7 Menu Buka Puasa Yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

Image
yokiandika
Kuliner | Tuesday, 29 Mar 2022, 11:21 WIB

Sangat menyenangkan bagi kita untuk menyambut bulan puasa. Namun puasa kali ini tidak seperti bulan puasa biasanya dimana kita harus mencegah untuk beraktifitas di luar ruangan akibat pandemi. Dengan fakta ini tentu kegiatan seperti ngabuburit, akan berkurang.

Bulan puasa di Indonesia sangat identik dengan ngabuburit dimana kita bisa mencari berbagai menu makanan buka puasa di luar rumah. Dengan pembatasan sosial ini tentu kita tidak bisa sebebas sebelum adanya pandemi saat melakukan ngabuburit. Nah, tapi jangan khawatir karena ada menu buka puasa yang sangat mudah dibuat di rumah dengan kumpulan resep yang simpel tapi tetap enak.

Berikut ini adalah beberapa menu buka puasa untuk dibuat di rumah.

Kurma

Oke, bahkan buah kurma sendiri tidak perlu kita buat karena saat bulan puasa akan banyak di pasaran untuk kita beli. Kurma adalah buah wajib yang harus dimiliki saat bulan puasa, karena terdapat banyak khasiat di dalamnya. Kurma dipercaya dengan sangat mudah mengembalikan tenaga kita setelah seharian kita berpuasa. Kandungan kalori yang sangat tinggi namun sehingga mampu dengan cepat mengembalikan tenaga kita.

Tak hanya rasanya yang lezat dan enak, Kurma juga memiliki banyak kandungan manfaat yang menyehatkan. Beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan adalah seperti mendukung kesehatan sistem pencernaan, mengontrol kadar gula, mengontrol tekanan darah, dan sebagainya.

Aneka Kolak

Kemudian ada menu kolak yang sangat erat menjadi tradisi turun menurun untuk dikonsumsi di bulan puasa. Di Indonesia sendiri terdapat berbagai jenis menu kolak dengan bahan dasar tertentu. Sebagai contoh menu kolak dengan bahan pisang, singkong, ubi. Menu Kolak sendiri memiliki ciri khas manis sangat cocok untuk mengembalikan tenaga dan mengembalikan kandungan gula saat seharian berpuasa.

Sedangkan untuk resep sendiri menu kolak sangatlah mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Anda hanya membutuhkan beberapa bahan yang mudah ditemukan di mana saja.

Aneka Gorengan

Ada beberapa masyarakat yang sangat merindukan gorengan di bulan puasa. Walaupun sebenarnya menu gorengan sangat mudah ditemukan bahkan di luar bulan puasa, tapi tanpa gorengan bulan puasa menjadi kurang menarik. Stigma ini sebenarnya berbarengan dengan masalah ngabuburit dimana saat kita di luar gorengan dipercaya menjadi lebih enak. Menu gorengan ini sangatlah mudah untuk dibuat di rumah sendiri sehingga Anda tidak perlu ke luar untuk membuatnya.

Es Blewah Segar

Dinamakan es blewah dibuat dengan buah blewah sejenis dengan melon tapi berbeda kelompok budidaya. Untuk membuat sebuah es blewah sendiri anda membutuhkan buah blewah yang bisa ditemukan di pasar tradisional. Es ini akan sangat enak dicampur berbagai campuran sirup sehingga sangat mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Es Blewah adalah salah satu menu buka puasa wajib rumahan yang menyegarkan. Selain es blewah anda bisa mengganti buah satu ini dengan berbagai buah - buahan lainnya seperti melon, jeruk, mangga, dan sebagainya.

Telur Gulung

Anda masih ingat jajanan masa kecil telur gulung? Nah saat makanan satu ini bisa digunakan untuk menu buka puasa sederhana Anda. Menu telur gulung ini sangat memungkinkan untuk dibuat sendiri. Anda hanya membutuhkan bahan bahan seperti telur, tepung maizena, dan tusuk sate.

Roti Bakar Rumahan

Roti bakar juga merupakan salah satu menu buka puasa yang bisa dibuat sendiri di rumah. Proses pembuatan yang sederhana membuatnya cocok untuk Anda pilih. Selain itu ada beberapa menu bahan yang bisa digunakan sebagai pendamping. Beberapa contohnya seperti telur, salad buah dan sayur, selai, dan sebagainya.

Olahan Daging

Salah satu contoh olahan daging yang paling populer di bulan puasa adalah bakso. Walaupun sangat sulit untuk membuat bakso seperti di warung - warung, paling tidak kita bisa membuat olahan daging serupa dengan bakso. Membuat olahan daging ini sangat cocok juga menjadi salah satu kegiatan untuk ngabuburit karena membutuhkan waktu yang cukup panjang dalam pembuatannya.

Kesimpulan

Terdapat banyak sekali menu buka puasa yang bisa Anda buat di rumah sendiri. Anda bisa menggunakan kreatifitas sendiri dan sedikit informasi dari mana saja. Tidak perlu untuk keluar rumah menghabiskan waktu yang tidak ada gunanya. Hindari kegiatan di luar rumah untuk menghindari penularan pandemi menjadi lebih parah.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Kesekian Kali

Image

Puskesmas Terbaik DKI Jakarta Berdasarkan Review Terbaru

Image

Ruang Lingkup Morfologi

Image

Pengaruh k-pop terhadap remaja

Image

Prodi Hukum Bisinis Unismuh Makassar Siap Gelar Kuliah Perdana Awal Desember

Image

Video Kreatif Keren Tanpa Asap Rokok Lapas Perempuan Palembang Juara 1 pada HUT Yayasan Jantung Seha

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image