3 Cara Paling Jitu agar Terbebas dari Narkoba

Image
Ashefa Griya Pusaka
Info Terkini | Wednesday, 30 Mar 2022, 16:56 WIB

Jakarta, Ashefa Griya Pusaka - Napza adalah singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan zat adiktif lainnya atau juga biasa dikenal dengan Narkoba atau Narkotika dan obat-obatan lainnya merupakan sesuatu yang seringkali kita dengar dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak sedikit dari orang-orang terdekat yang kita kenal bisa terjerumus kecanduan dan ketergantungan narkoba. Bahkan public figure yang seringkali muncul di layar televisi menjadi sorotan semua orang dapat dengan mudah masuk ke dalam hal tersebut.

Zat adiktif merupakan suatu obat dan bahan-bahan aktif jika dikonsumsi oleh sebuah organisme hidup maka akan menimbulkan ketergantungan dan kecanduan yang disebabkan karena adanya kerja biologi dan hal tersebut bisa menyebabkan adiksi atau akan mengalami kesulitan dalam menghentikan hal tersebut sehingga memiliki keinginan untuk mengonsumsi secara terus-menerus.

Bukan tanpa alasan menghentikan kecanduan dan ketergantungan narkoba akan menimbulkan efek yang sangat luar biasa dan bisa menyebabkan rasa sakit yang sangat luar biasa pula sehingga tidak mudah untuk menghentikannya.

Dimulai dari coba-coba hingga akhirnya terjerumus menjadi ketergantungan dan sulit dihentikan. Kesulitan untuk berhenti menyebabkan dosisnya akan semakin meningkat. Oleh karena itu jika ada orang terdekat yang sudah mencoba hal tersebut segera ingatkan dan hentikan. Jika gagal maka segera cari pertolongan darurat.

Di bawah ini merupakan 4 cara paling jitu yang dapat dilakukan agar dapat terbebas dari kecanduan dan ketergantungan narkoba. Jangan sampai kelewatan informasinya.

1. Pemeriksaan

Hal yang pertama dapat dilakukan adalah dengan melakukan pemeriksaan. Pemeriksaan dilakukan bukan hanya dilakukan oleh tenaga medis seperti dokter. Tetapi seorang terapis pun mampu melakukan pemeriksaan sebagai langkah awal mengatasi narkoba.

Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh efek dan kecanduan yang dialami oleh pecandu narkoba tersebut. Jika sudah sangat parah dan menimbulkan efek serius seperti depresi atau perilaku parah lainnya maka seorang terapis dapat menyembuhkan efek tersebut.

2. Detoksifikasi

Kecanduan terhadap narkoba dapat diatasi dengan cara yang kedua yakni detoksifikasi. Detoksifikasi merupakan suatu cara yang dilakukan dan bisa dikatakan sebagai cara yang cukup berat dalam mengatasi narkoba.

Pasalnya dalam melakukan detoksifikasi ini dengan menghentikan penggunaan obat-obatan terhadap pecandu narkoba tersebut. Pemberhentian konsumsi obat-obatan sangat menimbulkan reaksi dan efek serius terhadap pecandu narkoba tersebut.

Efek yang dapat dirasakan bisa dari mual hingga badan yang terasa sakit atau bahkan lebih dari itu sesuai dengan tingkat keparahan dan banyaknya narkoba yang mereka konsumsi. Selain itu pun rasa tertekan dari individu tersebut akan mereka rasakan karena tidak seperti biasanya.

Pada saat detoksifikasi pun untuk mengurangi rasa sakit dan reaksi berlebih terhadap pecandu narkoba tersebut biasanya dilakukan dengan memberikan obat lainnya misalnya obat penenang atau pengurang rasa sakit. Selain itu pun pecandu narkoba tersebut harus minum air yang banyak agar tidak mengalami dehidrasi dan mengonsumsi makanan bergizi agar memulihkan kondisi tubuhnya setelah mengalami reaksi dari pemberhentian narkoba.

3. Rehabilitasi

Rehabilitasi ini dapat berupa rehabilitasi medis, social, kerohanian serta peningkatan kemampuan. Setelah melakukan rehabilitasi narkoba, dukungan social dari orang-orang terdekat menjadi salah satu cara lain untuk mengembalikan dan memulihkan keadaannya sehingga tidak lagi terjerumus kepada narkoba.

Rehabilitasi pun merupakan salah satu cara paling ampuh dalam mengatasi kecanduan narkoba. Badan Narkotika Nasional (BNN) seperti yang kita ketahui memberikan pelayanan rehabilitasi bagi pecandu narkoba. Tempat rehabilitasi tersebut dinamakan Balai Besar Rehabilitasi yang berada di Bogor.

Rehabilitasi dilakukan dengan memberikan pemulihan secara penuh baik dari segi fisik maupun mental pecandu narkoba tersebut. Dalam rehabilitasi pun biasanya disediakan wadah untuk menyalurkan kemampuan atau hobi yang dimiliki sehingga dapat memulihkan individu tersebut.

Itu dia 3 cara paling ampuh agar terbebas dari narkoba. Jangan pernah mencoba-coba untuk masuk menjadi pecandu narkoba. Sayangi diri sendiri dan keluarga agar hidupmu menjadi bahagia dunia dan akhirat.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Butuh bantuan terkait penyalahgunaan NAPZA Segera konsultasikan ke nomor hot line Ashefa Griya Pusaka 081388884646

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Game Online PC Gratis Yang Wajib Kamu Mainkan Sekarang!!

Image

Kemenkumham Jateng Siap Diaudit BPK RI

Image

Masa Berlaku Paspor Kini 10 Tahun, Imigrasi Siapkan Juknisnya

Image

Rutan Boyolali Buka Layanan Konsultasi Bagi WBP

Image

Tingkatkan Keimanan, Lapas Klaten Adakan Kegiatan TPQ dan Pengajian untuk Warga Binaan

Image

Kadivpas Kemenkumham Sumsel Lakukan Monev ke Lapas Sekayu

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image