Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Institut Daarul Qur'an

Webinar Nasional Kolaborasi Idaqu, STIT Al-Quraniyah dan STKIP Kusuma Negara Edukasi Puasa Ramadhan

Info Terkini | Friday, 01 Apr 2022, 17:33 WIB

Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1443 Hijriyah, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Daarul Qur’an (Idaqu) Jakarta melakukan Webinar Nasional pada Jum’at (1/4). Dalam Webinar kali ini PGMI Idaqu berkolaborasi dengan STIT Al-Quraniyah Bengkulu dan STKIP Kusuma Negara Jakarta.

Tema yang diangkat adalah "Edukasi Puasa Ramadhan Untuk Generasi Emas Pendidikan Indonesia". Adapun alasan mengapa tema ini terpilih adalah karena Ramadhan kerap kali menjadi bulan yang penuh tantangan, khususnya bagi para pendidik tentang bagaimana cara mengedukasikan puasa di tingkat sekolah dasar/MI. Di usia ini, biasanya anak-anak belum terbiasa untuk berpuasa.

Webinar kali ini menghadirkan tiga orang pemateri, yaitu Muhammad Rizaq, MA (Dosen STKIP Kusuma Negara Jakarta), Yeni Meilani (Kaprodi PGMI STIT Al-Quraniyah Bengkulu), M.Pd, dan Muhammad Asgar Muzakki, Lc., M.Ag. (Dosen Institut Daarul Qur'an Jakarta).

Webinar berlangsung secara online via zoom meeting, dimulai pada pukul 09.00 sampai 11.30 WIB. Selain para dosen dan mahasiswa dari masing-masing kampus, turut hadir juga Rektor Idaqu, Dr. Muhammad Anwar Sani, S.Sos.I.,M.E., Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Idaqu, Putri Nurina, MA.Pd. dan Rektor STKIP Kusuma Negara Jakarta, Dr. H. Herinto Sidiki Iriansyah, M.Si.

Dalam sambutannya Rektor Idaqu berpendapat bahwa diskusi ini sangat menarik karena membahas tentang edukasi puasa bulan ramadhan untuk anak-anak. Sementara itu, Rektor STKIP berpesan agar kita semua harus siap bagaimana menyambut bulan suci ramadhan.

Hal senada juga diucapkan oleh Dekan FTK, Putri “kita sebagai umat islam yang taat, kita harus bahagia dan selalu merasa berenergi dalam menyambut bulan suci ramadhan karena belum tentu orang lain bisa mendapat kesempatan untuk merasakanya,” ucapnya.

Kemudian masuk ke acara inti, yaitu pembahasan materi. Narasumber yang pertama ialah Muhammad Asgar Muzakki, Lc., M.Ag. dengan materi "Ramadhan Sebagai Alternatif Iklim Pendidikan", lalu pemateri ke-dua adalah Muhammad Rizaq, MA, dengan materi "Mengungkap Rahasia Keistimewaan Bulan Ramadhan" dan yang ke-tiga, Yeni Meilani, M.Pd dengan materi "Implikasi Pendidikan Karakter Melalui Edukasi Ramadhan Pada Siswa".

Kegiatan webinar nasional ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan kepada masyarakat indonesia khususnya mahasiswa calon pengajar tentang pengenalan bulan ramadhan ke anak-anak. Replay webinar ini bisa disaksikan di channel youtube Institut Daqu. Untuk kamu yang mau mengikuti acara seperti ini bisa ikuti sosial media kami di @Institut Daqu dan untuk kamu yang masih bingung mencari kuliah bisa langsung klik pmb.idaqu.ac.id.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image