Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Drajad Dwi

Peluang Usaha Ternak Bebek Potong, Modal, dan Persiapan Awal

Bisnis | Saturday, 02 Apr 2022, 08:43 WIB

Bebek salah satu hewan yang dapat diambil manfaat daging dan telurnya. Ternak bebek potong pun bisa menjadi pilihan usaha yang menjanjikan, banyaknya permintaan untuk kebutuhan daging bebek dapat menjadi salah satu alasan mengapa peluang usaha ini sangat besar.

Modal dan Persiapan Awal

Dalam setiap usaha, salah satu hal penting yang harus dipersiapkan di awal adalah modal. Setelah ada modal, maka persiapan awal pun bisa mulai dilakukan. Inilah yang harus dipersiapkan dalam tahap awal ternak bebek potong:

1. Pembelian Bibit Bebek

Harga untuk bibit yang belum siap bertelur jauh lebih murah daripada bibit yang sudah siap bertelur. Umumnya untuk peternak harus memiliki minimal 100 ekor bebek.

2. Pembuatan Kandang Bebek

Sebelumnya pastikan sudah memiliki lahan yang cukup luas untuk menampung jumlah bebek yang akan di ternak. Kandang bebek biasanya bertingkat, di bagian bawahnya diberi alas sekam agar telur bebek yang sudah menetas tidak pecah atau retak. Suhu dalam kandang juga harus hangat, bebek ternak biasanya bertelur di waktu pagi.

Perawatan dan Perkembangan Ternak Bebek

Ternak bebek potong harus sangat memperhatikan perawatan sejak bebek masih kecil, agar bebek ternak sehat dan terhindar dari penyakit yang nantinya akan mempengaruhi kualitas nya. Perawatan bisa di mulai dari kebersihan kandang, pemberian pakan yang berkualitas, pemberian minum, tambahan suplemen vitamin, dan pemberian vaksin sesuai dengan dosis yang sudah ditentukan.

Masa pertumbuhan bebek ternak terjadi pada 2 minggu pertamanya. Di saat bebek berusia 35-40 hari baru bisa di pilih mana bebek-bebek yang berkualitas dan baik pertumbuhannya.

Keuntungan Ternak Bebek

Untuk pemula bahkan usaha ini mudah untuk dilakukan, hanya dibutuhkan ketelatenan dan perawatan yang baik agar bebek bisa berkembang biak dengan baik dan menghasilkan daging bebek yang berkualitas.

Kelebihan beternak bebek ini adalah budidaya bebek potong ini lebih mudah daripada bebek petelur, masa pertumbuhan bebek yang terbilang cukup cepat kurang lebih 40 hari, peluang menjual hasil panennya jelas sangat besar.

BACA JUGA: Cara membuat asam amino untuk ternak

Setelah bebek ternak sudah bisa di panen, maka bebek sudah dapat di jual. Pilih bebek yang masih berusia muda karena bebek yang berusia muda dagingnya masih cenderung empuk dan tidak alot. Selain dagingnya, telurnya pun bisa dijual sehingga peternak bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat. Bebek ternak bisa di jual ke pasar atau bisa dipasok ke pemilik rumah makan, restoran-restoran atau supermarket.

Itulah beberapa hal tentang usaha bebek potong, semoga bisa menginspirasi pelaku UMKM, dan semoga bermanfaat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image