Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Heri Heryana

Serba-Serbi Ramadhan (Hari ke-1): Beda Negara, Beda Hari Pertama Puasanya.

Info Terkini | Sunday, 03 Apr 2022, 11:30 WIB

Berbeda dengan tahun 2021 lalu, penetapan tanggal 1 Ramadhan 1443 H di tahun 2022 ini, Muhamadiyah mulai berpuasa pada hari Sabtu, 2 April 2022 sedang pemerintah sendiri secara resmi menetapkan hari pertama puasa pada hari Minggu, 3 April 2022. Namun demikian, perbedaan ini merupakan hal yang biasa dan tidak perlu diperdebatkan. Menurut Majelis Ulama Indonesia (MUI) perbedaan ini adalah rahmat dan tidak mengurangi kebersamaan muslim Indonesia dalam melaksanakan ibadah puasa.

Di negara-negara di dunia pun berbeda-beda dalam menetapkan hari pertama puasa. Negara yang mulai menjalankan ibadah puasa hari pertama di hari Sabtu, 2 April 2022 diantaranya: Arab Saudi, Armenia, Australia, Abania, Bolivia, Austria, Bahrain, Inggris, Taiwan, dan lain sebagainya. Sedangkan negara-negara yang memulai hari pertama puasa pada hari Minggu, 3 April 2022 yaitu Indonesia, Pakistan, India, Yordania, Malysia, Brunei Darusalam, Maroko, dan lain sebaginya.

Sumber: republika.co.id

Konsumsi Makanan Bergizi Saat Sahur dan Buka

Pada hari pertama puasa, tubuh akan mengalami adaptasi pola makan dan percernaan. Karena itu para ahli kesehatan sangat menyarankan, pada hari pertama puasa asupan gizi sehat seimbang bisa dipenuhi untuk menjaga agar puasa lancar. Makanan apa saja yang disarankan:

Saat Sahur:

Makan sahur kita bisa mengkonsumsi nasi (karbohidrat) dan juga susu rendah lemak. Buah-buah segar juga sangat disarankan. Dan jangan lupa sayuran misalnya sup ayam dengan wortel dan bawang.

Saat Buka Puasa :

Saat berbuka hindari makanan gorengan dan makanan olahan tinggi gula. Protein seperti ayam yang dibakar/dipanggang lebih dianjurkan. Makan tiga buah kurma sebagaimana dicontohkan nabi juga sangat baik untuk kesehatan. Pastikan juga menkonsumsi sayuran dan buah-buahan agar kebutuhan nutrisi dan vitamin tergantikan. Hindari makan berlebihan dan dianjurkan makan secara pelan-pelan.

Doa di Hari Ke-1 Puasa

Bulan Ramadhan adalah bulan dilipatgandakannya pahala. Karena itu, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan ibadah dan berdoa di bulan suci ini. Apa doa yang biasa dipanjatkan di hari pertama puasa :

Ya Allah, jadikan puasaku di bulan ini sebagai puasa orang-orang yang berpuasa sebenarnya, shalat malamku di dalamnya sebagai orang yang shalat malam sebenar¬nya, bangunkan daku di dalamnya dari tidurnya orang-orang yang lalai. Bebaskan aku dari dosa-dosaku wahai Tuhan semesta alam. Maafkan aku wahai Yang Memberi ampunan kepada orang-orang yang berbuat dosa.”

Fadhilah Puasa di Hari Pertama

"Allah SWT akan mengampuni semua dosa yang tersembunyi dan yang terang-terangan, meninggikan beribu-ribu derajat, membangun lima puluh ribu kota di surga untuk orang yang berpuasa,". Keterangan tersebut dikutip dari Kitab Fadhail Al-Asyur Ats-Tsalatsah, Syeikh Muhammad bin Ali bin Husein bin Musa bin Babawayh Al Qumi (Muzakir, Dikri.2022).

Sumber:

Mia Chitra Dinisari, 2022. https://kabar24.bisnis.com/read/20220402/19/1518196/daftar-negara-yang-melaksanakan-puasa-ramadan-pertama-2-april-2022 (diakses 3 April 2022)

Syarifudin, 2022. https://international.sindonews.com/read/731743/40/negara-negara-ini-mulai-puasa-ramadhan-pada-minggu-3-april-2022-1648919040?showpage=all (diakses 3 April 2022)

Jaenudin, 2022. https://literasinews.pikiran-rakyat.com/khazanah/pr-924134318/fadilah-puasa-hari-pertama-hingga-hari-terakhir-di-bulan-ramadhan (diakses 3 April 2022)

https://www.halodoc.com/artikel/agar-puasa-minggu-pertama-aman-ikuti-pola-makan-sehat (diakses 3 April 2022)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image