Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Drajad Dwi

Begini Cara Membuat Pakan Ternak Fermentasi, Peternak Wajib Tahu

Bisnis | Monday, 14 Feb 2022, 04:58 WIB

Pakan ternak fermentasi menjadi alternatif pakan pada hewan ternak selain pakan yang terbuat dari bahan alami. Cara membuat pakan ternak fermentasi ini sangat simple serta bahan-bahan yang diperlukan sangat mudah didapat. Selain itu melalui pakan fermentasi juga mampu untuk memberikan asupan suplemen pada hewan ternak agar mampu berkembang secara maksimal.

Kelebihan lain dari pakan fermentasi adalah biaya yang dikeluarkan selama proses pembudidayaan hewan ternak tidak begitu besar. Tentu ini menjadi sebuah rencana bisnis ternak yang menguntungkan jika dilakukan dengan benar.

Bahkan, pakan fermentasi juga bisa dijadikan makanan alternatif pada hewan ternak apabila telah masuk musim kemarau. Penasaran akan proses pembuatan pakan ternak fermentasi? Simak penjelasan di bawah ini!

1. Siapkan Bahan

Menyiapkan bahan merupakan langkah pertama yang perlu dilakukan cara membuat pakan ternak fermentasi. Bahan-bahan tersebut dibutuhkan dalam rangka proses pembuatan pakan ini sangat simple dan mudah ditemukan serta harganya tidak begitu mahal. Apalagi, jika menanam sendiri bahan alami yang dibutuhkan untuk pembuatan pakan ternak fermentasi.

Bahan-bahan tersebut diantaranya adalah gedebog pohon pisang, gula pasir, buah nanas yang sudah masak dan ampas tahu. Selain itu, bahan yang perlu disiapkan adalah bekatul serta garam. Bahan-bahan tersebut merupakan bahan utama yang diperlukan untuk membuat pakan ternak fermentasi.

2. Buat Larutan

Setelah menyiapkan berbagai bahan utama yang dibutuhkan untuk pembuatan pakan ternak fermentasi adalah membuat larutan. Adapun larutan tersebut dapat merupakan cairan yang nantinya akan digunakan untuk pembuatan pakan ternak fermentasi. Pasalnya, dalam pembuatan membutuhkan mikroorganisme yang mampu membusukan bahan pakan fermentasi.

Larutan tersebut terdiri dari campuran gula dan parutan buah nanas yang kemudian dicampur dengan air bersih. Nah, untuk komposisi air apabila menggunakan jerami sebagai bahan utama maka, membutuhkan air sebanyak 10 liter. Namun, apabila menggunakan gedebog pohon pisang maka air yang dibutuhkan hanyalah 1 liter saja.

3. Campur Semua Bahan

Tahapan berikutnya dalam cara membuat pakan ternak fermentasi adalah melakukan pencampuran semua bahan yang telah disiapkan sebelumnya. Adapun bahan-bahan tersebut diantaranya jerami atau gedebog pisang yang telah dipotong kecil-kecil. Kemudian, bekatul, ampas tahu dan garam secukupnya yang kemudian dimasukan dalam wadah besar.

Langkah berikutnya yang perlu dilakukan adalah memasukan larutan yang telah dibuat sebelumnya, kemudian aduk sampai semua bahan tersebut dapat tercampur. Terakhir adalah menuangkan air ke dalam bahan fermentasi agar mikroorganisme dapat berkembang selama proses fermentasi.

4. Tunggu Proses Fermentasi

Tahapan selanjutnya setelah proses pencampuran semua bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan pakan ternak fermentasi adalah proses fermentasi. Nah, hal yang perlu dilakukan hanyalah menutup semua bahan yang telah dicampur dalam wadah tersebut rapat-rapat.

Proses fermentasi yang dibutuhkan apabila bahan utamanya jerami akan membutuhkan waktu kurang lebih 1 hari satu malam. Sedangkan untuk bahan utama gedebog pisang akan membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 1 sampai 3 jam saja. Selama proses fermentasi berlangsung yang perlu dilakukan hanyalah menunggu saja sampai waktu yang telah ditentukan.

BACA JUGA: Komposisi bahan baku pakan ternak yang harus diperhatikan

5. Pakan Siap Konsumsi

Setelah menunggu beberapa saat selama proses fermentasi maka, yang perlu dilakukan berikutnya hanyalah memberikan pakan hasil fermentasi tersebut pada hewan ternak. Pasalnya, pada tahapan ini sebenarnya proses pembuatan pakan ternak fermentasi telah selesai dibuat setelah melewati beberapa fase sebagaimana dijelaskan sebelumnya.

Adapun yang perlu diperhatikan saat akan memberikan pakan fermentasi pada hewan ternak adalah memperhitungkan kebutuhan. Jangan memberikan pakan fermentasi pada hewan melebihi batas kebutuhan hewan. Karena, apabila hal tersebut terjadi nantinya proses perkembangan hewan ternak tidak akan maksimal atau bahkan overload.

Demikianlah ulasan mengenai akan cara membuat pakan ternak fermentasi yang bisa diberikan pada semua hewan ternak. Melalui ulasan tersebut semoga dapat membantu dalam proses pembuatan pakan ternak fermentasi untuk hewan ternak Anda.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image