Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dr. Abu Fayadh Muhammad Faisal, M.Pd

KH Bachtiar Nasir Luncurkan Program Khatam Quran

Info Terkini | Sunday, 03 Apr 2022, 18:29 WIB
KH. Bachtiar Nasir, Lc, MM Al-Hafidz

*KH Bachtiar Nasir Luncurkan Program Khatam Quran*

JAKARTA, *RetizenRepublika* — Untuk meraih keberkahan Ramadan, *Ustadz KH. Bachtiar Nasir, Lc, MM* Al-Hafidz meluncurkan program Khatam Quran. Menurut UBN, sapaan karib Ustadz Bachtiar Nasir, Khatam Quran merupakan program mengkhatamkan Quran selama Ramadan.

“Dan akan diselenggarakan puncak acaranya pada 17 Ramadan, Senin 18 April 2022 di Jakarta Utara. Mulai bakda Zuhur hingga Magrib. Kita akan membuat program mengkhatamkan Quran selama 15 hari. Pada hari ke-16 persisnya malam 17 Ramadan kita akan selenggarakan malam khataman Quran, dirangkai dengan beberapa program siang atau sore harinya,” ungkap UBN kepada wartawan, Ahad (3/4/2022).

Dikatakan UBN, untuk keberhasilan program ini, secara teknis minimal seorang peserta harus membaca minimal 2 juz Alquran per hari. Sehingga khatam dalam waktu 15 hari.

“Namun ini tidak dibatasi harus dua juz perhari. Boleh lebih bahkan dipersilakan khatam berkali-kali,” kata ulama yang fokus mengkaji Alquran ini.

Mengapa ada program Khatam Quran? UBN memaparkan alasannya. “Ramadan adalah bulan Quran sebagaimana tertuang pada surat Al-Baqarah ayat 185. Karena Alquran diturunkan pada bulan Ramadhan maka mulialah bulan Ramadan itu,” ujar ALUMNUS S1 Fak. Syariah Universitas Islam Madinah, Arab Saudi ini.

Program Khatam Quran ini, lanjut UBN, guna membangun kesadaran di kalangan Muslim bahwa bulan Ramadan adalah bulan Quran. Sedangkan predikat Ramadhan sebagai bulan puasa adalah predikat yang kedua.

Kemudian, tujuan program yang disponsori Tabung Infaq ini adalah agar setiap peserta saling memotivasi, saling bertaawun, bekerjasama dalam kebaikan demi mengkhatamkan Alquran bersama-sama.

“Kebersamaan ini yang dipentingkan. Walau setiap individu bisa membaca Quran berulang-ulang namun kebersamaan dipentingkan pada program ini. Dengan kebersamaan, maka banyak doa-doa kita yang akan dikabulkan oleh Alloh Subhanahu wa ta’ala. Alloh senang dengan hambanya yang suka berjamaah,” kata UBN.

Adapun mekanisme mengikuti program ini, peserta bisa mendaftar secara individu maupun kelompok. Peserta semua usia boleh mengikuti program Khatam Quran. Siapapun yang sudah bisa membaca Quran boleh mengikuti walaupun membacanya masih terbata-bata.

“Setiap peserta dimasukan perkelompok yang dikoordinatori oleh seorang koordinator lalu setiap hari anggotanya memberikan laporan progres sampai di mana tilawah khatam Quran nya,” jelas UBN.

Untuk pendaftaran, masyarakat bisa menghubungi: https://wa.me/6281295294549

*****

Baca Juga Info:

*Kajian Islam Ramadhan: Tips Khatam Quran selama Ramadhan*

http://retizen.republika.co.id/posts/93944/kajian-islam-ramadhan-tips-khatam-quran-selama-ramadhan

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image