Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dewi Kurniawati Sumarni

Membuat Tes Online dengan Testmoz

Guru Menulis | Friday, 01 Apr 2022, 19:04 WIB
testmoz.com

(Bagian 1)

Di era digital saat ini banyak aplikasi penyusunan soal online atau daring di internet. Ada yang berbayar dan gratisan. Biasanya aplikasi yang gratisan memiliki keterbatasan akses.

Salah satu aplikasi penyusunan soal gratisan tersebut adalah testmoz. Namun, aplikasi ini juga menawarkan versi berbayar. Versi ini tentunya akan lebih lengkap dari yang gratis.

testmoz.com

Meskipun gratisan, aplikasi ini menyediakan bentuk soal yang beragam. Bentuk-bentuk soal yang dapat dimanfaatkan untuk penyusunan soal online sebagai berikut.

1. Multiple Choice (Pilihan Ganda)

2. Multiple Response (Pilihan Ganda Kompleks)

3. True/False (Benar - Salah)

4. Fill in the Blank (Isian)

5. Matching/Ordering (Menjodohkan)

6. Numeric

7. Short Answer (Jawaban Singkat)

8. Essay (Uraian)

9. File Upload (Unggah file)

Bentuk soal file upload hanya dapat digunakan untuk versi berbayar.

testmoz.com

Testmoz adalah aplikasi soal sangat ringan. Desainnya sangat sederhana. Ragam bentuk soal dalam aplikasi ini cocok digunakan untuk penilaian harian. Aplikasi ini juga mudah digunakan, baik oleh guru maupun peserta didik. Guru dan peserta didik tidak harus mendaftar untuk masuk dalam aplikasi ini. Jika ingin menggunakan aplikasi ini, guru bisa langsung mengunjungi https://testmoz.com/build. Sementara, peserta didik hanya meng-klik URL atau tautan kiriman dari guru.

Testmoz juga merupakan aplikasi yang ramah seluler dan dapat diakses di perangkat apapun, bahkan dengan koneksi bandwidth rendah. Oleh karena itu, tes daring dengan testmoz ini sangat cocok untuk para peserta didik yang akrab dengan gawai.

Versi gratis dari aplikasi ini bisa digunakan untuk menguji 100 peserta didik sekaligus. Dengan demikian, kalaupun guru tak meng-upgrade ke versi berbayar, tidak masalah.

(Bersambung)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image