiap media promosi tersebut juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi bagi yang bergerak di bidang usaha sebaiknya memilih media promosi terbaik untuk digunakan memperkenalkan produk yang ada saat ini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image