Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image ai novianti

Kemuliaan Bulan Ramadhan

Agama | Monday, 04 Apr 2022, 09:26 WIB

Umat Islam selayaknya menguasai keutamaan ataupun fadhilah dari tiap ibadah yang Allah SWT perintahkan. Bagi para ulama uraian terhadap keutamaan dalam melakukan tiap amal shaleh hendak jadi penyemengat sekalian hendak mendesak kepada kenaikan ketaqwaan seorang. Bulan suci Ramadhan ialah peluang untuk tiap hamba Allah buat lebih tingkatkan ketakwaan, disebabkan bulan ini mempunyai sebagian keutamaan ataupun khasiat semacam berikut ini: Ramadhan Bulan Diturunkannya Al- Qur’ an Ramadhan ialah syahrul Quran( bulan Al- Quran).

Diturunkannya Al- Quran pada bulan Ramadhan jadi fakta nyata atas kemuliaan serta keutamaan bulan Ramadhan. Allah Swt berfirman yang maksudnya:“ Bulan Ramadhan merupakan( bulan) yang didalamnya diturunkan Al- Quran, selaku petunjuk untuk manusia serta penjelasan- penjelasan petunjuk tersebut serta pembeda( antara yang benar serta yang batil).”( QS. Al- Baqarah: 185). Di ayat lain Allah Swt berfirman yang maksudnya:“ Sebetulnya Kami sudah menurunkannya( Al- Quran) pada malam qadar”( QS. Al- Qadar: 1). Serta banyak ayat yang lain yang menerangkan kalau Al- Quran diturunkan pada bulan Ramadhan. Itu sebabnya bulan Ramadhan dijuluki dengan nama syahrul quran( bulanAl- Quran).

Bulan Penuh Keberkahan Bulan ini diucap pula dengan bulan syahrun mubarak. Perihal ini merupakan bersumber pada pada dalil hadist Nabi Rasulullah SAW yang maksudnya:” Sangat sudah tiba kepada kamu bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini diharuskan puasa kepada kamu..”( HR. Ahmad, An- Nasa’ i serta Al- Baihaqi). Serta pula kalau tiap ibadah yang dicoba di bulan Ramadhan, hingga Allah hendak melipat gandakan pahalanya. Serta di dalam bulan penuh kemuliaan serta keberkahan ini hingga tidak cuma keberkahan di dalam menuai pahala, tetapi banyak keberkahan yang lain.

Puasa ditinjau dari aspek ekonomi, hingga Ramadhan berikan keberkahan ekonomi untuk para orang dagang serta yang lain. Untuk fakir miskin, Ramadhan bawa keberkahan tertentu. Pada bulan ini seseorang muslim sangat digalakkan serta disunnah buat berinfaq serta bersedekah di bulan ramadhan kepada mereka. Apalagi diharuskan membayar zakat fitrah buat mereka.

Malam Lailatul Qodar Kemuliaan bulan ramadhan salah satunya merupakan dengan hadirnya malam penuh kemuliaan serta keberkahan di salah satu malam pada malam- malam terakhir serta ganjil di bulan ramadhan ialah malam lailatul qodar. Pada bulan ramadhan ada sesuatu malam yang lebih baik dari seribu bulan ialah lailatul qadar( malam kemuliaan). Pada malam inilah ialah 10 hari terakhir di bulan Ramadhan merupakan dikala diturunkannyaAlQur’ anul Karim. Allah Ta’ ala berfirman yang maksudnya:” Sebetulnya Kami sudah menurunkannya( Angkatan laut(AL) Quran) pada lailatul qadar( malam kemuliaan). Serta mengerti kah kalian apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.”( QS. AlQadr: 1- 3). Bulan Ramadhan Bulan Pengampunan Dosa Maghfirah Allah Ta’ ala sediakan Ramadhan selaku sarana penghapusan dosa sepanjang kita menghindari dosa besar.

Nabi saw bersabda yang maksudnya:” Shalat 5 waktu, Jumat ke Jumat serta Ramadhan ke Ramadhan menghapuskan dosa- dosa di antara masa- masa itu sepanjang dosa- dosa besar dijauhi”.( HR. Muslim). Lewat bermacam kegiatan ibadah di bulan Ramadhan Allah Swt menghapuskan dosa kita. Di antara lain merupakan puasa Ramadhan, sebagaimana sabda Nabi Saw yang maksudnya:“ Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan sebab penuh keimanan serta mengharap pahala dari Allah Swt, hingga diampuni dosa- dosanya yang sudah kemudian”.( HR. Bukhari serta Muslim). Begitu pula dengan melaksanakan shalat malam( tarawih, witir serta tahajud) pada bulan Ramadhan bisa menghapus dosa yang sudah kemudian, sebagaimana sabda Nabi SAW yang maksudnya:“ Barangsiapa yang berpuasa yang melaksanakan qiyam Ramadhan( shalat malam) dengan penuh keimanan serta mengharap pahala dari Allah Swt, tentu diampuni dosa- dosanya yang sudah kemudian.”( HR. Bukhari dan Muslim).

Ramadhan Pintu Surga Dibuka Pintu Neraka Ditutup Keberkahan kemuliaan di dalam bulan Ramadhan merupakan kalau pintu- pintu surga terbuka serta pintu- pintu neraka tertutup dan syaithan- syaithan diikat. Dengan demikian, Allah Ta’ ala sudah berikan peluang kepada hamba- Nya buat masuk surga dengan ibadah serta amal shalih yang mereka perbuat pada bulan Ramadhan. Mengingat bermacam keutamaan Ramadhan tersebut di atas, hingga sangat disayangkan apabila Ramadhan tiba serta lalu meninggalkan kita begitu saja, tanpa terdapat usaha optimal dari kita buat meraihnya dengan melaksanakan bermacam ibadah serta amal shalih. Mudah- mudahan ramadhan tahun ini hendak lebih baik dalam perihal amalan ibadah daripada tahun- tahun tadinya. disamping itu ada banyak keutamaan bulan ramadhan selengkapnya bisa di akses di indek-news.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image