Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Masyarakat Bercerita

Situs Gunung Ratu, Tempat Bersemayamnya Ibunda Gajah Mada

Sejarah | Saturday, 02 Apr 2022, 18:53 WIB
plakat di Gunung Ratu ( Sumber Gambar : Dokumen Pribadi )

Dewi Andongsari dipercaya sebagai Ibu dari Patih Gajah Mada, Patih Majapahit yang terkenal, yang berhasil membawa Kerajaan Majapahit menjadi pemersatu nusantara,Gajah Mada mengalami tiga era periode kepemimpinan, yaitu JayanagaraJayanagara, Tribhuwana Tunggadewi, dan Hayam Wuruk. Di era Raja Hayam Wuruk yang, Gajah Mada mengucap sumpah palapa yang monumennya berada di Trowulan Mojokerto, yang saat itu menjadi manifestasi sistem politik untuk mempersatukan nusantara.

Patih yang memiliki sifat Wicaksaneng Naya ini berhasil membawa Majapahit menjadi kerajaan terkuat yang namanya dikenal hingga asia tenggara, Ibu beliau dipercaya dimakamkan atau pernah menempati tempat diadaerah Gunung Ratu Lamongan, tepatnya di Desa Cancing, Sendangrejo, Kecamatan Ngimbang, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Gunung Ratu adalah Hutan lindung, jika dilihat ia tidak seperti gunung, dan pantasnya disebut bukit karena memiliki ketinggian yang tidak seberapa tinggi,jika kalian disana, akan mendapati monyet liar disekitar hutan.

Ibunda Mahapatih Amangkubumi Kerajaan Majapahit ini menjadi pilihan bagi peziarah yang suka dengan sejarah, selain itu bagi masyarakat sekitar, beliau dipercaya sebagai yang Mbahureksa, menjaga dan membantu membangun desa tersebut.

Selain Makam Dewi Andongsari, ada juga makam-makam yang bernisan/berpatok nama-nama hewan, yang penulis belum mengetahui pasti sejarah makam tersebut.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image