Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Siti Maryama Ramadanti

Tradisi dan kebiasaan Unik yang Dilakukan Umat Beragama Selama Ramadhan

Agama | Wednesday, 05 Apr 2023, 12:59 WIB
Sumber: dokumen pribadi


Bulan Ramadhan adalah bulan suci yang penuh dengan berkah sebab pada bulan suci ini diturunkannya Al Qur'an sebagai pedoman manusia. Pada bulan ramadhan ini juga pintu surga dibuka dan pintu neraka ditutup. Jadi kita sebagai umat muslim seharusnya berlomba-lomba untuk melakukan amal ibadah sebanyak-banyaknya karena pada bulan yang suci ini pahala akan dilipatgandakan oleh Allah SWT, akan sangat rugi sekali jika kita tidak menyempatkan diri untuk mengerjakan amal ibadah sebanyak-banyaknya. Di saat puasa ini juga, jangan sampai kita hanya fokus terhadap diri kita sendiri karena sibuk mencari amal yaa kawan-kawan, sehingga lupa terhadap lingkungan masyarakat sekitar, karena kita harus tetap menjaga kerukunan antara masyarakat dan antar agama sekalipun. Seperti menghargai mereka yang tidak berpuasa karena berbeda keyakinan dengan kita lalu melihat mereka di warung makan pada siang hari contohnya, bukan karena mereka tidak sepaham dengan kita lalu menjadikannya alasan untuk saling bermusuhan itu tidak baik yaa, mari tetap tanamkan sikap toleransi di bulan yang suci ini yaa kawan-kawan.
Bulan Ramadhan ini juga memiliki keseruan tersendiri loh seperti adanya salah satu tradisi untuk menyambut kedatangan bulan puasa atau bulan Ramadhan ini, ialah pawai obor dimana masyarakat dengan antusias mengadakan pawai obor ini untuk menyambut kedatangan Ramadhan. Tidak hanya itu, pada bulan Ramadhan juga terdapat banyak kebiasaan unik yang dilakukan oleh masyarakat seperti halnya ngabuburit yang merupakan kegiatan menunggu waktu adzan Maghrib dengan cara seperti jalan-jalan, mencari takjil gratisan, atau masih banyak lagi kegiatan ngabuburit yang bisa dilakukan. Adapun juga obrog-obrog merupakan aktivitas membangunkan warga untuk melaksanakan sahur dengan mengiringinya dengan memukul berbagai benda-benda seperti galon air, ember, bedug dan lain-lain. Selanjutnya ada kegiatan berbagi takjil, buka puasa bersama dan masih banyak lagi keseruan lainnya.
Nah ada lagi ini kegiatan yang menurut saya lebih unik, yaitu sholat tarawih ialah sholat yang dilakukan pada malam di bulan Ramadhan, mengapa saya bilang paling unik? Karena masyarakat khususnya umat muslim akan berbondong-bondong untuk pergi melaksanakan sholat tarawih sehingga masjid akan terisi penuh oleh para jamaah. Namun sayangnya kebiasaan yang unik dan membuahkan pahala besar ini hanya sekedar dianggap ibadah seremonial belaka karena tak jarang saat pertengahan Ramadhan jamaah tarawih akan semakin sedikit dan menyusut, mengapa demikian?Padahal sudah jelas-jelasnya di bulan suci ini pahala akan dilipatgandakan oleh Allah bagi mereka yang mengerjakan amal ibadah. Semoga kita termasuk dari golongan orang-orang yang Istiqomah untuk tetap melaksanakan amal ibadah hingga akhir puasa yaa, aamiin allahumma aamiin. Eitss tapi setelah berakhirnya bulan puasa ini, ibadah kita yang sebelumnya kita kerjakan di bulan puasa jangan sampai terlupakan yaa. Semangat menjalankan ibadah puasanya kawan-kawan, see u next time.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image